9 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik untuk Membuat Hidup Makin Terarah Menuju Sukses

  • Whatsapp
Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

Aplikasi perencanaan keuangan terbaik sangat dibutuhkan agar keuanganmu semakin tertata. Sebab sebesar apapun pendapatan yang dimiliki, semua bisa berlalu begitu saja jika tanpa ada sebuah perencanaan yang matang. Berbagai aset yang bisa kamu miliki, yang kemudian bisa mengantarkanmu pada keadaan kaya raya adalah jika kamu mampu mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik.

Di tahun 2020 ini, tentunya banyak orang yang memiliki resolusi dalam hidup mereka. Seperti misalnya ingin membeli rumah, mobil, membahagiakan orang tua dengan berlibur dan sebagainya. Namun, hal itu tentu tak bisa terjadi apabila perencanaan keuangan tidak tepat sama sekali. Tanpa merencanakan keuangan dengan baik, maka kita akan cenderung membeli apa saja yang diinginkan dan bukannya apa yang dibutuhkan.

Baca Juga : 3 Cara Mencari Uang di Internet dengan Mudah dan Cepat

Kebiasaan yang tidak begitu baik tersebut akan membuat kita sulit untuk menabung dan mewujudkan segala resolusi di tahun 2020 ini. Maka sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk menginstall aplikasi perencanaan keuangan terbaik di ponsel pintar milikmu. Tentu tak lain agar uang yang kamu keluarkan tidak terhambur dengan sia-sia. Nah, kalau begitu berikut ini adalah beberapa aplikasi keuangan dengan segala fiturnya yang bisa kamu pahami dengan baik. Ayo simak!

Manfaat Perencanaan Keuangan Keluarga

manfaat perencanaan keuangan keluarga

Sebelum membahas aplikasi perencanaan keuangan terbaik, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu manfaat perencanaan keuangan itu sendiri, baik bagi keluarga maupun kelangsungan bisnis nantinya. Adapun beberapa manfaat perencanaan keuangan keluarga adalah sebagai berikut:

Keuangan Semakin Terarah

Manfaat perencanaan keuangan yang pertama adalah uang yang kita miliki penggunannya akan menjadi terarah. Dengan melakukan perencanaan, kita akan paham dengan baik apa yang kita butuhkan untuk jangka pendek dan panjang, sehingga keuangan kita lebih tertata.

Perencanaan keuangan juga akan membuat kita lebih pandai dalam mengelola dan mengontrol keuangan, sehingga uang yang dimiliki akan benar-benar ada hasilnya, baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Meminimalisir Terjadinya Pengeluaran Tidak Penting

Seperti kita tahu, uang terkadang terasa cepat habisnya. Berbagai produk yang dipajang atau dipasarkan secara online, membuat begitu dengan mudah menyihir hati dan pikiran untuk membelinya, terlebih saat kita memegang uang. Kita perlu rem, sehingga uang yang kita miliki tidak tiba-tiba habis hanya karena pengeluaran yang tidak penting, dan salah satu rem terbaik adalah dengan merencanakan keuangan.

Meminimalisir Terjadinya Kesulitan Keuangan di Masa yang Akan Datang

Boros atau pun sering mengeluarkan uang tanpa perencanaan akan membuat uang yang dimiliki cepat habis. Dampaknya selain bisa menganggu kehidupan hari ini, di masa depan kamu juga bisa mengalami kesulitan keuangan, baik karena menyebabkan tidak memiliki tabungan hingga memicu hutang.

Melalui perencanaan keuangan, kita akan semakin bijak dalam mengeluarkan uang. Hal ini karena selain memikirkan hari ini, dalam rencana tersebut kita juga tentu memikirkan kondisi keuangan kita di masa yang akan datang.

Semakin Mudah Meraih Hal-Hal Besar

Dengan senantiasa memiliki rencana keuangan, maka kita akan semakin tertata dalam menjalani hidup. Memiliki berbagai target bisnis maupun investasi, hingga akhirnya setiap waktunya uang yang kita miliki bisa senantiasa menghasilkan sesuatu.

Percayalah bukan hanya karena pendapatan besar seseorang bisa menjadi kaya raya, namun lebih penting dari itu ada perencanaan keuangan dan komitmen kuat di dalam dirinya. Tanpa perencanaan yang tepat, uang sebanyak apapun tentu bisa habis dengan mudah tanpa meninggalkan bekas.

Baca Juga : 6 Aplikasi Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu di Tahun 2020

9 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

Sebenarnya masih ada banyak manfaat perencanaan keuangan itu, namun gambaran di atas tentu sudah bisa menunjukan akan betapa berperan pentingnya perencanaan keuangan itu. Untuk memudahkan kamu dalam merencanakan keuangan, berikut 9 aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa kamu coba salah satunya.

Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

1. AndroMoney

Tampilan yang simpel menjadi ciri khas dari aplikasi perencanaan keuangan yang satu ini. AndroMoney sendiri memang ditujukan untuk para pengguna Android supaya dapat mempermudah dalam mengelola uang pribadi untuk kehidupan sehari-hari. Kamu bahkan bisa melacak pengeluaran dan juga pemasukan keuangan dengan baik menggunakan aplikasi satu ini.

Rilis pada 16 Juli 2011 lalu, tentu peminat dari aplikasi ini sangatlah banyak. Sebab, unduhannya saja sudah mencapai 1 juta lebih di Google Play Store. Adanya password protection pada aplikasi ini membuatnya tak sembarangan bisa diakses oleh orang lain. Jika kamu khawatir data akan hilang, maka lakukan back up ke layanan Cloud Storage seperti contoh saja Google Docs atau Dropbox.

2. Finansialku

Finansialku adalah salah satu aplikasi perencanaan keuangan terbaik berikutnya yang harus kamu coba. Hadir dengan berbagai keunggulan tentu kamu akan puas saat menggunakannya. Melalui aplikasi ini kamu bisa merasakan manfaat mengatur keuangan, mulai dari keperluan pendidikan, membeli produk, hingga membeli kendaraan.

Melalui fitur yang dimilikinya, kamu bisa mengatur harga dan periode waktu untuk pembeliannya. Setelah itu salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik ini, akan menghitung total biaya yang dibutuhkan, serta mencatat progres  tabungan untuk dapat membeli suatu target pembelian.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi yang mendasar,misalnya saja seperti mencatat transaksi. Melalui aplikasi ini, pengguna juga bisa menambahkan dokumen pendukung seperti foto maupun lokasi dimana masing-masing transaksi tersebut. Selain versi gratis aplikasi ini juga menyediakan versi langganan, baik untuk perbulan maupun pertahun. Berbagai fitur berbayar tetap bisa dinikmati secara gratis selama 30 hari pemakaian. Mengingat keunggulan yang dimilikinya, tentu tidak masalah jika harus mengeluarkan biaya langganan sekitar Rp. 350.000/ tahun, atau Rp. 35.000 jika ingin langganan perbulan.

3. Money Manager

Dengan aplikasi pengatur keuangan terbaik yang satu ini, maka aktivitas keuanganmu bisa dilacak dengan sangat gampang serta lebih efisien. Tak hanya itu saja, desainnya pun sangat sederhana sehingga memudahkan para penggunanya untuk memakai aplikasi satu ini. Money Manager sendiri rilis pada tahun 2018 yang lalu dan dalam jangka waktu satu tahunan lebih bisa memperoleh 1 juta unduhan di Play Store.

Kamu bisa mengecek laporan keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran dalam periode waktu tertentu. Jangan khawatir akan lupa, dikarenakan aplikasi ini akan mencatat seluruh transaksi keuangan dengan sangat teliti setiap harinya. Jadi, kamu tak perlu kesusahan dalam mencatatnya dengan cara manual.

4. MoneyWiz

Aplikasi perencanaan keuangan terbaik berikutnya adalah MoneyWiz. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang membutuhkan aplikasi yang bisa membantu merencanakan keuangan dengan lebih rinci. Misalnya saja, kamu bisa membuat laporan keuangan dengan format PDF maupun CSV untuk keperluan data, baik untuk membandingkan anggaran maupun sebagai uraian transaksi dari masing-masing merchant, atau penerima uang lainnya.

Agar lebih mudah dalam mencatat setiap transaksi yang ada, kamu dapat mengelompokan suatu transaksi pada beberapa kategori. Misalnya jika kamu memesan makanan via pesan antar online, kamu bisa langsung mencatat harga makanan tersebut dengan kategori makanan, serta biaya ongkos kirim dalam katagori transport sehingga tidak harus membuat dua catatan berbeda.

Selain versi gratis, salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik ini juga memiliki versi berbayarnya. Adapun biaya langganannya adalah Rp. 49.000 jika perbulan, dan Rp. 499.000 jika langganan pertahun. Dalam versi berbayar ini, dilengkapi beberapa fitur tambahan misalnya saja seperti sinkronisasi akun berbasis Salt Edge dengan online banking (Mandiri, BCA, Danamon dan juga Mandiri). Dengan hal ini setiap transaksi yang kamu lakukan melalui rekening tersebut, akan langsung otomatis tercatat dalam aplikasi.

5. Spendee

Kemudian ada lagi aplikasi perencanaan keuangan terbaik yang lainnya yaitu Spendee. Kamu bahkan tak hanya bisa melacak pemasukan dan juga pengeluaran dengan mudah, akan tetapi bisa juga masuk ke akun bank kamu dengan sangat aman. Itulah alasan mengapa aplikasi yang rilis pada tahun 2013 ini sudah mencapai lebih dari 1 juta unduhan di Play Store saja.

Di aplikasi pengatur keuangan terbaik ini, kamu juga bisa membuat sebuah rencana budget per bulan. Contohnya saja untuk makanan saja kamu menetapkan budget 1 jutaan per bulannya, maka jika melebihi budget yang ditentukan, akan ada notifikasi yang masuk dan bisa membuat kamu lebih mengontrol diri. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini di luar negeri, maka tak perlu khawatir. Karena Spendee sendiri mempunyai beragam mata uang yang bisa digunakan.

6. Teman Bisnis

Teman bisnis adalah salah satu aplikasi perencanaan keuangan terbaik yang sangat cocok untuk kamu yang sedang memulai bisnis. Hal ini karena aplikasi dari Badr Interactive memang dikhususkan untuk mengatur keuangan bisnis.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran bisnis kamu dari berbagai sumber yang ada. Agar semakin mudah saat melacak transaksi yang terjadi, kamu dapat mengelompokan masing-masing sumber menjadi beberapa kategori berbeda. Selain mencatat transaksi tunai, melalui aplikasi ini kamu juga bisa mencatat transaksi yang dilakukan secara kredit atau hutang.

Menariknya lagi, selain mencatat keuangan aplikasi pengatur keuangan terbaik ini juga dapat dengan otomatis menghitung berbagai kategori laporan lainnya, misalnya saja laporan laba maupun rugi, utang piutang, maunpun pertumbuhan khas berdasarkan skala waktu tertentu. Bagi pemula tentu akan semakin terbantu, apalagi di aplikasi Teman Bisnis, juga ada berbagai konten kelas mikro yang menghadirkan berbagai artikel menarik, khususnya dalam hal informasi dan panduan terkait pengelolaan bisnis.

7. UangKu

Uangku adalah salah satu aplikasi perencanaan keuangan terbaik yang sangat cocok digunakan oleh para pemula. Aplikasi yang dirilis developer ODT Indonesia ini sangat mudah dipahami. Hal ini karena fungsi pengatur keuangannya sangat sederhana, namun tetap terstruktur dan rinci.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik ini, kamu diminta untuk mematok target pengeluaran dan tabungan selama sebulan. Kemudian aplikasi akan langsung menghitung batas maksimal penggunaan uang kamu perharinya sehingga bisa mencapai target yang diharapkan. Selain mencatat transaksi yang pernah terjadi, kamu juga  bisa melakukan pencatatan terhadap rencana pemasukan dan penguaran di masa mendatang.

Setiap pengeluaran maupun pemasukan yang telah kamu catat, dapat kamu kategorikan dalam masing-masing kategori berbeda-beda sesuai tujuan maupun sumbernya, misalnya seperti gaji, belanja, transport, makan minum dan lainnya.  Agar semakin mudah dalam  melacak keuangan, aplikasi ini juga menjajikan daftar transaksi harian maupun bulanan dalam fitur statistik dan juga kalender.

8. Wallet

Wallet adalah salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik yang telah dilengkapi fitur pengatur keuangan seperti pada umumnya, contohnya saja pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual. Agar semakin mudah dalam mengimpor data transaksi maupun rekening dari file Excel atau CSV.

Walet juga hadir dengan fitur perencanaan pembayaran ďi masa yang akan datang, yang dilengkapi dengan fitur pengingat agar pengguna tidak lupa. Selain versi gratis ada juga versi berbayarnya. Cukup dengan membayar Rp. 379.000 maka kamu sudah bisa berlangganan Walet seumur hidup, namun jika ingin langganan perbulan maka bisa membayar Rp. 28.000.

Dengan membayar biaya langganan, maka akun Walet kamu akan bisa langsung sinkron dengan akun oline banking yang kamu miliki seperti BCA, Danamon, maupun Bank Mandiri. Fitur sinkronisasi ini hadir melalui Salt Edge, agregator data perbankan bersertifikasi ISO 27001 yang telah terkoneksi dengan sekitar 3.000 lembaga keuangan dari lebih 60 negara.

9. Daily Expenses License

Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Aplikasi pengatur keuangan terbaik yang terakhir kita bahas adalah Daily Expenses License. Aplikasi berbayar ini memiliki berbagai kelengkapan fitur yang memadai.

Dengan biaya Rp. 43.000 kamu sudah bisa mendapatkan layanan memuaskan dari Daily Expenses License. Dengan menggunakannya maka kamu akan mendapatkan segala bentuk laporan pengeluaran dengan cermat, dan kamu bisa menikmati fitur lainnya sesuka hati.

Penutup

Aplikasi pengatur keuangan memang sangat diperlukan dewasa ini, sebab tanpa sebuah perencanaan yang baik uang yang kita miliki bisa dengan mudah digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Gaya hidup dan berbagai produk baru, memang tak jarang membuat orang banyak yang lupa. Selain sebagai pengingat, rencana keuangan juga diutuhkan agar kita semakin cepat dan efektif dalam meraih berbagai cita-cita.

Selain untuk kepentingan bisnis, keluarga juga membutuhkan perencanaan keuangan untuk keperluan dalam berbagai bidang.

Merencanakan keuangan dengan baik dan menabung akan membuat hidup jadi lebih mudah. Selain itu, kita jadi terbiasa untuk tidak menghamburkan uang dengan seenaknya. Maka dari itu, penting sekali adanya aplikasi perencanaan keuangan terbaik seperti yang telah disebutkan di atas. Yuk coba salah satunya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *