11 Aplikasi Chatting Jadul yang Booming Tahun 2000-an. Kamu Pernah Pakai Belum?

  • Whatsapp
aplikasi chatting jadul

Aplikasi chatting saat ini sudah sangat akrab di telinga kita. Saat ini generasi milenial bahkan tak hanya menggunakan satu aplikasi chatting, tapi bisa lebih dari itu. Meski tidak secanggih sekarang, aplikasi chatting memang sudah ada sejak dulu. Sekitar tahun 2000-an cukup banyak layanan serupa yang dapat digunakan untuk chatting.

Dulu, masyarakat sering menyebutnya sebagai layanan pesan instan. Beberapa layanan tersebut merupakan pendahulu atau awal mula terbentuknya aplikasi chatting yang ada saat ini. Buat kamu yang lahir di tahun 2000-an, pastinya nggak asing dengan beberapa layanan pesan instan di bawah ini.

11 Aplikasi Chatting Jadul

1. Yahoo! Messenger

aplikasi chatting jadul

Kalau aplikasi chatting jadul yang satu ini tentu banyak yang memainkannya. Aplikasi buatan Yahoo! ini dulunya bernama Yahoo! Pager yang dirilis tahun 1998. Namun, kemudian aplikasi ini berubah nama atau rebranding dan berganti menjadi Yahoo! Messenger. Aplikasi chatting ini pada masa itu sangatlah populer, bahkan di tahun 2006 sudah terdapat 22 juta pengguna yang memakainya.

Salah satu hal yang menjadikan Yahoo! Messenger begitu dicintai, adalah karena disinyalir merupakan aplikasi pertama yang menghadirkan ekpresi mengobrol dalam bentuk emoji yang menarik dan lucu. Ada juga semacam emoji suara yakni fitur audible. Selain itu ada pula fitur BUZZ!! dimana ketika dikirim pada teman obrolan akan dapat bergetar.

Terhitung sejak 18 Juni 2018, Yahoo! Messenger telah berhenti beroprasi. Namun menurut pihak Yahoo!, hal ini tidak untuk selamanya. Saat ini pihaknya telah mengembangkan aplikasi baru agar semakin sesuai dengan kebutuhan para penggunannya.

2. ICQ

aplikasi chatting jadul terbaik

Nah, berbeda dari Yahoo! Messenger justru ICQ adalah layanan pesan instan yang pertama kali digunakan oleh orang-orang seluruh dunia. Pengoperasian aplikasi ini dulunya dimulai pada tahun 1996. Selain itu, nama ICQ sendiri konon katanya merupakan singkatan dari ‘I Seek You’.

Tampilan dari ICQ bisa dibilang tak menarik sama sekali dan sangat sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi chatting zaman sekarang. Menariknya, setiap kali kamu menerima pesan dari ICQ, maka akan ada notifikasi suara yang berbunyi ‘Uh, Oh!’. Namun, ternyata saat ini aplikasi chatting jadul ini masih dapat digunakan dan tampilannya sudah lebih modern dibandingkan dulu.

3. AOL Instant Messenger

AIM meluncur pada tahun 1997. Kenyataannya, dalam waktu yang sangatlah singkat AIM mampu menjaring cukup banyak pengguna yang mayoritasnya dari Amerika Utara. Sayangnya, popularitas dari aplikasi yang satu ini justru menurun di tahun 2010 sebelum kemudian tidak lagi beroperasi di tahun 2017.

4. iChat

aplikasi chatting jadul tahun 2000-an

Bisa dibilang, aplikasi chatting jadul yang satu ini adalah asal mula dari terbentuknya iMessage kepunyaan Apple. Layanan ini dulu dirilis pada tahun 2002 dan sebetulnya bekerja sebagai klien AIM untuk para pengguna Mac. Pengguna iChat bisa mengirim audio, screen sharing bahkan hingga melakukan panggilan video.

5. Skype

Nah, kalau layanan pesan instan ini masih populer dan banyak digunakan hingga saat ini. Meski begitu, sebenarnya Skype adalah layanan yang dirilis pada tahun 2003. Cukup mengagumkan apabila Skype bisa bertahan hingga sekarang. Posisinya dibilang begitu baik karena layanan yang ditawarkan oleh Skype adalah video chat.

6. MSN atau Windows Live Messenger

 

Layanan yang dibuat oleh Microsoft ini diluncurkan pada tahun 1999. Dengan menggunakan MSN, kamu tak hanya disuguhi dengan fitur bertukar pesan. Tapi lebih dari itu, kamu bisa berbagi folder serta file kepada sesama pengguna layanan ini. Pada tahun 2009, aplikasi chatting jadul ini justru memiliki 330 juta pengguna aktif. Namun, sayangnya di tahun 2014 MSN akhirnya resmi ditutup juga.

Baca Juga : Rahasia Menjadikan Media Sosial Kamu Dapat Menghasilkan Banyak Uang

7. Mxit

Mxit adalah sebuah aplikasi yang dirilis tahun 2000-an, dan merupakan generasi instant messenger mobil berbasis JAVA yang sangat populer. Dibanding mengirim pesan biasa, mengirim pesan melalui salah satu aplikasi chatting jadul ini memang terbilang lebih murah.

Selain lebih ekonomis tentu saja mengobrol pun akan terasa lebih seru. Hal ini karena dalam obrolannya, juga depat menggunakan ekspresi emosi yang tentu lucu dan menarik. Sayangnya sejak 30 september tahun 2016 kemarin aplikasi ini sudah ditutup. Kabarnya ini karena The Reach sebagai pemiliknya tidak lagi bisa membiayai sistem operasionalnya.

8. MIRC

mIRC merupakan sebuah aplikasi chatting yang biasanya ada di banyak Warnet. Aplikasi ini hadir jauh sebelum orang-orang mengenal chatting, Dimana pada tahun 1995 mulai diperkenalkan oleh Khaled Marmad-Bey. Meskipun hanya dapat digunakan pada PC atau pun Laptop, namun saat itu aplikasi ini sangatlah populer.

Dalam penggunaanya kita hanya memerlukan email dan username yang mayoritas menggunakan samaran. Berumur sudah cukup tua, wajar jika aplikasi chatting jadul ini tidak sedikit memiliki keterbatasan. Tampilan yang dimilikinya pun hanya ada ada kolom obrolan dan daftar para pengguna yang lain. Tidak seperti aplikasi chating sekarang, MIRC tidak ada emoji bahkan foto profil sekali pun. Jadi saat mengajak ngobrol pengguna lain, kita benar-benar tidak mengetahui wajah dan nama aslinya.

9. Mig33

Mig33 adalah salah satu aplikasi chatting yang pernah populer, bahkan merupakan komunitas hp pertama yang paling besar di dunia. Semua jenis hp dapat menggunakan aplikasi ini, dengan catatan ada koneksi internet untuk mengakses salah satu platform JAVA ini. Jadi dengan menggunakan hp jadul pun kita bisa menggunakannya.

Di masanya, jumlah penggunanya mencapai 250 juta yang berasal dari 200 negara berbeda. Mungkin tidak sedikit yang menganggap jika aplikasi ini sudah tidak lagi beroprasi. Padahal saat ini namanya telah berubah menjadi Migme. Selain itu jika dulu hanya merupakan aplikasi chating, kini fungsinya telah berubah menjadi media sosial.

10. BlackBerry Messenger

Kamu tentu mengenal BlackBerry Messenger atau yang juga populer dengan BBM ini bukan? Sesuai namanya, awal penggunaan aplikasi ini adalah untuk para pengguna hp BlackBerry. Setelah merk hp tersebut direspon sangat baik, aplikasi ini pun menjadi naik daun.

Tingkat kepoulerannya yang tinggi, akhirnya para pengguna smartphone Android dan iOs juga bisa menikmati aplikasi ini. Agar sesuai kebutuhan zaman, berbagai fitur menarik pun akhirnya ditambahkan. Kapasitas grup dalam aplikasi ini bisa menampung anggota 300 orang, sehingga tentu sangat membantu para komunitas.

11. Friendster

aplikasi-chatting-jadul

Friendster merupakan aplikasi yang saat ini hampir seperti Facebook. Sebelum hadirnya media sosial karya Mark Zuckerberg, hari-hari anak muda tanah air senantiasa diisi dengan Friendster. Tak ayal jika dalam survei 2008 PT Newswire telah mengabarkan bahwa Friendstre adalah situs sosial online terpouler di Indonesia dengan unique visitors perbulannya mencapai angka 4 juta.

Baca Juga : Panduan Lengkap Menjadi Facebook Gaming Creator, Gaji Hingga Ratusan Juta Perbulan!!!

Fitur yang menarik adalah salah satu hal yang menyebabkan aplikasi ini sangat booming. Diantaranya penggunanya dapat mengganti tema dan menambahkan aksesoris yang keren pada akunnya, selain itu mereka juga bisa dengan mudah mengetahui siapa saja pengguna lain yang mengunjungi profilnya.

Penutup

Nah, dari sekian banyak aplikasi chatting jadul yang telah dijelaskan di atas, kamu pernah menggunakan yang mana? Tentunya saat ini sangat berbeda dengan masa itu. Aplikasi chatting yang ada sekarang ini malahan memiliki fitur yang lebih canggih dan juga lebih menyenangkan. Meski begitu, tanpa kehadiran layanan pesan instan di atas, maka aplikasi chatting yang ada sekarang ini tak akan pernah ada. Semoga dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *