10 Alat Tes Kesehatan Digital Lengkap yang Wajib diketahui

  • Whatsapp
alat tes kesehatan digital

Alat tes kesehatan merupakan perlengkapan atau tool yang bukan termasuk obat-obatan yang lazim dipakai untuk mengenali, menangani, sekaligus memastikan kondisi kesehatan atau penyakit seseorang.

Alat untuk tes kesehatan tersedia dari 2 tipe. Pertama, alat kesehatan yang masih menggunakan sistem manual dan yang kedua alat tes kesehatan digital yang menggunakan teknologi modern yang biasanya bersifat elektrik.

Peralatan tes kesehatan mempunyai bermacam-macam kegunaan yang berfungsi untuk memonitor kondisi kesehatan secara berkala, apalagi bila Sobat mengidap suatu penyakit tertentu. Bukan cuma itu saja, alat tes kesehatan pun sangat membantu untuk mengatasi suatu keadaan penyakit yang lebih parah agar tidak terjadi.

Dalam tugasnya, setiap petugas medis memerlukan beraneka ragam instrumen atau alat-alat kesehatan sebagai pendukung kerjanya. pada dasarnya alat tes kesehatan diproduksi hanya untuk dimiliki terbatas oleh tenaga medis yang bertugas ditempat atau sarana kesehatan seperti dokter dan perawat di rumah sakit atau di puskesmas saja.

Alat Tes Kesehatan dan Perkembangannya

perkembangan alat tes kesehatan

Seiring makin canggih dan mudahnya teknologi berkembang, teknologi dibidang kesehatan pun ikut bertambah maju, banyak pabrik atau produsen alat dan sarana kesehatan yang memproduksi secara besar-besaran berbagai peralatan untuk tes kesehatan yang bisa dimiliki sendiri dirumah, juga praktis bisa dibawa kemana-mana.

Bagi seseorang yang mengidap gangguan penyakit tertentu, memeriksa kesehatan secara rutin adalah suatu keharusan untuk mencegah terjadinya suatu gangguan kesehatan yang fatal. Apalagi untuk Sobat yang aktif diluar rumah dan sering bepergian ke berbagai tempat, akan sangat berbahaya jika suatu ketika penyakit Sobat tiba-tiba kumat dalam kondisi dan posisi yang tidak tepat.

Bukan cuma itu saja, untuk Sobat yang mempunyai riwayat mengidap kadar gula darah yang tinggi, hipertensi dan kolesterol tinggi serta telah berumur diatas 50 tahun sangat disarankan untuk memiliki alat tes kesehatan sendiri.

Dengan mempunyai alat-alat tes kesehatan dirumah, maka Sobat bisa memantau dan memeriksa kondisi kesehatan atau penyakit yang Sobat derita dengan mudah, sehingga tidak perlu lagi merasa khawatir dengan penyakit Sobat bila bepergian keluar rumah serta menyantap berbagai jajanan atau kuliner yang enak.

Berkat kemajuan teknologi dibidang kesehatan di jaman modern sekarang ini, banyak inovasi baru dari para produsen alat-alat tes kesehatan yang menciptakan berbagai macam instrumen serta perlengkapan kesehatan yang serba digital.

Tidak seperti alat tes kesehatan jaman dulu yang masih menggunakan sistem manual yang terkesan ribet baik dalam cara penggunaan maupun penyimpanannya, alat tes kesehatan modern dibuat dengan memakai sistem digital yang mudah dan praktis baik dalam penyimpanan maupun penggunaannya, bahkan bisa dibawa kemana-mana.

Alat Tes Kesehatan Digital

alat tes kesehatan digital

Berikut ini merupakan daftar 10 alat tes kesehatan digital yang praktis dapat dimiliki sendiri dan bisa dibawa bepergian kemana-mana, beserta keterangan fungsi serta manfaatnya.

1. Testpack

Testpack merupakan sebuah alat berbentuk batangan yang berfungsi untuk memeriksa kandungan hormon hCG pada sample air urine yang dihasilkan oleh sel telur yang sudah menempel pada dinding rahim serta sudah dibuahi.

Cara menggunakan testpack:

  • Sediakan wadah sebagai penampung air urin
  • Persiapkan juga testpack yang sudah dibeli sebelumnya
  • Setelah urin tertampung di wadah celupkan batang testpack kedalam urin sampai terendam bagian putihnya, atau melewati pembatas garis maksimal (MAX)
  • Angkat testpack setelah 5 detik
  • Diamkan sebentar hingga tak ada lagi perubahan pada garis didalam testpack
  • Bila hasilnya positif hamil, maka 2 garis berwarna merah akan muncul.
  • Jika negatif atau tidak hamil, akan muncul 1 garis merah saja

2. Ovulation Testpack

Ovulation testpack atau Instrumen tes kesuburan ialah sebuah alat yang digunakan untuk memeriksa kondisi hormon LH (Luteinizing Hormone) melalui sample urin pada perempuan yang bertujuan untuk mengetahui masa subur seorang perempuan.

Tingginya kadar hormon LH pada seorang perempuan mengindikasikan bahwa dia sedang dalam keadaan subur dan siap untuk bereproduksi sehingga kemungkinan untuk bisa hamil menjadi lebih besar.

3. Hemoglobin (Hb) Meter

Hemoglobin (Hb) meter merupakan alat tes kesehatan yang fungsinya untuk mengukur kadar hemoglobin dalam darah. Bukan cuma Hemoglobin saja, Hb meter juga dapat dipakai untuk kadar dari komponen darah yang lainnya. Cara kerja HB meter yaitu melakukan penguraian terhadap Hemoglobin hingga berubah jadi bentuk larutan yang selanjutnya akan dipecah kembali dengan zat sianida.

Hemoglobin sendiri merupakan kandungan zat besi pada sel darah yang umumnya terdapat dalam tubuh binatang mamalia. Fungsi dari Hemoglobin adalah sebagai pengantar oksigen ke seluruh organ dan bagian tubuh yang berasal dari paru-paru, peran lain dari Hemoglobin yaitu membawa karbon dioksida ke paru-paru.

4. Lipid Test

Lipid meter atau lipid test adalah alat tes kesehatan untuk mengukur rofil dari lipid, selain itu berfungsi juga untuk memeriksa kadar kolesterol tetap, trigliserida dan HDL. Bukan hanya praktis dan mudah dalam penggunaannya, lipid meter juga diklaim sangat akurat akan hasil dari pengukurannya yang hanya memerlukan waktu 2 menit saja dalam prosesnya.

Dalam proses perkembangannya, tubuh manusia membutuhkan berbagai macam zat yang berfungsi sebagai penunjang utama pada proses pertumbuhan. Berbagai jenis zat yang bisa diperoleh dari banyak bahan makanan dan minuman diantaranya vitamin, mineral, protein, karbohidrat, air, dan lemak atau lipid.

Lipid sendiri adalah senyawa organik yang tak dapat dilarutkan dalam air. Kimia lemak atau lipid merupakan susunan dari H (Hidrogen), O (Oksigen, dan C (Karbon). Karena bersifat tidak bisa larut di air atau hidrofobik, untuk melarutkan lipid atau lemak diperlukan eter, klorofom, atau benzen sebagai bahan untuk melarutkannya.

5. Alcoscan

Alcoscan adalah alat tes kesehatan digital yang canggih, perangkat kesehatan alcosan berfungsi untuk mengidentifikasi sekalligus memastikan bahwa seseorang berada dalam pengaruh alkohol. Cara pemakaian alat kesehatan ini sangat mudah dan praktis sehingga siapapun bisa menggunakannya.

Cara alcoscan yaitu dengan memeriksa kadar alkohol pada tubuh seseorang melalui hembusan nafas. Selain hasil yang akurat, alat ini juga dilengkapi dengan pengaturan yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Baca juga:

6. Glukometer

Glukometer adalah perangkat medis sebagai alat untuk mengukur darah. selaras dengan namanya, glukometer merupakan sebuah alat tes kesehatan digital yang canggih yang memiliki fungsi untuk memeriksa sekaligus menentukan konsentrasi gula atau kadar glukosa dalam darah.

Alat tes kesehatan glukometer sekarang sudah banyak dipakai oleh banyak orang sebagai alat swa-monitoring (alat pantau pribadi) kondisi konsentrasi gula pada darah, sehingga tak perlu lagi pergi ke klinik kesehatan atau ahli medis. Disebabkan ukurannya yang kecil dan penggunaannya yang mudah, maka untuk para penderita diabetes tak perlu merasa khawatir lagi karena alat ini bisa dibawa kemanapun saat bepergian diluar rumah.

7. Tensimeter

Tensimeter adalah alat tes kesehatan yang memiliki fungsi untuk mengukur tekanan pada darah. Dengan perangkat tensimeter maka akan sangat mudah untuk memeriksa dan menentukan sebesar apa tekanan pada darah, sehingga dapat membantu untuk mengetahui kondisi darah.

Ada 2 macam tensimeter yang sudah sering digunakan, pertama dengan menggunakan jarum (raksa aneroid), dan yang kedua dengan teknologi digital. Tensimeter yang masih menggunakan jarum merupakan jenis manual, sedangkan tensimeter digital merupakan jenis otomatis yang kini banyak digunakan.

8. Termometer

Termometer ialah alat tes kesehatan yang dipakai untuk memeriksa temperatur (suhu) maupun perubahan suhu. Sebutan termometer sendiri merupakan gabungan dua kata dari bahasa latin, yaitu thermo yang memiliki arti panas dan meter yang berarti pengukur. Salah satu fungsi alat kesehatan ini ialah untuk mengukur suhu tubuh pada seseorang yang sedang mengalami demam panas. Jenis dan penggunaan termometer banyak jenisnya, berikut adalah macam-macam termometer serta cara pemakaiannya:

Termometer digital

Termometer jenis digital dinilai lebih akurat, efektif dan praktis dalam penggunaannya, dengan berbagai ukuran dan bentuk yang bermacam-macam. Dengan sensor kecil yang diletakkan pada ujungnya, cara kerja alat ini yaitu hanya perlu disentuhkan pada bagian tubuh tertentu, dalam beberapa detik hasilnya pun sudah dapat terlihat berupa nilai angka suhu yang tampil pada mini display screen.

Termometer air raksa

Sebelum hadirnya termometer digital, alat ini lah yang dulu paling banyak dan sering digunakan sebagai alat pengukur suhu tubuh. Namun, disebabkan oleh merkuri yang digunakan pada alat ini yang dinilai sangat membahayakan kesehatan akhirnya kini dilarang penggunaannya. Cara menggunakan termometer air raksa ini yakni dengan cara menempelkannya pada lidah.

Termometer Kening atau Jidat

Cara memakai alat ini yaitu dengan menempelkan atau mengarahkan ujung termometer pada jidat atau kening, suhu panas pada kepala akan dideteksi oleh sinar infra merah, dan hasilnya pun dapat dilihat pada angka yang tertera pada layar.

Termometer Empeng Bayi

Sesuai dengan namanya, alat ini berbentuk seperti empeng atau kepala dot yang biasa digunakan pada bayi. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup biarkan alat ini diempeng oleh bayi selama beberapa detik atau menit saja.

Termometer Telinga

Penggunaan alat ini yaitu dengan cara memasukan sedikit kedalam lubang telinga, sinar infra merah berfungsi untuk mendeteksi kondisi suhu panas dalam telinga.

9. Stetoskop Digital

Stetoskop adalah perangkat medis yang berfungsi sebagai alat untuk memantau kondisi kesehatan tubuh lewat suara yang berasal organ-organ dalam tubuh. Alat yang biasanya lazim dibawa atau tergantung di leher tenaga medis ini digunakan untuk langkah awal pemeriksaan kondisi kesehatan sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain dipakai untuk memantau suara detakan jantung, alat ini juga dapat gunakan mendeteksi udara yang mengalir di paru-paru, aliran pembuluh darah dan suara dari gerakan usus di perut, sehingga lebih mempermudah dan membantu dokter untuk menentukan atau mendiagnosa kesehatan pasien.

Sedangkan stetoskop digital merupakan jenis stetoskop yang menggunakan teknologi bluetooth dalam cara kerjanya, sehingga dokter atau tenaga medis tidak perlu lagi sangat dekat atau bersentuhan dengan pasien untuk mendengar suara di dada pasien.

10. Uric Acid Monitor ( UA Meter)

Uric acid meter (monitor) merupakan alat tes kesehatan yang digunakan untuk mengukur kondisi asam urat pada darah, selain bentuk dan ukurannya yang kecil, alat ini juga sangat mudah dalam penggunaannya.

Demikian tadi uraian mengenai 10 alat test kesehatan modern yang menggunakan teknologi digital beserta fungsi dan manfaatnya, untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat dan cara penggunaannya Sobat bisa dapatkan pada brosur atau kemasan alat kesehatan pada saat membelinya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *