bahaya AC untuk kesehatan

10 Bahaya AC untuk Kesehatan dan Cara Pencegahannya

Diposting pada

Membahas bahaya AC untuk kesehatan adalah informasi yang sangat menarik. Pasalnya saat ini AC sudah menjadi kebutuhan banyak orang, sehingga perlu adanya sosialisasi terkait bahaya yang turut menyertainya.

Baca Juga : 10 Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik, Cocok untuk di Rumah dan Tempat Kerja

Dengan mengetahui bahaya AC untuk kesehatan, diharapkan anda tidak hanya memikirkan kenyamanannya saja. Namun seyogyanya anda juga harus memikirkan, langkah preventif untuk menangkal berbagai bahaya yang mungkin datang.

Diera tahun 1980-an AC adalah barang yang dianggap mewah, namun seiring berjalannya waktu AC dianggap wajib dimiliki oleh sebagian orang. Tak ayal diberbagai tempat kerja, kampus, sekolah, rumah peribadatan, hingga tempat tinggal saat ini banyak sekali yang menggunakan AC. Bahkan tidak sedikit orang, dimana mereka susah sekali untuk tidur ketika di kamar tidurnya tidak ada AC atau pun AC nya rusak.

Lantas apa sajakah bahaya AC untuk kesehatan itu, dan bagaimana langkah pencegahannya? untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

10 Bahaya AC untuk Kesehatan

1. Kulit Bisa Menjadi Kering

Bahaya AC untuk kesehatan yang pertama adalah kulit bisa menjadi kering. Hal ini dikarenakan kulit yang terus-terusan terpapar AC, lambat laun akan hilang kelembabannya, sehingga bisa menjadi kering bahkan hinggga pecah-pecah. Hilangnya kelembaban kulit tersebut, adalah dampak dari suhu dingin dari AC.

Dengan hal ini, tentu kehalusan kulit pun bisa berubah menjadi kasar. Lebih dari itu, kulit wajahpun bisa mengelupas karena kekeringan, sehingga sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri anda. Mengingat hal itu, sebaiknya anda selalu menggunakan kelembabapan kulit, sehingga keadaan kulit senantiasa terjaga sekalipun terpapar suhu AC dalam waktu lama.

2. Leher Pegal dan Kaku

bahaya AC untuk kesehatan

Leher yang tegang umumnya diakibatkan karena posisi tidur yang salah. Biasanya gejala yang ditunjukan adalah leher ya g terasa sakit, terutama jika digunakan untuk menengok ke kanan dan ke kiri. Namun hal ini ternyata bukan hanya disebabkan oleh posisi tidur saja, namun juga karena AC yang terpasang di kamar tidur.

3. Sakit Kepala

bahaya AC untuk kesehatan

Sakit kepala adalah suatu penyakit yang bisa dirasakan oleh segala usia, baik orang dewasa, anak-anak, bahkan hingga seorang bayi. Penyakit ini akan sangat rentan terjadi, terutama jika suhu udara yang dihasilkan AC sangat terlalu dingin. Jika anda menggunakan suhu AC dibawah 26 derajat celcius, hal ini akan menyebabkab penyumbatan ringan pada aliran darah yang menuju kepala.

Sehingga tak heran, ketika anda bangun dipagi hari maka kepala akan terasa pening atau sakit. Bayi pun akan sangat rewel, sebab sakit kepala yang dirasakannya sangat mengganggu, sehingga menangis ada cara untuk mereka mengungkapkannya.

4. Meningkatkan Risiko Gangguan Saraf Wajah

Ada sebagian orang yang mengalami kelumpuhan wajah, dikarenakan ketika tidur wajahnya terus-terisan terpapar udara dingin AC. Meskipun hanya sebagian yang mengalaminya, sebagai orang yang bijak, tentu kita harus senantiasa mengantisipasi hal ini.

Pada dasarnya, kelumpuhan wajah ini sendiri bukanlah diakibatkan oleh dinginnya udara AC. Hal ini terutama diakibatkan oleh infeksi virus dari udara, yang dipaparkan oleh AC yang kotor.

bahaya AC untuk kesehatan

Penyakit yang bernama Bell’s Palsy ini biasanya adalah mata terasa pedih saat terkena air, fungsi pengecapan berkurang, bicara pelo, dan mulut menjadi miring.

5. Dapat Menyebabkan Gangguan Pernapasan

Meskipun kelihatannya sepele, namun salah satu bahaya AC untuk kesehatan ini tidak bisa dianggap remeh. Saat anda tidur di suhu udara yang sangat dingin, maka bisa menyebabkan hidung mudah tersumbat, dan mudah mengalami flu dan pilek.

Bukan hanya itu, AC bahkan dapat merubah kelembaban dan suhu ruangan secara drastis. Hal ini dapat memicu akibat yang buruk pada pernafasan seseorang. Sehingga tak heran, jika kemudian AC dapat memicu penyakit asma dan berbagai penyakit pernafasan lainnya.

6. Memicu Dehidrasi

Tidur diruangan ber- AC tak jarang akan membuat anda merasa kehausan, sehingga sering terbangun di malam hari. Itulah suatu tanda bahwa anda sedang mengalami dehidrasi.

Hal ini ternyata dikarenakan udara dingin yang dikeluarkan AC, dapat mengikat hingga menyerap cairan yang ada di dalam tubuh secara bertahap. Akibatnya ketika anda tertidur dalam ruangan ber-AC, maka akan dapat mengalami dehidrasi sehingga akan membuat anda terbanhun dengan rasa dahaga yang tinggi.

7. Dapat Menyebarkan Virus dengan Mudah

Bukan rahasia lagi, jika udara dalam ruangan ber-AC tidak mengalami pergantian. Hal ini dikarenakan alat tersebut memang harus terpasang di ruangan tertutup.

Udara yang hanya berputar dalam satu ruangan, tentu akan mudah dalam menyebarkan bakteri, kuman dan virus. Sehingga jika ada yang kena flu saja misalnya, maka virus flu tersebut akan dengan mudah berpindah dari tubuh satu ke yang lainnya.

8. Dapat Menyebabkan Gangguan pada Kandung Kemih

Gangguan pada kandung kemih dapat terjadi, terutama jika anda menggunakan AC dengan jarak yang terlalu dekat dengan tubuh, ataupun menggunakannya dengan suhu yang sangat rendah.

Saat anda tidur dalam ruangan bersuhu sangat dingin, maka kandung kemih akan terganggu kinerjanya. Hal ini akan berakibat pada hilangnya kemampuan untuk kandung kemih tersebut, dalam hal menahan air kencing sebelum waktunya dikeluarkan.

Parahnya lagi, gangguan kandung kemih ini bisa menyebabkan penderitanya mengompol. Jika tidak pun, hal ini dapat menyebabkan penderita tersebut terbangun tiba-tiba dari tidurnya saking ingin buang air kecil.

9. Dapat Menyebabkan Gangguan Reproduksi

Bahaya AC untuk kesehatan ini, mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Setiap AC yang anda gunakan, pada dasarnya senantiasa menghasilkan senyawa phthalates yang merupakan senyawa asam phatalic.

Paparan senyawa ini, ternyata dapat menyebabkan gangguan pada sisitem reproduksi, khususnya bagi kaum hawa.

10. Dapat Gangguan Kehamilan

bahaya AC untuk kesehatan

Dampak negatif dari senyawa asam phatalic, ternyata bukan hanya mengganggu reproduksi semata. Wanita yang sedang hamil hingga masa persalinannya, ternyata juga memiliki resiko mengalami gangguan karena senyawa ini.

Senyawa asam phatalic dapat mengakibatkan dampak yang buruk terhadap janin, lebih bahaya dari itu paparan senyawa ini bahkan bisa menyebabkan bayi terlahir cacat.

4. Cara Mencegah Bahaya AC

Sekalipun ada 10 bahaya AC untuk kesehatan, namun bukan berarti anda harus melepas AC dan berhenti menggunaknnya. Berikut dijelaskan 4 cara yang bisa sobat lakukan, untuk menangkal berbagai bahaya tersebut.

Gunakan Penahan Angin AC

Dengan menggunakan penahan yang terbuat dari bahan akrilik, maka alat ini akan mencegah paparan langsung udara AC ke tubuh. Sehingga dengan demikian, resiko bahaya yang disebutkan di atas pun bisa dengan mudah diminimalisir.

Atur Suhu AC Seperlunya

Sebaiknya jangan gunakan suhubudara du bawah 22 derajat celciusm Selain dapat menghemat listrik, hal ini juga bermanfaat agar tubuh kita tidak terpapar suhu dingin.

Jangan Lupa Gunakan Pelembab Kulit

bahaya AC untuk kesehatan

Pemakaian kulit wajah maupun tubuh, dapat menjaga kesetabilan kelembabapan kulit. Sekalipun udara dingin AC bisa menyerap kelembapan kulit anda, dengan cara ini maka lotion tersebut dapat menjaga kelembapan kulit secara intensif.

Gunakan Pakaian Tebal atau Selimut

Saat menggunakan AC dalam ruangan, gunakanlah pakaian cukup tebal sehingga anda tidak kedinginan. Selain itu, pakaian tersebut juga dapat melindungi kulit dari paparan langsung AC.

Saat tidur, jangan lupa gunakan juga selimut sehingga tubuh akan senantiasa terjaga dari paparan udara AC.

Referensi Kami : Ini Penyebab dan Solusi AC Anda Tidak Dingin

Demikian penjelasan lengkap mengenai bahaya AC untuk kesehatan, dan cara jitu untuk mengatasinya. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan anda senantiasa bisa menggunakan AC dengan tanpa membahayakan kesehatan sendiri.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.