Ini 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Menjanjikan, Apa Saja?

  • Whatsapp
Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Apa saja ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang mudah dan menjanjikan? Kamu butuh yang namanya penghasilan tambahan untuk memperbaiki kondisi finansialmu sebagai mahasiswa. Dengan merintis bisnis sampingan, maka kamu juga bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Memulai usaha saat masih kuliah mempunyai manfaat yang sangat besar, selain mendapatkan penghasilan kamu juga bisa menambah pengalaman di dunia usaha. Umumnya banyak sekali usaha mudah yang bisa kamu lakukan saat menempuh pendidikan tingkat mahasiswa ini. Namun demikian, selain berwirausaha kamu juga harus berupaya melakukan cara agar mudah mendapatkan nilai A+ dan kelak bisa lulus dengan peringkat cumlaude.

10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

1. Jasa Desainer

Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Mahasiswa identik dengan komputer dan dunia teknologi, menjadi seorang desainer pastinya sangat menarik untuk dilakukan. Selain bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar, dengan melakukan usaha ini juga akan mengasah kemampuan desain yang kamu miliki. Carilah tutorial dasar desain di berbagai platform internet, dijamin dalam hitungan beberapa hari saja kamu bisa menguasai berbagai apikasi desain.

2. Penulis Freelance

Ide bisnis untuk mahasiswa pemula berikutnya adalah menjadi penulis freelance. Menjadi seorang penulis bisa menjadi pilihan, memiliki peluang cukup besar, disini kamu bisa bergabung dengan instansi-instansi yang membutuhkan seorang penulis online yang juga bisa kamu kerjakan sembari kuliah. Apalagi kebutuhan akan penulis di era digital ini sangatlah tinggi, mengingat perusahaan-perusahaan besar umumnya sering membutuhkan penulis untuk mengisi website resminya.

3. Reseller dan Dropshiper

Ide Bisnis untuk Mahasiswa Pemula

Kemudahan melakukan usaha merupakan kelebihan yang dimiliki oleh reseller dan dropshiper, disini kamu cukup bekerjasama dengan pihak distributor. Kemudian mulai memasarkan berbagai produk yang ada, usaha ini juga bisa kamu lakukan kapanpun dan di manapun. Sehingga waktunya yang fleksibel tidak akan mengganggu aktivitas perkuliahan.

Sebaiknya kamu juga memilii toko online pribadi, sehingga lebih dini membangun branding bisnis yang akan lebih memudahkan kamu sukses di masa depan. Tidak sulit memiliki toko online dengan brand sendiri, apa lagi saat ini ada jasa pembuatan toko online murah yang harganya sangat bersahabat di kantong para mahasiswa.

4. Content Creator

Menjadi content creator bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu. Pembuat konten ini bisa dilakukan di berbagai platform, seperti Youtube, Instagram, Blogspot dan masih banyak lainnya. Apalagi menjadi content creator bisa memiliki masa depan yang menjanjikan, bahkan bisa kamu kembangkan saat lulus dari perkuliahan nantinya.

5. Profesional Fotografer

Banyak sekali bidang bisnis yang bisa dimasuki oleh seorang fotografer, mulai dari foto prewedding, percetakan foto, foto instagram, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini sangat bagus dikerjakan sambil melakukan dunia perkuliahan. Sayangnya untuk memulai usaha yang satu ini diperlukan modal yang cukup besar, namun bagi kamu yang tidak memilikinya bisa juga menyewa terlebih dahulu peralatan fotografer.

6. Jasa Pengajaran Les Privat

Usaha ini sangat cocok untuk dilakukan mahasiswa yang menempuh program pendidikan, selain menambah pengalaman mengajar kamu juga akan mendapatkan tambahan uang saku. Kamu bisa memilih bidang apa yang kamu ajarkan, seperti pendidikan komputer, bahasa Inggris, kesenian, ataupun pelajaran lainnya. Ide bisnis untuk mahasiswa pemula ini tentu akan semakin membuat kamu semakin terlatih dan terampil, ingat selalu mengajar pada hakikatnya adalah belajar.

7. Jualan Makanan yang Trend

Tentu saja makanan ringan bisa menjadi usaha yang sangat bagus. Usaha ini memiliki peluang yang sangat besar, terutama saat ada pesanan atau order dengan jumlah yang besar. Banyak sekali olahan makanan ringan yang bisa dibuat, seperti kue, salad buah, es buah, minuman herbal, ataupun jajanan pasar sekalipun.

8. Jual Beli Barang PreLoved

Peluang baru akan muncul akibat teknologi, salah satunya yaitu jual barang bekas melalui internet. Bagi kamu yang tertarik bisa juga melakukan usaha ini saat masih di bangku perkuliahan. Pilihlah satu jenis barang saja yang akan kamu perjual belikan, seperti gadget, motor, mobil, ataupun properti. Dengan melakukan cara ini kamu akan lebih mudah untuk cepat berkembang di dunia online.

9. Buka Coffe Shop Unik

Tidak perlu membuat caffe yang besar dan profesional, cukup buat caffe kecil-kecilan sudah sangat cukup untuk kamu seorang mahasiswa. Ajaklah teman untuk memulai usaha bersama, hal ini lebih mudah dari pada mengerjakannya semua sendiri.
Promosikan usaha caffe shop tersebut di berbagai tempat, terutama di lingkungan kampusmu sendiri. Cara ini cenderung lebih efektif untuk menarik para pelanggan pertama, setelah ini barulah mulai mempromosikan caffe shop yang kamu buat di berbagai bidang. Misalnya saja pekerja kantoran, kota tempat tinggal, hingga sosial media yang kamu miliki.

10. Jasa Printing

spanduk percetakan undangan

Kamu bisa membuka seperti sablon kaos, percetakan buku, fotocopy, dan masih banyak lainnya. Atau bukalah percetakan kecil terlebih dahulu di kosan atau kontrakan, kemudian bila usaha telah berkembang pesat. Mak carilah toko atau stand yang bisa disewa

Baca Juga : Tips Sukses Bisnis Percetakan Undangan, Modal Minim Keuntungan  Puluhan Juta!

Kesimpulan

Itulah 10 ide bisnis untuk mahasiswa pemula. Bisnis memang tidak ada matinya. Ketika kamu menjadi mahasiswa, selain belajar di kelas dan berorganisasi, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis sendiri sejak dini. Hal ini untuk mempersiapkan kamu dalam menghadapi dunia kerja selepas wisuda kelak. Tapi ingat, jangan sampai kuliah mu terganggu ya. Terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *