penyebab dan solusi AC mobil tidak dingin

AC Mobil tidak dingin adalah suatu hal yang sering dikeluhkan oleh banyak para pemilik mobil. AC atau Air Conditioner adalah aksesoris dalam mobil, yang mengambil peran penting dalam menjaga suhu udara agar senantiasa nyaman. Jika alat ini mengalami kendala, maka kenyamanan akan berkurang bahkan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Mayoritas kota yang ada di Indonesia yang sering mengalami suhu yang panas, membuat AC mobil memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus senantiasa menjagnya agar senantiasa prima.

Baca Juga : Mau Beli Audio Mobil ? Ini Merek Audio Mobil Terbaik 2019

Bayangkan saja jika musim kemarau tiba, ketika suhu begitu panas ditambah jalanan yang bisa kapan saja macet. Ac yang tidak berfungsi dengan normal, tentu akan sangat membuat gerah dan sumpek.

Mengetahui penyebab dan solusi AC mobil tidak dingin, adalah suatu hal yang sangat bermanfaat. Sehingga ketika Ac mengalami kendala, maka sobat bisa segera memperbaikinya. Agar lebih jelasnya berikut ulasannya.
Penyebab AC Mobil tidak dingin dan cara Mengatasinya.

Sebelum membahas solusi Ac mobil tidak dingin, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab dari hal tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya dengan baik, maka solusi yang akan dilakukanpun akan baik, tepat, dan sesuai.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Berikiut dijelaskan beberapa penyebab ac mobil tidak dingin yang mungkin terjadi :

Filter atau Saringan AC tersumbat

Filter AC memiliki fungsi untuk menyaring semua kotoran dan debu, agar tidak masuk ke dalam unit. Jika tidak rajin membersihkan bagian ini, besar kemungkinan kotoran yang setiap saat bisa bertambah akan sangat menumpuk, sehingga bisa menyumbat filter tersebut.

Freon Sedikit atau Bahan Habis

Penyebab umum yang biasanya terjadi ketika AC mobil tidak dingin, adalah karena jumlah freon yang berkurang atau bahkan habis. Sebenarnya freon itu tidak akan habis, hal tersebut terjadi hanya jika sistem mengalami kebocoran.

Penyebab kebocoran sistem ini pun tentu bermacam-macam, contohnya saja karena komponen karet yang sudah terlalu usang, ataupun karena kompresornya memang sedang bermasalah.

Kondensor Kotor.

Kondesor Ac berada di bagian depan bersamaan dengan radiator. Debu, lumpur, dan kotoran yang membandel, bisa saja membuat bagian ini kotor. Jika kondensor kotor maka proses kondensasi yang ada akan berjalan tidak dengan sempurna.

Motor Extra Fan Lemah atau Mati

Selain berbagai hal yang telah disebutkan di atas, penyebab ac mobil tidak diingin bisa juga disebabkan karena motor extra fan lemah atau bahkan mati. Sehingga jika hal ini terjadi, maka kondensansi yang ada di dalam kondensor akan tidak berfungsi dengan lancar, sehingga akhirnya tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin tersebut.

Evaporator Kotor

Evaporator kotor biasanya disebabkan oleh debu atau kotoran yang menempel pada alat tersebut. Dimana debu dan kotoran tersebut masuk karena tidak terasring oleh filter, atau pun karena terlalu banyaknya kotoran yang ada dalam fiter.

Solusi AC Mobil Tidak Dingin

Setelah mengetahui penyebabnya, kini tiba saatnya kita membahas solusi AC Mobil tidak dingin tersebut. Solusi terbaiknya tentu sobat cek, barangkali penyebab yang telah disebutkan di atas terjadi pada Ac yang sobat miliki.

Cara mengatasi ac mobil tidak dingin ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Bisa saja semua orang bisa mengatasi masalah ini, namun tentu sebelumnya harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang alat elektronik yang satu ini.

Baca Juga : 10 Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik, Cocok untuk di Rumah dan Tempat Kerja

Sebab jika sobat hanya memanfaatkan informasi hanya seadanya, besar kemungkinannya jika justru akan membuat ac tersebut semakin bermasalah.

Namun jika setelah dicek ternyata hanya dikarenakan filternya yang kotor, maka sobat hanya tinggal membersihkan filter indoornya sendiri, dengan frekuensi minimal seminggu sekali. Lantas bagaimana cara membersihkan filter ac ini.

Cara membersihkan ac terbilang mudah, sobat tinggal hanya mengambil alat penyaring udara tersebut, selanjutnya sobat tinggal mencucinya dengan air bersih dan sabun. Selesai dicuci, keringkan sampai benar-benar kering untuk kemudian dipasang kembali pada tempatnya semula.Untuk mencegah kerusakan pada Ac sebaiknya lakukan perawatan tehadap AC, minimal 2 atau pun 3 bulan sekali tergantung pada pemakaian.

Tapi jika kerusakan yang terjadi karena pengaruh dari dalam atau sistem, maka tidak ada solusi lain selain sobat membawanya kebengkel resmi untuk melakukan service AC. Hal ini dikarenakan bagian perangkay ini adalah sektor yang semua komponennya ada di dalam unit. Sehingga harus benar-benar ditangani oleh orang yang memang sudah memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Demikian penjelasan singat terkait penyebab dan solusi AC mobil tidak dingin. Semoga informasi ini bisa memberi sedikit pencerahan, terutama bagi sobat yang sedang membutuhkan berbagai informasi terkait Air Conditioner (AC) ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …