Apa itu WordPress

Apa Itu WordPress ? Ini Pengertian WordPress dan Penjelasan Lengkapnya!

Diposting pada

Apa itu WordPress? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang sering muncul di kalangan pemula. Wajar memang, sebab istilah ini begitu sangat populer khususnya di jagat maya, sehingga mudah menimbulkan pertanyaan di benak siapa saja.

Jika kita melihat atau mendengar, bahkan, mengalami sendiri terkait pertanyaan apa itu WordPres? Hal ini tentu menuntun kita untuk mencari tahu terlebih dahulu, akan apa sebenarnya pengertian WordPress itu sendiri?

Wikipedia sebagai sebuah situs yang membahas pengertian berbagai hal secara lengkap, menjelaskan bahwa WordPress adalah sebuah aplikasi open source ( sumber terbuka), yang begitu sangat populer digunakan sebagai blog engine (mesin blog).

WordPees dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database (basis data) MySQL, dimana keduanya merupakan open source software yaitu perangkat lunak sumber terbuka.

Kemampuannya dalam memodifikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggua, membuat platform ini juga dikenal sebagai sebuah CMS, bukan hanya sebagai blog saja. WordPress sendiri adalah penerus resmi dari cafelog/b2 yang telah dikembangkan oleh valdrighi. Penamaam WordPress ini sendiri diusulkan oleh Christine Selleck, yaitu teman dari Matt Mullenweg.

Saat ini WordPress adalah sebuah sistem manajemen Konten (CMS), dengan pengguna terbanyak di dunia. Lebih dari 30% website dibuat menggunakan WordPress, dan jumlah ini akan terus meningkat setiap waktunya.

Apa Itu Sistem Manajemen Konten ?

Setelah sepintas kita membahas apa itu WordPress, tentu anda juga dibuat penasaran dengan CMS itu sendiri bukan? Dilihat dari penggunaannya, CMS merupakan sebuah aplikasi web yang memperbolehkan pemilik, editor, maupun author untuk dapat mengelola website, serta menerbitkan konten tanpa harus lebih dulu menguasai bahasa pemrograman dan istilah teknis.

PHP dan MySQL yang digunakan oleh WordPress ternyata didukung oleh hampir semua penyedia web hosting. Menariknya lagi, ada juga paket WordPress hosting yang memiliki kelebihan performa, kecepatan, dan juga keandalan website. Selain itu, dengan menggunakan WordPress anda bukan hanya bisa membuat blog sederhana, namun juga bisa membuat situs newspaper, portofolio, ecommerce, dan lain sebagainya.

Meskipun pemula, namun jika sebelumnya anda sering menggunakan Microsoft Word, maka untuk menggunakan WordPress bukanlah hal yang sulit, baik membuat atau pun menerbitkan postingan. Hal ini karena CMS ini, telah dibekali dengan software yang intuitif dan mudah untuk digunakan.

Mudahnya penggunaan ini juga didukung dengan sifatnya yang open-source. CMS yang dimiliknya juga telah membuat berjuta-juta orang di dunia mampu membuat sebuah situs profesional, modern, dan berkualitas tinggi, sekalipun yang membuatnya masih sangat pemula.

Baca Juga : Cara Membuat Website Profesional yang Menguntungkan dengan WordPress

Sejarah WordPress

Apa itu WordPress ?

Sejarah WordPres dimulai sejak dihentikannya software cafeblog atau b2 dihentikan. Atas dasar itulah, pada tahun 2013 usai proyek dihentikan , Mike Little dan Marr Mullenweg sebagai dua developer tangguh, segera mengambil alih dengan cara mereka sendiri, yaitu dengan mempertahankan, dan melanjutkannya dengan membuat platform blogging yang baru.

Hingga akhirnya pada Januari 2004, keduanya berhasil merilis WordPress versi pertama yaitu WordPress 1.0. Versi awal ini, tentu sangat berbeda jauh dengan software yang sudah sangat kaya akan fitur, seperti yang sekarang. Namun demikian, di versi awal ini juga sudah cukup baik. Sebab meski baru pertama dirilis, WordPress ini sudah dibekali dengan editor yang proses instalasinya sangat mudah, sistem manajemen user, permalink, kemampuan memoderasi komentar, dan berbagai kemampuan dasar WordPress yang lainnya.

Sejak awal dirilis, WordPress telah mengalami berbagai macam proses transportasi. Hingga akhirnya, demi senantiasa dapat bertumbuh kembang kearah yang lebih baik , WordPress kini telah dikembangkan, dikelola, dan juga dimaintain oleh komunitas open-source yang berdedikasi, terdiri dari ribuan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Pengguna tersebut bekerja secara remote, dengan kecintaan mereka yang tinggi, tak sedikit mereka yang bekerja secara sukarela dengan tanpa bayaran materi. Selain itu, ada juga dari mereka yang bertemu langsung di WordCamp, yaitu suatu konfrensi distribusi WordPress.

Kerennya lagi, WordPress tak pernah puas dengan hal-hal yang luar biasa yang sudah dicapainya. Buktinya hingga kini, WordPres senantiasa mengalami perkembangan. Bahkan setiap dua atau tiga bulan sekali, versi terbarunya senantiasa dirilis. Setiap versi terbaru tersebut, senantiasa selalu membawa fitur dan sistem keamanan terbaru, yang telah diupdate ke platform. Dengan menggunakannya, maka kita pun akan senantiasa termotivasi untuk menjadi orang kreatif dan dinamis, sehingga senantiasa mampu menjawab berbagai tuntutan dari perubahan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *