Bahaya tidur dekat gadget

Waspadai! Inilah Bahaya Tidur Dekat Gadget yang Harus Anda Hindari

Diposting pada

Bahaya tidur dekat gadget  wajib kamu pahami di zaman digital ini. Gadget adalah benda yang sering kali dibawa ke mana-mana. Dari pagi hingga pagi lagi, gadget tak pernah lepas dari genggaman kita. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan benda tersebut. Mulai dari mencari informasi, melakukan pekerjaan, bermain game dan sebagainya. Bahkan tanpa sadar kita sering sekali tidur dengan gadget yang berada tepat di dekat kita.

Tidur di dekat gadget bukanlah hal yang baik, apalagi jika perangkat elektronik yang satu ini diletakkan di bawah bantal atau di samping kepala. Ada bahayanya yang harus kamu ketahui agar bisa menghindari dampak buruk yang ditimbulkan. Beberapa bahaya tidur di dekat gadget telah dirangkum dalam artikel di bawah ini. Mari simak selengkapnya!

Baca Juga : 11 Kesalahan Saat Mengecas Ponsel, Hindari Agar Selalu Awet

Bisa Menyebabkan Gangguan Sel Otak

Radiasi, adalah sesuatu yang paling ditakutkan ketika kita menggunakan gadget terlalu lama. Menurut WHO (World Health Organization) radiasi ini sangat berbahaya karena akan dapat mempengaruhi susunan saraf pada manusia. Hingga pada akhirnya nanti akan menyebabkan tumor atau kanker. Maka dari itu, bahaya tidur dekat gadget harus kamu hindari sejak dini, terutama jika kamu memiliki balita kecil atau anak-anak.

bahaya tidur dekat handphone

Sebab, pada anak-anak kulit kepala dan juga tengkorak yang mereka miliki malah cenderung lebih tipis dari orang dewasa. Tentu saja hal itu membuat anak-anak lebih rentan terhadap radiasi ini. Alangkah baiknya jika jauhkan anak-anak dari gadget atau berikan mereka batas waktu agar tak kecanduan dengan produk elektronik yang satu ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Menyebabkan Kesulitan Tidur

Bahaya tidur dekat gadget berikutnya adalah menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur dan akhirnya tidur menjadi tidak berkualitas. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ponsel, TV, tablet dan berbagai gadget lainnya memancarkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi dari hormon melatonin.

Hormon ini fungsinya adalah untuk mengatur tidur dan juga mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis pada tubuh. Gelombang panjang yang terpancar dari sinar biru ini akan membuat tubuh selalu berpikir bahwa hari masih siang, sehingga kualitas tidur akan terganggu padahal kenyataannya hari sudah malam.

Dapat Mengurangi Kemampuan Berkonsentrasi

Kamu sering kesulitan berkonsentrasi? Setiap bangun tidur merasa nyeri dan kurang fokus? Maka mulai sekarang kamu harus bisa menghindari tidur di dekat gadget. Sebab, bahaya tidur dekat gadget yang berikutnya adalah dapat membuat kamu kekurangan kemampuan fokus. Hal ini dikarenakan gelombang elektromagnetik yang bisa mempengaruhi kualitas tidur sehingga membuat kamu lelah meski sudah tidur terlalu lama.

Efek dari adanya radiasi ponsel ini akan menyebabkan aliran darah yang diarahkan pada otot-otot kamu menjadi tidak maksimal. Maka jangan heran jika di pagi hari, kamu tidak merasa segar saat bangun dari tidur. Sebaiknya jauhkan gadget dari tempat tidur kalau perlu taruh di dalam lemari atau ruangan lainnya supaya tak mengganggu kenyamananmu.

Demikianlah bahaya tidur dekat gadget yang harus kamu ketahui supaya lebih bisa menghindarinya. Tak banyak yang bisa dilakukan selain menjauhkan gadget dari jangkauan kamu saat tidur. Mungkin kamu juga bisa mengubah gadget pada mode airplane atau menonaktifkannya. Kurangi juga memegang gadget agar kamu bisa lebih fokus dan tidak kehilangan konsentrasi setiap harinya. Semoga saja artikel di atas dapat menambah wawasan dan membantu kamu dari kecanduan gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *