15 Aplikasi Untuk Tidur, Penting Dimiliki Kamu yang Sering Insomnia

  • Whatsapp

Aplikasi untuk Tidur tentu penting untuk diketahui, sebab kesulitan tidur memang bisa dialami oleh siapa saja. Tak peduli remaja ataupun dewasa, hampir semuanya pasti pernah mengalami hal ini. Untuk beberapa orang mengatasi kesulitan tidur ini bisa dengan berolahraga dan juga memperbaiki pola makan dan menjaganya lebih teratur lagi. Namun, hal itu tidak berlaku untuk sebagian orang yang lainnya lagi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada saat ini, banyak orang mulai kreatif dan membuat berbagai aplikasi untuk membantu masalah sulit tidur ini. Aplikasi yang dimaksud dapat membantu kamu agar bisa tidur lebih nyenyak lagi. Penasaran dengan seberapa efektif aplikasi tersebut? Yuk unduh langsung beberapa rekomendasinya di bawah ini!

Pengertian Insomia dan Pentingnya Aplikasi untuk Penderita Insomnia

Sebelum membahas aplikasi untuk penderita insomnia, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian insomnia itu sendiri. Diansir dari aladokter.com Insomnia adalah suatu gangguan yang mengakibatkan penderitanya mengalami kekurangan waktu tidur atau sulit untuk tidur, meskipun ada banyak waktu untu bisa melakukannya. Gangguan tidur ini akhirnya dapat membuat penderitanya kurang prima untuk melakukan aktivitas di esok harinya.

Insomnia sendiri ada dua tipe, yaitu primer dan skunder. Insomnia primer adalah gangguan tidur yang tidak ada hubungannya dengan suatu kondisi medis yang lainnya. Sedeangakan yang dimaksud insomnia skunder yaitu suatu gangguan tidur yang disebabkan oleh gangguan kesehatan yang lainny, seperti kanker, refluks asam lambung, asma, atau pun radang sendi. Jenis insomnia ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol atau pun obat-obatan.

Gejala Insomnia

Insomnia ini ditandai oleh tidur yang tidak bisa nyeyak atau sulit untuk tidur. Dampaknya penderita cendrung mudah marah atau pun depresi. Gejala tersebut juga dapat memicu gejala lain, misalnya mengantuk di siang hari, mudah lelah dan sulit fokus dalam beraktifitas, menimbulkan gangguan fisik maupun mental, menurunkan daya ingat hingga gairah sex.

Penyebab Insomnia

pengertian insomnia

Insomnia yang bisa dialami oleh siapapun ini, biasanya disebabkan oleh stres, depresi, gaya hidup tidak sehat, hingga pengaruh obat-obatan tertentu. Cara mengatasi insomnia ada beberapa cara bisa menggunakan terapi perilaku kognitif, menggunakan obat-obatan, atau pun dengan kombinasi dari keduanya.

Baca Juga : Aplikasi Kesehatan Terbaik SehatQ, Bisa Chat dan Booking Dokter

Cara Mencegah Insomnia

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mencegah insomnia adalah sebagai berikut:

  • Hindari menganggur saat siang hari sehingga dapat terhindar dari tidur siang, terutama tidur siang yang terlalu lama.
  • Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman terlalu banyak saat menjelang waktu tidur.
  • Batasi jumlah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau pun alkohol.

15 Aplikasi untuk Tidur

Salah satu upaya jitu yang bisa kamu lakukan untu mengatasi insomnia adalah dengan menginstal aplikasi khusus di smartphone. Setidaknya ada 15 aplikasi untuk penderita insomnia terbaik yang bisa kamu coba, yakni sebagai berikut :

1. Calm

aplikasi untuk tidur

Aplikasi untuk tidur ini memang tak jauh beda dengan Headspace. Di mana di dalam sini kamu juga akan menemukan berbagai panduan untuk melakukan meditasi yang membuat kecemasan, stres dan beberapa beban pikiran yang kita rasakan jadi sedikit berkurang.

Namun, tak hanya itu saja yang kamu dapat. Di sini pun ada pula topik mengenai fokus dan konsentrasi, tentang rasa bersyukur, kepercayaan diri, tentang memaafkan, dan semacamnya. Ada pula dongeng yang bisa kamu dengarkan sebagai pengantar tidur. Jelas sekali bahwa aplikasi ini memang lengkap dan menarik.

2. Headspace

aplikasi untuk tidur

Rekomendasi kedua aplikasi untuk tidur selanjutnya adalah Headspace. Kamu juga akan diberikan cara-cara dan panduan dalam melakukan meditasi. Menariknya, meditasi tersebut tersedia dalam beragam topik seperti misalnya untuk manajemen stres, kesehatan fisik, mengurangi kecemasan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Smartband Terbaik untuk fashion dan Kesehatan

Fitur Sleep Music yang ada di dalamnya dapat membantumu tidur lebih lelap. Tujuan dari adanya aplikasi ini memang untuk mengurangi stres yang dirasakan penggunanya dan membuat mereka lebih fokus serta merasa lebih tenang. Dengan begitu, diharapkan pengguna aplikasi ini bisa mudah untuk tertidur.

3. Inscape

aplikasi untuk tidur

Inscape adalah salah satu aplikai untuk penderita insomnia agar bisa tidur lebih cepat. Aplikasi ini merupakan aplikasi meditasi yang memakai relaksasi progresif, musik dan suara yang menenangkan sehingga dapat mempercepat proses tidur seseorang. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iOS, dimana dapat diunduh secara gratis serta memiliki opsi pembelian di dalamnya.

4. Nature Sounds Relax & Sleep

aplikasi untuk tidur

Aplikasi untuk penderita insomnia berikutnya adalah Nature Sounds Relax and Sleep. Aplikasi ini menggunakan suara alam untuk membantu proses tidur penggunanya, dengan hal ini maka pikiran akan lebih tenang, rileks, dan santai, hingga tidur pun bisa lebih nyenyak.

Aplikasi yang hanya ditunjukan untuk pengguna Android ini, bisa diunduh secara gratis dan ada opsi pembelian di dalamnya.

5. Noisli

aplikasi untuk tidur

Apabila kamu seseorang yang tidak bisa tidur tanpa mendengarkan suara-suara tertentu, maka aplikasi untuk tidur yang satu ini akan membantumu. Ada berbagai macam suara yang bisa kamu dengarkan mulai dari suara angin, guntur, suara hujan, kicau burung dan lain sebagainya. Kamu pun dapat mengunduhnya dengan mudah dari perangkat Android maupun iOS.

Rekomendasi Kami : 15 Gadget Penting yang Harus Kamu Bawa Saat Traveling, Sudah Punya Semua?

Suara-suara tersebut menghasilkan efek yang sangat menenangkan. Selain itu, apabila diputar saat kamu beraktivitas, maka kamu bisa jadi lebih fokus dan dapat meningkatkan produktivitas. Sayangnya, untuk mengakses aplikasi Noisli, kamu harus membayar sekitar 29.000 rupiah. Tertarik?

6. Pzizz

Aplikasi untuk Penderita Insomnia

Pizz adalah aplikasi untuk pendetita insomnia yang patut kamu coba saat mengalami kesulitan tidur.

Menggunakan penggunaan urutan suara, aplikasi ini dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur para penggunannya. Dengan menggunakannya kamu dapat tertidur dengan perasaan yang begitu rilax. Sama seperti aplikasi sebelumnya, selain dapat diunduh secara geatis oleh pengguna Android dan IOS, di dalam aplikai ini juga ada opsi pembelian.

7. Rain Rain Sleep Sounds

Aplikasi untuk Penderita Insomnia

Hujan yang turun dengan lembut akan membuat suasana hati menjadi tenang dan nyaman. Tak ayal jika hujan turun di malam hari, tidur pun akan terasa lebih mudah dan nyenyak.

Meskipun kita tidak bisa memastikan hujan turun di malam hari, namun dengan adanya aplikasi Rain Sleep Sound maka suara hujan yang alami dan jernih pun, bisa kita dengarkan dan rasakan kapanpun. Selain suara hujan aplikasi ini juga memiliki berbagai suara alami lainnya, misalnya saja suara petir atau pun gelombang laut.

8. Relax Melodies

Aplikasi untuk Penderita Insomnia

Aplikasi untuk penderita insomnia ini sangatlah berkualitas. Pasalnya aplikasi Relax Melodies ini telah dilengkapi dengan suara rekaksaksi sebanyak 100 levuh, white noise, binaural beats, serta melodi yang begitu mendamaikan.

Aplikasi untuk tidur gratis ini, juga memiliki program meditasi untuk dapatkan meningkatkan kualitas tidur. Jika ingin memperbanyak koleksi konten di dalamnya, kamu juga bisa menggunakan opsi pembelian dalam aplikasi ini.

9. Sleepio

Aplikasi untuk Penderita Insomnia

Aplikasi untuk penderita insomnia berikutnya adalah Sleepio. Menggunakan program dengan basis bukti, masalah susah tidur pun akan dapat terbantu karenanya.

Selain lebih cepat tertidur, tidur penggunannya juga tentu bisa lebih nyenyak. Selain ďapat diunduh secara gratis, pengguna juga bisa melakukan pembelian dalam aplikasi sesuai kebutuhannya.

10. Sleep By Headspace

 

Sleep by Headspace adalah aplikasi untuk penderita insomnia, yang dirancang untuk membantu menghadirkan tidur yang lebih menenangkan, dan optimal.

Selain untuk pengguna iOS, aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna Android. Selain gratis ada juga opsi pembelian yang disediakan khusus untuk kamu yang ingin bisa merasakan pelayanan lebih.

11. Sleep Genius

Aplikasi untuk Penderita Insomnia

Aplikasi Sleep Genius tentu merupakan aplikasi canggih, sebab awal pengembangannya dengan penelitian yang ditujukan unyuk membantu para astronot NASA ahat bisa tertidur.

Dalam proses kerjanya, aplikasi ini memanfaatkan suara yang dapat membantu untuk memandu otak penggunanya melalui siklus tidur yang lebih lengkap. Dengan hal ini, maka pengguna bisa tidur lebih cepat, lebih berkualitas, dan terbangun saat kondisi tubuh sudah benar-benar optimal.

Sayangnya tidak ada opsi gratis di dalamnya, untuk dapat menikmati aplikasi canggih ini pengguna harus membayar terlebih dahulu.

12. Sleep Time

cara mengatasi insomnia dengan aplikasi

Sleep Time adalah aplikasi untuk penderita insomnia, yang dapat membantu melacak siklus tidur penggunanya yang telah dipersonalisasikan.

Aplikasi ini menghadirkan suara yang lembut untuk membantu kamu tertidur. Saat bangun pun perasa akan lebih baik, sebab dibangunkan dengan jam alarm fase tidur, yaitu saat tidur sudah benar-benar optimal. Melalui fitur analisis tidur pengguna juga akan memperoleh analisis sesi tidurnya secara terperinci.

Selain dapat digunakan secara gratis untuk pengguna iOS dan Android, kamu juga bisa menggunakan opsi pembelian untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

13. Slumber Time

cara mengatasi insomnia dengan aplikasi

Salah satu aplikasi untuk tidur yang direkomendasikan ini hanya tersedia di iOS, jadi kamu tak akan bisa menemukannya di Google Play Store. Di dalam aplikasi ini, kamu akan bisa menemukan cara untuk melakukan meditasi, suara yang menenangkan atau juga cerita-cerita pengantar tidur.

Selain itu, untuk suara latarnya, kamu bisa memilih suara hujan atau deburan ombak agar dapat membuatmu lebih rileks. Kamu bisa mengaksesnya secara penuh, akan tetapi harus membayar sekitar $40 per tahunnya. Apakah kamu bersedia?

14. Ten Percent Happier

cara mengatasi insomnia dengan aplikasi

Selanjutnya, aplikasi untuk tidur yang sangat direkomendasikan adalah Ten Percent Happier yang sudah tersedia bagi para pengguna Android maupun iOS. Berbagai panduan meditasi juga bisa kamu dapatkan di aplikasi ini. Tentunya dengan berbagai topik ya, seperti tentang kecemasan, parenting, fokus dan lain-lain.

Ada juga panduan meditasi yang akan membuat penggunanya jadi lebih rileks serta lebih mudah untuk tidur. Semakin menarik lagi dari aplikasi ini adalah adanya podcast dari berbagai macam topik yang dapat membuatmu tenang. Akan tetapi untuk itu semua, kamu harus membayar $15 per bulan atau $100 per tahunnya.

15. White Noise ~ Sleeping Sounds

cara mengatasi insomnia dengan aplikasi

Ini adalah aplikasi untuk penderita insomnia terakhir yang akan kita bahas. White noise sendiri merupakan sebutan untuk jenis suara yang menenangkan dan dapat meningkatkan tingkat kefokusan. Suara tersebut misalnya saja seperti suara arus, atau pun suara hujan yang turun dengan merdu.

Membawa suara-suara alami, tentu hati dan pikiran pengguna akan sangat tenang saat mendengarkannya, sehingga akan dapat lebih mudah tertidur.

Penutup

Nah, demikianlah berbagai macam aplikasi untuk tidur yang bisa kamu coba. Semoga dengan adanya aplikasi tersebut, tidurmu lebih nyenyak ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *