Alarm Mobil Berbunyi Terus? Ini 7 Penyebab dan Solusinya!

  • Whatsapp
cara mengatasi alarm mobil berbunyi terus

Alarm mobil berbunyi terus tentu akan terasa sangat mengganggu, baik diri sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar. Untuk mengatasi hal ini dengan tepat maka perlu diketahui berbagai penyebab dari hal tersebut.

Seperti kita tahu, saat ini fungsi alarm mobil sangatlah penting dalam hal menjaga dari tindakan pencurian. Tak heran meski beberapa mobil sudah dilengkapi dengan bawaan alarm, tak sedikit dengan menambahkannya dengan alarm mobil terbaik yang bisa menambah fungsi pengamannnya menjadi lebih baik.

Penyebab Alarm Mobil Berbunyi Terus dan Cara Mengatasinya

Ada banyak jenis-jenis alarm mobil saat ini, dimana fungsinya semakin beragam sehingga bisa meningkatkan tingkat keamanan kendaraan kesayangan dari ulah pencuri.

Alarm dalam mobil memang sebuah fitur teknologi keamanan yang penting dalam sebuah kendaraan, dimana ia terhubung dengan bagian panel-panel yang terdapat pada mobil Anda. Cara kerja alarm mobil juga tidak begitu rumit.

Dilihat dari penyebabnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi alarm mobil bunyi terus. Adapun penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Pintu Mobil Terbuka

Salah satu penyebab utama alarm mobil bunyi terus adalah karena ada pintu mobil yang terbuka. Hal ini biasanya dikarenakan pengemudi maupun penumpang tidak menutup kembali pintu mobil dengan rapat.

Saat ini terjadi, maka sensor akan mengirimkan sinyal pada sensor keamanan dan menyebabkan alarm eror sehingga menjadikannya terus menerus berbunyi. Atas dasar itu, cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi alarm mobil yang bunyi terus menerus adalah dengan memastikan semua pintu mobil sudah tertutup dengan sempurna.

2. Sensor Pintu Tidak Berfungsi

Faktor penyebab alarm mobil bunyi terus berikutnya adalah dikarenakan sensor yang ada pada pintu tidak berfungsi dengan baik.

Hal ini biasanya dapat menjadikan sesitivitas kendaraan menjadi sangat tinggi. Lebih dari itu, hal tersebut juga dapat mengakibatkan saklar lampu yang ada pada pintu tersebut juga tidak berfungsi. Akibatnya meski tanpa ada faktor apapun alarm mobil menjadi berbunyi terus.

3. Sensor Kap Mesin Rusak

Selain sensor pada pintu, sensor lain yang bisa menyebabkan alarm mobil bunyi terus menerus adalah sensor yang terdapat pada kap mesin.

Apabila sensor tersebut rusak, maka dapat menyebabkan alarm berbunyi sendiri. Setidaknya alarm tersebut akan mengeluarkan tanda bunyi sebanyak tiga kali.

Alarm mobil bunyi sendiri karena masalah ini dapat diatasi dengan membuka kap depan yang ada di area mesin tersebut, kemudian tutup kembali kap tersebut dengan sempurna.

Selanjutnya silahkan Anda tekan tombol gembok yang terdapat pada remot mobil Anda. Apabila alarm masih tetap berbunyi, silahkan Anda cek sensor kap pintu mesin yang terdapat di bawah kap mesin tersebut.

Sensor kap tersebut dapat diatur naik dan turun. Apabila alarm masih tetap berbunyi, kemungkinan Anda harus mengganti sensor pintunya.

4. Batrai Central Lock Habis

cara mengatasi alarm mobil berbunyi terus

 

Kondisi alarm yang error bisa disebabkan karena batre central lock yang memang sudah habis sehingga menyebabkan alarm mobil terus menerus berbunyi. Saat batre pada central lock habis, maka otomatis akan membuat anda harus membuka pintu mobil secara manual. Sehingga pentingnya melakukan pengecekan pada kondisi batre untuk menghindari kondisi seperti ini dapat terjadi.

5. Mengubah ke Mode Silent

cara mengatasi alarm mobil berbunyi terus

Beruntung jika alarm mobil Anda memiliki mode silent sehingga masalah ini tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasi alarm mobil bunyi terus atau terlalu sensitif, sebaiknya segera menekan tombol kontrol pada remote central lock mobil pada mode silent, sehingga mobil hanya akan menyala pada bagian lampu peringatannya saja dengan tanpa mengeluarkan bunyi lagi.

6. Komponen Alarm Rusak

Setelah dilakukan hal-hal di atas namun alarm mobil masih tetap eror, besar kemungkinannya komponen yang terdapat pada sistem alarm mobil Anda sudah rusak.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, misalnya saja karena kualitas alarm yang digunakan kurang bagus. Disinilah peran pentingnya Anda mengetahui berbagai cara memilih alarm mobil yang bagus dan berkualitas tinggi.

Cara memperbaiki alarm mobil bunyi terus karena hal ini, tentu saja dengan segera membawanya ke bengkel langganan Anda. Apabila alarm yang digunakan tidak terlalu berkualitas, alangkah baiknya jika Anda menggantinya dengan yang lebih baik.

7. Mengatasi dengan Cara Manual

cara mengatasi alarm mobil berbunyi terus

Sebelum pergi ke bengkel, cobalah terlebih dahulu mengatasi alarm mobil berbunyi terus tersebut menggunakan cara manual.

Anda bisa melakukannya dengan membuka pintu mobil secara manual menggunakan kunci kontak. Setelah berada di dekat kemudi, silahakan lakukan kontak on kemudian mematikannya secara berulang, setidaknya sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai penyebab alarm mobil berbunyi terus dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar agar kami semakin semangat dalam berkarya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *