17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik, Ringan dan Gratis

  • Whatsapp
Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Aplikasi Edit Video PC Terbaik – Di era canggih teknologi seperti saat ini semakin banyak pula orang yang tertarik dengan dunia youtube. Bagaimana tidak ? Rupanya, youtube menawarkan berbagai konten video menarik seperti vlog di dalamnya yang mampu membuat para penonton terhibur.

Para youtuber dapat bebas berekspresi menggunakan video untuk meningkatkan penghasilan mereka. Semakin banyak kemudahan dalam membuat konten video, maka tentu saja perangkat lunak untuk edit video mereka memiliki kualitas yang tinggi.

17 Aplikasi Edit Video PC Terbaik untuk YouTuber

Jika saat ini anda baru memasuki dunia peryoutuban dan ingin membuat konten youtube namun bingung untuk mengedit video, maka anda tidak perlu bingung lagi. Biasanya, sebagian pengguna banyak yang mengeluhkan aplikasi edit video untuk PC yang populer memiliki harga yang cukup mahal. Padahal saat ini terdapat banyak aplikasi atau software edit video untuk PC yang mudah anda gunakan secara gratis. Apa sajakah itu ? Langsung saja simak uraian di bawah ini ya!

1. AVS Video Editor

Aplikasi edit video gratis untuk PC yang pertama adalah AVS Video Editor. Aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi yang ringan karena tidak memakan banyak tempat. Salah satu fitur unggulannya yaitu Video Cache, yang mana dengan fitur ini anda bisa mengedit video Full HD dengan praktis. Fitur lainnya yang bisa anda manfaatkan seperti menaruh teks pada video, memotong video, menyematkan audio serta tersedia 300 efek dan transisi yang dapat anda gunakan. Menarik bukan ?

2. Avidemux

Jika Anda baru pemula dalam mengedit video, Avidemik adalah salah satu aplikasi edit video PC terbaik yang bisa dipilih. Aplikasi ini sangat mudah digunakan sekali pun oleh para pemula. Bahkan tanpa harus membaca pedomannya sekali pun para pengguna akan dapat dengan mudah menguasai aplikasi ini.

Avidemux dapat  menghasilkan editan video yang berkualitas. Di dalamnya terdapat berbagai menu dasar seperti pemotongan, penyaringan, hingga pengkodean.

3. Blender

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Blender adalah salah satu aplikasi edit video gratis terbaik yang tersedia untuk para pengguna Windows, Mac, maupun Linux. Aplikasi ini termasuk sebuah program open source sehingga dapat digunakan sepenuhnya secara gratis.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap, dan sering digunakan untuk membuat animasi 3D oleh para penggunanya. Selain dapat digunakan untuk kalangan profesional, pengguannya yang mudah juga membuat para pemula lebih mudah untuk menguasainya. Selain fitur yang sedikit rumit seperti video masking, aplikasi ini juga menghadirkan berbagai fitur sederhana seperti fitur pemotong video.

4. Cinelerra

Cinnerela adalah salah satu aplikasi edit video PC terbaik yang terus mengalami perkembangan sejak tahun 1998 silam. Usianya  yang cukup lama membuatnya memiliki bekal yang cukup untuk menghadirkan aplikasi yang senantiasa dapat menjawab kebutuhan para pengguna sesuai zamannya.

Tak heran jika dari dulu hingga kini Cinelerra selalu digunakan oleh para editor video. Dilengkapi berbagai fitur bermanfaat tentu pekerjaan Anda akan semakin menarik dan cepat terselsaikan dengan baik.

5. Corel Video Studio

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Corel Video Studio merupakan salah satu aplikasi edit video favorit yang banyak digunakan oleh para pengguna PC maupun laptop. Selain ringan digunakan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat seperti menggabungkan video, memotong video, hingga menambahkan berbagai efek suara dengan mudah.

Baca Juga : 8 Aplikasi Edit Video Android Terbaik untuk YouTuber Pemula dan Profesional

6. DaVinci Resolve

Salah satu aplikasi edit video yang sangat maju dan modern adalah Davinci Resolve. Meski dilengkapi dengan berbagai fitur video profesional, namun secara umum penggunaan aplikasi ini terbilang mudah. Selain dapat digunakan untuk memotong video, melalui aplikasi ini Anda juga bisa menguasai audio dan warna yang benar.

Dengan menggunakan DeVinci Resolve Anda juga akan bisa menambahkan judul 2D maupun 3D ke video yang diedit. Kelebihan lain dari aplikasi ini diantaranya adalah pengeditan multicam, pemangkasan tingkat lanjut, koreksi warna, hingga penguasaan audio yang canggih.

7. Freemake Video Converter

Yang ketujuh, masih dengan aplikasi gratis edit video untuk PC adalah Freemake Video Conventer. Aplikasi ini dirancang untuk dapat mengubah format video dan editing sederhana. Untuk fitur editing, anda bisa gunakan untuk menggabungkan, merotasi serta memotong video. Dan keunggulan Freemake Video Converter ini ialah dapat mengkonversi lebih dari 500 format file video.

8. HitFilm Express

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

HitFilm Express juga bisa menjadi salah satu aplikasi editor video gratis untuk anda pilih. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur dasar seperti memotong video dan editing audio, filter untuk video dan audio, compositing tools, layers, masking dan dukungan untuk video 3D, serta menyediakan lebih dari 180 efek khusus.

9. iMovie

Nah, jika anda salah satu pengguna Mac, pasti sudah sangat familiar bukan dengan aplikasi iMovie ? Aplikasi yang satu ini rupanya snagat intuitif dan mudah digunakan, sehingga menjadi favorit pilihan bagi mereka yang ingin belejar dasar video editing. Namun karena fitur pada iMovie masih terbilang dasar, maka bagi pengguna yang sudah profesional akan merasa fitur dalam aplikasi ini sedikit terbatas.

10. Kdenlive

Aplikasi edit video PC terbaik berikutnya yang kita bahas adalah Kdenlive. Aplikasi ini adalah perangkat lunak pengedit video open-source yang dapat digunakan oleh penguna Windows, Linux, maupu Mac.

Aplikasi ini menggabungkan antara editor video entry-level yang sederhana dengan sederet alat pengeditan canggih yang biasanya digunakan oleh editor video profesional. Dilengkapi juga dengan berbagai fitur menarik, diantaranya timeline multi-track yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengimpor berbagai klip audio dan video ke time line.

11. Lightworks

Selanjutnya, Lightworks juga termasuk dalam jajaran aplikasi edit video gratis untuk PC dengan fitur yang cukup legkap dan juga tersedia untuk Windows, Linux dan Mac. Beberapa fitur canggih di dalamnya seperti memotong video dengan presisi, dukungan untuk banyak format video, dukungan untuk multicam dan lain sebagainya.

12. Openshot

Jika dibandingkan iMovie Openshot ini lebih memilih banyak fitur, misalnya saja seperti pencampuran audio dan lapisan tanpa batas. Memiliki antar muka yang sederhana, aplikasi ini mampu menyeimbangkannya dengan sederet fitur canggih yang dimilikinya. Ketika Anda membuat transisi diantara klip ia juga dapat menunjukan petunjuk waktu yang benar-benar nyata.

Selaun memiliki fitur trek atau lapisan tak terbatas, beberapa fitur yang dimilikinya antara lain adalah pengubah ukuran klip, pemangkasan, penskalaan, rotasi, gertakan, pengomposisian,tanda air, overlay gambar, template judul, pembuatan judul, subtitel judul 3D, time lanjutan, dan lain sebagainya.

13. Pinnacle Studio

Aplikasi edit video PC terbaik gratis berikutnya adalah Pinnacle Studio. Seperti aplikasi yang lainnya, aplikasi ini juga sangat ringan. Aplikasi ini juga dilengkapi banyak fitur keren yang sangat menarik saat digunakan. Salah satu alasan aplikasi ini banyak digunakan adalah karena hasil dari kualitas rendernya yang tinggi.

14. VideoPad

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Bagi Anda yang baru mengenai dunia pengeditan video multimedia, Video Pad adalah salah satu aplikasi yang cocok untuk digunakan. Aplikasi begitu sempurna untuk digunakan siapapun yang ingin mencoba mengatur komposisi video dengan tepat, selain sederhana dalam penggunaaannya pun terbilang sangat mudah.

Beberapa fitur yang dimiliki VideoPad diantaranya adalah mengurangi goyangan kamera, pengeditan video 3D, perpustakaan efek suara, perpustakaan transisi yang telah dibuat sebelumnya, hingga ekspor film dalam berbagai resolusi. Canggihnya lagi melalui aplikasi ini, Anda juga mengekspor video ke YouTube maupun platform sosial yang lainnya.

15. VirtualDub

VirtualDub adalah aplikasi edit video gratis untuk PC yang menggunakan basis Windows. Selain mudah penggunaannya pun tidaklah ribet. Fitur keren yang dimilikinya diantaranya adalah mengganti hingga menghapus audio. Terdapat juga fitur rekaman langsung dari PC sehingga sangat memudahkan Anda untuk bisa langsung mengeditnya.

16. VSDC Video Editor

VSDC Video editor adalah salah satu aplikasi edit video PC terbaik yang dilengkapi dengan berbagai jenis fitur, misalnya saja seperti efek transisi, overlay, dan juga kemampuan koreksi warna. Aplikasi ini dirancang agar penggunanya dapat mengedit video dengan lancar, sehingga pemula sekali pun dapat menikmati proyek media kreatif.

Semua file media pouler pun dapat ditangani dengn mudah, sebab VSDC Video Editor sudah mendukung format lebar. Untuk dapat mengkonversi format video atau pun audio ke format lain secara bebas, pengguna juga bisa memanfaatkan alat konverter video bawaan yang dimilikinya. Anda juga bisa langsung mengekspor video ke YouTube, Instagram, maupun Facebook.

17. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker merupakan aplikasi edit video gratis yang biasanya merupakan bawaan dari Windows. Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Dengan menggunakannya Anda bisa menambahkan efek judul, musik latar belakang, transisi ke video, timeline yang mudah digunakan untuk menambahkan klip, dan memiliki fungsi dasar seperti memotong, gerak lambat, mempercepat, hingga pratinjau pemutaran video.

Itulah ke-17 aplikasi edit video gratis untuk PC yang bisa Anda coba. Sebenarnya, masih terdapat beberapa aplikasi edit video PC terbaik lainnya yang bisa digunakan secara gratis di PC Anda. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *