Apa itu WordPress

Apa Itu WordPress ? Ini Pengertian WordPress dan Penjelasan Lengkapnya!

Diposting pada

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Ketika kita mengakses WordPress di search engine seperti Google, Yahoo, dan lainnya, maka anda akan menjumpai dua situs yang sangat mirip, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Sebenarnya kedua situs ini, memiliki user base dan tujuannya yang berbeda-beda, namun bagi pemula ini tentu akan membingungkan, bahkan mungkin dianggapnya sama.

Agar kita bisa memiliki pemahaman yang jelas, maka kita harus tahu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org itu sendiri.

WordPress.com

WordPress.com adalah sebuah hosting yang untuk paket defaultnya dapat digunakan secara gratis, namun memiliki keterbatasan. Perusahaan hosting ini ini, memakai sistem manajemen konten WordPress untuk semua blog yang dibuat dalam CMS tersebut. Jika anda berminat membuat blog di sini, maka di belakang alamatnya akan memiliki wordpress.com, misalnya duniaelektronik.wordpress.com. Namun demikian, tersedia juga custom domain berbayar, sehingga anda bisa merubah urlnya sesuai keinginan.

WordPress.org

Contoh situs yang menggunakan WordPres.org adalah situs duniaelektronik.net ini. Jadi jika anda ingin membuat situs WordPress self-hosted, anda harus menggunakan WordPress.org ini.

Baca : Cara Membuat Website Self Hosted dengan WordPress.org

Dengan menggunakan WordPress.org, maka anda akan bisa mengunduh platform WordPress, serta memperoleh berbagai tema dan plugin secara gratis. Agar bisa membuat situs anda segera online di internet, maka sebelumnya anda harus membeli domain dan paket web hosting, salah satu rekomendasi terbaik kami adalah membeli di Puskomedia Indonesia. Dengan harga mulai Rp. 50.000/ tahunnya, maka anda sudah bisa mendapatkan domain keren.

Agar bisa aktif dan bekerja, WordPress menggunakan MySQL dan juga PhP. Bagi anda yang ingin mengoptomalkan performa CMS WordPres, sangat disarankan menggunakan paket WordPress hosting, salah satunya yang ada di Puskomedia.

Macam-Macam Situs yang Dapat DiBuat di WordPress

Jika ditarik secara garis besarnya, pengertian WordPress adalah merujuk pada tool vital, yang dipakai untuk membuat berbagai jenis situs atau website. Adapun beberapa jenis situs yang dapat dibuat di WordPress ini, adalàh sebagai berikut :

Blog

Seperti kita tahu, dari awal diluncurkan WordPress merupakan CMS tool blogging, sehingga tak heran jika dari dulu platform ini digunakan oleh para blogger, untuk membuat blognya. Dengan menggunakan WordPress maka anda bisa membuat blog profesional dengan sangat mudah.

Portofolio

Bagi siapa saja yang membutuhkan portopolio online, baik itu sebagai seniman, musisi, fotografer, freelancer, hingga seorang penulis, bisa menggunakan WordPresss ini. WordPress menyediakan berbagai fasilitas agar portofolio anda semakin profesional, contohnya saja lightbox, galeri gambar, hinggga portofolio grid.

Situs Bisnis

Bagi anda yang ingin membangun bisnis online sederhana, maka hal itu dapat diwujudkan dengan mwmbuatnya di WordPress. Sekalipun banyak digunakan untuk website bisnis sederhana, atau yang masih kecil namun tidak sedikit juga, dari perusahaan besar yang menggunakan kelebihan yang dimiliki WordPress ini.

Situs Amal

Biaya maintenance yang murah, serta kurva pembelajaran yang relatif plat, adalah salah satu alasan platform ini banyak digunakan oleh badan amal atau suatu yayasan, untuk membuat situs mereka. WordPress telah banyak membantu bagi banyak lembaga swadaya masyarakat non profit, guna menyampaikan visi dan misi mereka melalui situs resmi yang dibangun bersama WordPress.

Toko Online

Dengan menggunakan WordPress, maka meski tidak memiliki pemahaman tentang bahasa pemrograman, anda akan tetap bisa membuat toko onnline anda dengan mudah. Salah satu plugin yang banyak digunakan untuk kebutuhan ini, adalah WooCommerce. Plugin eCommerce WordPress ini memiliki berbagai penawaran fitur penting untuk anda gunakan, misalnya saja seperti keranjang belanja, sistem menejemen order, halaman checkout, one click refund, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 15 Plugin WordPress Terbaik yang Akan Membuat Situsmu Makin Memiliki Kemampuan Super

Banyak Situs Ternama yang Menggunakan WordPress

Anda tak perlu ragu untuk membangun website bersama WordPres. Sebab selain digunakan oleh para blogger dan pelaku bisnis kecil, tidak sedikit loh perusahaan besar yang menggunakannya untuk website mereka. Berikut contohnya.

Beyoncé

WordPress ternyata juga sangat dikenal kalangan artis, musisi, photografer dan berbagai profesi seni lainnya, termasuk diantaranya Beyonce. Untuk memudahkan menyampaikan segala informasi dan berbagai aktivitasnya kepada para penggemar, mereka menuangkannya melalui situs mereka yang dibangun menggunakan WordPress.

Sony Music

Sony Music adalah salah satu brand komersial besar, dan untuk websitenya ini mereka menggunakan WordPress dengan segala kecanggihan yang dimilikinya.

The New Yorker

The New Yorker adalah sebuah majalah online ternama, dimana untuk keseluruhan struktur lamannya juga dibuat dengan WordPress.

TechCrunch

TechCrunch adalah sebuah website besar yang dibangun menggunakan WordPress. Situs ini sangat recomend bagi anda yang sedang mencari informasi teknologi terbaru, maupun perusahaan startup.

White House

Siapa sangka, jika White House ternyata juga membangun situs resmi pemerintah .gov nya menggunakan WordPress.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Apa itu WordPress ?

Membahas apa itu WordPress, rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas kelebihan dan kekurangnannya. Seperti kita tahu, WordPress memang memiliki sejumlah kelebihan, salah satunya dapat digunakan dengan sangat mudah, sekalipun tidak paham bahasa pemrograman. Selain itu, flatform yang mudah di kelola ini, juga sangat cocok digunakan oleh para programer. Namun demikian, tidak ada yang sempurna di dunia ini, selain yang Maha Sempurna, termasuk WordPress ini.

Kelebihan WordPress

  • Murah Bahkan Gratis

Bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun, maka bisa menggunakan WordPress.com. Namun jika anda menginginkan situs profesional, maka bisa menggunakan WordPress.org. Anda hanya perlu membayar domain serta web hosting, dengan berbagai pilihan harga. Sementara untuk softawre, plugin, dan temanya, WordPress juga banyak menyediakan versi gratis.

  • Mudah dalam Instalasi dan Update

Berbeda dengan sistem manajemen konten lainnya, anda tidak diharuskan melakukan proses konfigurasi apapun. Hanya dengan sekali klik saja, maka proses updatenya akan bisa dilakukan.

  • Mudah dalam Pengelolaan

Dalam melakukan task harian seperti menulis, mengedit post, upload gambar dan mengeditnya, menambahkan menu, mengelola user, menambahkan menu, hingga menginstall template dan plugin.

  • Dapat Didesain Sendiri

Banyaknya pilihan template yang siap diinstall, sangat memudahkan anda untuk mendesain website sesuka hati. Ada banyak pilihan template khusus yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Misalnya saja, kumpulan template yang sangat cocok digunakan untuk bisnis kecil, praktisi kesehatan, jual beli online, restoran, blog makanan, dan lain sebagainya.

  • Dapat Membuat Fungsionalitas sendiri

Dengan banyaknya plugin yang disediakan, anda dapat mengembangkan dan memperluas fungsionalitas dari default WordPress. Biasanya, anda dapat menemukan plugin bagi setiap task spesifiki, mulai dari optimasi search engine, hingga event booking.

  • Ada banyak Panduan dan Tutorial

WordPress adalah sebuah komunitas online yang sangat besar, sehingga jika ada masalah anda bisa mendapatkan solusinya dengan mudah. Baik melalui panduan atau tutorial tertulis, maupun dalam bentuk video.

Kekurangan WordPress

Pembahasan berikutnya yang akan kita bahas, di artikel apa itu WordPress adalah kekurangan dari WordPress itu sendiri. Berikut ulasannya.

  • Rawan Serangan Hacker

Dikarenakan lebih dari 30% website dibuat menggunakan WordPress, maka resiko diserang hacker juga semakin tinggi. Namun hal ini bisa diantisapsi, dengan suatu plugin khusus, sehingga senantiasa aman dari berbagai aktivitas berbahaya.

  • Menggunakan Konten Pihak Ketiga

Seperti kita tahu, sebagaian besar template dan plugin WordPress dibuat oleh developer lain, atau pihak ketiga. Hal inilah yang kadang, menyebabkan anda menemukan bug. Oleh karena itu, ketika anda hendak menggunakan tema atau plugin baru, sangat disarankan untuk selalu membaca penjelasan dan ulasannya lebih dulu. Segera hubungi tim Customer Support jika anda meragukan suatu tema atau plugin.

  • Waktu Loading Bisa lama

Banyaknya plugin membuat para pengguna sangat tertarik untuk mencobanya. Namun jika anda terlalu banyak menggunakan plugin, maka hal itu dapat membuat lambat laman website anda. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya gunakanlah plugin caching.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu WordPress. Semoga dengan mengetahuinya, kita bisa semakin semangat dalam membangun kesuksesan website, atau bisnis onlie kita bersama WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *