15 Aplikasi Boros Kuota, Yuk Minimalisir Penggunaannya Sekarang Juga

  • Whatsapp
aplikasi boros kuota

Aplikasi boros kuota, apa saja? Kuota adalah sesuatu yang sangat penting di era milenial ini. Namun, sering kali kuota tersebut cepat habis bahkan sebelum pada waktunya. Ada banyak faktor yang menyebabkan kuota cepat habis. Salah satunya adalah aplikasi yang mengonsumsi data di latar belakang.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat membuat kuota internet jadi sedikit boros. Aplikasi-aplikasi tersebut juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Nah, kira-kira apa saja sih aplikasi yang boros kuota tersebut? Lalu, bagaimana cara meminimalisir agar kuota jadi lebih hemat ketika menggunakan aplikasi-aplikasi itu? Yuk simak selengkapnya dalam rangkuman di bawah ini!

15 Aplikasi Boros Kuota

1. Instagram

aplikasi boros kuota

Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari. Aplikasi boros kuota ini dapat menyedot banyak kuota karena memang banyak foto dan video di dalamnya. Akibatnya, ketika ada video yang terputar maka kuota akan otomatis tersedot dan cepat habis. Akan tetapi, ada cara yang bisa kamu lakukan agar preloading video dapat dicegah ketika menggunakan koneksi selular.

Baca Juga : 12 Cara Ampuh Menjadi Cepat Kaya Raya dengan Modal Akun Instagram, Mau?

Kamu hanya perlu masuk ke aplikasi Instagram. Kemudian lanjutkan ke menu Profil → Pengaturan → Akun → Penggunaan Data Seluler. Setelah menghidupkan Penghemat Data, maka Instagram akan memutar video dengan resolusi tinggi hanya dengan Wi-Fi saja. Bukan dengan menggunakan data seluler yang kita miliki.

2. Twitter

aplikasi boros kuota

Twitter adalah salah satu media sosial yang juga banyak digunakan. Didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006. Sejak peluncurannya merupakan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di internet. Adapun fitur yang paling banyak memakan kuota dari aplikasi ini adalah fitur live streaming dan autoplay.

3. Facebook

aplikasi boros kuota

Nah, satu lagi aplikasi boros kuota yang juga sangat populer. Yap, media sosial bernama Facebook ini memang sangat banyak digunakan oleh banyak orang selain Instagram. Bahkan sama seperti Instagram, Facebook pun dapat menyedot kuota internet ketika kita membuka media seperti misalnya foto serta video. Sebab, video yang ada dalam Facebook bisa saja terputar secara otomatis dan berakibat pada data seluler yang terkuras.

Namun, di sini kamu bisa membatasi pemutaran video yang menyedot kuota tersebut dengan mengaktifkan fitur menonton video hanya dengan Wi-Fi. Bahkan kamu juga bisa sekaligus menonaktifkannya. Cukup masuk ke aplikasi Facebook, tekan ikon tiga garis yang berada di bagian kanan atas. Pilih menu Pengaturan → Pengaturan Akun → Video dan Foto → Autoplay. Kemudian setelah itu kamu bisa memilih menu On Wi-Fi Connection Only atau bisa juga Never Autoplay Videos. Nah, sangat mudah, bukan?

Referensi Kami : Lengkap, Ini Cara Menjadi Facebook Gaming Creator Berpenghasilan Hingga Ratusan Juta Perbulan!

4. YouTube

YouTube merupakan sebuah aplikasi video yang sangat familiar, selain bisa mendatangkan banyak uang dengan menjadi konten creatornya, mengakses banyak video menarik di YouTube ternyata sangat boros jika menggunakan kuota. Namun demikian, banyak berbagai video menarik yang juga dibutuhkan membuat para penggunanya tidak terlalu memikirkan hal tersebut.

Untuk dapat menghemat kuota saat menonton video di YouTube, sebaiknya kamu menggunakan kuota unlimited khusus YouTube. Tentu akan lebih hemat lagi jika kamu menggunakan Wi-Fi dalam mengaksesnya.

5. Netflix

aplikasi boros kuota

Kadang kala saat ingin menonton film, kita menggunakan koneksi Wi-Fi. Namun, ada saat di mana tak ada koneksi Wi-Fi dan kamu harus menggunakan data seluler untuk menonton film-film yang kamu sukai. Di dalam aplikasi boros kuota ini, kamu bisa melakukan beberapa cara agar penggunaan kuota jadi lebih hemat.

Cukup dengan membuka aplikasi Netflix, kemudian tekan tombol tiga garis di bagian kiri atas. Langkah selanjutnya, pilih menu Pengaturan Aplikasi → Penggunaan Data Seluler. Kamu bisa mematikan set otomatis dan memilih kualitas streaming video sedang ataupun rendah saat memakai data seluler. Dengan hal tersebut, kuotamu bisa jadi lebih hemat bahkan untuk menonton 4 jam hanya akan menghabiskan 1 GB saja.

6. Google Chrome

Google Chrome merupakan sebuah aplikasi peramban web sumber terbuka dengan pengembang Google. Mengggunakan mesin rendering WebKit, proyek sumber tersebut dinamakan Chromium.

Sebagai aplikasi jelajah internet, tentu kamu membutuhkan banyak kuota untuk bisa menjelajah dengan bebas. Serunya berselancar di jagat maya, tak ayal sering membuat kita betah berlama-lama menikmati berbagai situs di Chrome. Cara terbaik untuk menghemat kuota tentu dengan membuka situs seperlunya saja. Di sarankan pula menggunakan Wi-Fi di rumah sehingga lebih leluasa berselancar di jagat maya tanpa khawatir kehabisan kuota.

7. UC Browser

Diluncurkan pada tahun 2004, UC Browser merupakan sebuah aplikasi penjelajah web untuk telepon selular. Sebagai aplikasi penjelajah webiste layaknya Chrome, UC Browser juga merupakan aplikasi boros kuota. Sekalipun sangat memiliki fitur yang menarik, namun fitur yang tersedia di dalamnya ternyata dapat membuat kuota cepat tersedot.

8. Android Native Browser

Android Native Browser adalah browser bawaan dari masing-masing smartphone, dan mayoritas merk smartphone Android memilikinya.Sebaiknya kamu harus hati-hati dalam menggunakannya, sebab brwoser bawaan tersebut ternyata juga termasuk boros akan penggunaan kuota.

9. Snapchat

Sebagai aplikasi yang dirunjukn untuk mengunggah video pendek (fitur snap), tentu membutuhkan kuota yang tidak sedikit untuk menggunakannya. Kuota yang dibutukan pun makin besar, sebab Snapchat juga telah menanbahkan berbagai fitur baru dalam setiap update-nya.

10. Spotify

spotifity

Sporty merupakan sebuah aplikasi streaming musik yang paling populer. Kamu pastinya sudah menyadari jika mengakses aplikasi ini membutuhkan kuota yang cukup besar.Wajar memang, sebab dengan berbagai fitur yang dimilikinya kamu memang dapat mendengarkan musik dengan kualitas mumpuni, sehingga untuk mengaksesnya membutuhkan banyak kuota.

11. Path

aplikasi boros kuota

Path merupakan salah satu media sosial yang cukup populer. Sekalipun saat ini tidak sepopuler Facebook maupun Instagram, nyatanya masih banyak pengguna setianya yang menjadikan aplikasi ini untuk sharing berbagai hal dengan para pengguna lainnya.

Sama seperti Facebook dan Instagram Path juga merupakan sebuah aplikasi yang boros kuota. Foto dan video yang dapat diunggah dan diputar, tentu akan dengan mudah menyedot kuota yang kamu miliki.

12. HOOQ

Sebagai salah satu aplikasi yang memungkinkan kamu menikmati layanan streaming berbagai film hingga serial TV, tentu hal yang wajar jika HOOQ masuk dalam salah satu daftar aplikasi boros kuota. Sekalipun ada biaya tambahan untuk berlangganan, yang namanya streaming melalui internet tentu kuota yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

Jika kamu ingin berlangaanan HOOQ sebaiknya sudah tersedia layanan Wi-fi di tempat tinggalmu.

13. Clash Royale

Clash Royale adalah sebuah game strategi dari Supercell yang diminati banyak pengguna smartphone. Mengusung genre PvP dengan nuansa Tower Defense, permainan ini harus dimainkan secara online agar bisa melakukan real time batle.

Agar dapat dapat dimainkan cukup lama, permainan online, tentu membutuhkan banyak kuota. Saat jaringan internet sedang lelet, maka kamu bisa kalah dengan mudah.

14. Google Play Store

Mungkin kamu berpikir aplikasi Google Store merupakan aplikasi boros kuota, hanya jika digunakan untuk mendownload aplikasi maupun game. Namun ternyata fitur auto-update yang dimilikinya, ternyata bisa menyedot kuota ketika aplikasi ini ada versi terbarunya sehingga harus diupdate.

Memiliki versi terbaru memang menyenangkan, tapi jika kuota yang digunakan hanya pas-pasan tentu akan terasa menyebalkan. Oleh karena itu, sebaiknya aktifkan fitur auto-update hanya jika smartphone kamu terhubung dengan jaringan Wifi. Lebih tenang lagi kamu bisa mematikan fitur auto-update aplikasi, dan mengaktifkannya jika hanya kamu ingin memperbaharui aplikasi.

15. Google Photos

Aplikasi yang boros kuota terakhir yang kita bahas adalah Google Photos. Aplikasi ini memang sangat tepat untuk membackup semua foto berharga kamu yang ada dalam smartphone. Namun sepertinya hal ini tidak terlalu dibutuhkan ketika memori smartphone kamu sudah sangat lega.

Sama seperti pada Google Play Store, selain saat mengunggah foto, aplikasi ini juga membutuhkan kuota saat updatenya. Bahkan jika fitur auto-updatenya aktif, kamu bisa kehilangan cukup banyak. Solusinya tentu dengan menonaktifkan fitur auto-update seperti yang sudah dijelaskan pada aplikasi sebelumnya.

Penutup

Ke-15 aplikasi boros kuota di atas adalah yang paling sering kita gunakan dan paling sering pula membuat kuota jadi cepat habis. Karena sebagai media hiburan semua aplikasi tersebut cukup penting, maka yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pemakaian data internet menjadi sedikit lebih hemat. Semoga dengan cara-cara di atas, kuota internet kamu jadi tidak boros lagi dan tentu saja, kamu bisa tetap memakai aplikasi-aplikasi tersebut dengan sesuka hati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *