dxomark ranking

Penjelasan Lengkap tentang Apa Itu DxoMark, dan Cara Penilaiannya

Diposting pada

Apa itu DxoMark ? Penulis yakin sobat sering mempertanyakan hal ini, terutama ketika mendapat informasi spesifikasi terbaik, yang didasarkan pada istilah ini.

Lantas sebenarnya apa itu DxoMark ? Pada dasarnya Dokmark adalah skor standar industri, yang digunakan untuk memberi ranting dan menentukan kualitas gambar lensa dan kamera.

Baca Juga : 10 Aksesoris Kamera DSLR Keren, dengan Harga Terjangkau

Saat ini, tidak sedikit yang telah menjadikan Dxomark ranking sebagai patokan, ketika hendak mencarai smartphone dengan kamera yang bagus.Dxomark rangking ini sendiri dilakukan oleh orang-orang di perusahaan prancis, yang basisnya ada di Paris.

Pada dasarnya bisnis utama perusahaan yang diluncurkan sejak tahun 2013 ini, adalah image quality. Namun demikian, kegiatan perusahaan ini tidak hanya terbatas pada Dxomark rangking, atau skoring Dxomark.

Cara Melakukan Penilaian

dxomark ranking

Setelah pertanyaan sobat tentang apa itu DxoMark terjawab, diantara sobat mungkin juga ada yang penasaran, tentang bagaimana cara memberikan
Dxomark ranking ini.

Dalam situs resminya, DxoMark menjelaskan tentang bagaimana mereka memberikan Dxomark ranking, yaitu melakukan penilaian terhadap kualitas kamera. Menurutnya penilaian ini dibagi menjadi tiga, dimana cara itu berbeda untuk sensor lensa, kamera, dan mobile atau smartphone.

1.Sensor Kamera

Dalam memberikan Dxomark ranking disini, pihaknya mengukur kualitas foto dari sensor kamera melalui cara mengambil gambar berformat RAW, setelah itu kemudian dianalisis dan baru setelah itu diproses menjadi JPG.

Sedikitnya ada tiga kriteria dalam menentukan nilai untuk sensor kamera ini, yaitu noise, sensitivas warna, kecepatan atau sensitivitas ISO.

2. Lensa

Dalam memberikan Dxomark rangking untuk lensa, di sini pihaknya melakukan pengukuran kualitas dari lensa, yang bisa diganti pada kamera yang dapat mengambil gambar berformat RAW.

Dibanding sensor kamera, penilaian lensa ini lebih beragam seperti resolusi, transmisi cahaya, ketepatan warna, dan juga distorsi.

3. Smartphone

Dxomark rangking pada kamera smartphone, dinilai berdasarkan foto smartphone yang diambil dengan format JPG, termasuk di dalamnya juga dalam mode video. Dalam hal ini, semua sektor lensa, sensor, kontrol, kamera hingga proses kamera, dianalisi performanya dengan seksama.

Lebih dari itu, agar hasilnya lebih akurat, dalam proses evaluasi yang dilakukan di laboratoriumnya, pihaknya juga menghadirkan komponsn besar yang lebih dari 50 situasi indoor dan outdoor realistis.

Ada beberapa kriteria yang digunakan sebagai Dxomark pada kuliatas kamera smartphone, diantaraya adalah Autofokus, Bingkai gambar, vignetting, ketepatan warna, Bokeh, Eksposur dan kontras, Flash, Pewarnaan, Tekstur dan noise, hingga Zoom di beberapa subjek.

Sementara untuk DxoMark rangking pada video, hal ini dilakukan dengan kriteria autofokus, bingkai gambar, eksposur,noise, pewarnaan, kesetabilan, dan juga tekstur.

Saat ini, Huawei P20 Pro merupakan smartphone dengan kamera terbaik, menurut DxoMark deangan skor 109 poin. Smartphone ini, memiliki lensa dari Leice, dan memiliki tiga kamera sekaligus, dengan resolusi masing-masing 40 megapiksel, 20 megapiksel, dan 8 megapiksel. Canggihnya lagi, kamera smartphone ini juga memiliki kemampuan 3x optical zoom.

Hanyalah Sebuah Alat

Pada dasarnya, DxOMark hanyalah sebuah alat, dan hanya masalah analisis dan sudut pandang saja. Setiap DxOMark rangking yang dihasilkan, idealnya didekati dengan sangat hati-hati. Hingga akhirnya, ini merupakan konfrontasi antara hasil dan perasaan yang berbeda. Sehingga sangat memungkinkan bagi kita, untuk senantiasa memperoleh gambaran yang lebih baik terkait potensi yang sesungguhnya perangkat ini.

Dari berbagai penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan. Bahwa DxOMark adalah alatuang akurat untk menganalisis perangkat tertentu, seperti kualitas gambar dan lainnya. Namun demikian, halini bukan berarti menjadikannya sebagai satu-satunya cara, untuk dapat menilai kualitas kamera smartphone. Dalam hal ini, dicontohkan dari sebuah fakta, bahwa hingga saat ini, DxOMark belum menguji aplikasi kamera.

Nah sekarang, apa sobat sudah tahu apa itu DxOMark ? Seberapa besar pengaruhnya DxOMark ini, ketika sobat hendak memutuskan membeli sebuah smartphone ? Beritahu kami di kolom komentar ya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.