Bluetooth Speaker Smart TV

Cara Atasi Potensi Masalah Sambungan Bluetooth Speaker Smart TV

Diposting pada

Bluetooth Speaker Smart TV bisa anda manfaatkan untuk mendengarkan audio tanpa kabel atau nirkabel. Dengan Bluetooth Speaker tentu aktivitas menonton tayangan TV akan lebih nyaman. Sebenarnya Smart TV masih bisa mengeluarkan suara tanpa harus menambahkan speaker.

Namun jika menggunakan speaker dipastikan sensasi yang dirasakan akan berbeda. Lebih menggelegar layaknya menonton film di bisokop. Meski begitu terkadang terjadi masalah pada Bluetooth Speaker yang disebabkan hal yang bermacam-macam. Jangan khawatir, berikut ini akan diulas solusi mengatasinya.

Baca Juga : Begini Cara Modifikasi Suara Smart TV

Cara Atasi Masalah Sambungan Bluetooth Speaker Smart TV

Masalah yang sering terjadi pada Bluetooth Speaker adalah Beam proyektor dan Speaker eksternal yang tidak dipasangkan (pairing). Solusi untuk mengatasi hal ini mudah saja dan bisa dilakukan secara mandiri.

Pertama harus dipahami bahwa setelah audio bluetooth dipasangkan di Smart TV, maka perangkat tersebut sudah otomatis terdaftar. Jadi pengguna hanya harus memilih perangkat tersebut dari daftar perangkat yang disambungkan.

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan perangkat audio yang ingin digunakan, bisa speaker mapun headphone/headset. Untuk beberapa perangkat mungkin harus mengatur pairing mode agar bisa terkoneksi dengan Smart TV.

Nah jika solusi di atas sudah dilakukan namun masalah masih tetap ada maka bisa melakukan tahapan selanjutnya. Yaitu pengguna harus melepaskan Bluetooth Speaker atau Headphone dari semua perangkat semisal smartphone, Smart TV dan lain-lain.

Mini Beam tidak perlu dilepaskan jika pengguna baru saja menggunakan Bluetooth Speaker/Headphone. Namun jika pengguna masih belum bisa memasangkan perangkat audio dengan Smart TV maka bisa menghapus perangkat tersebut dari Daftar Perangkat yang Tersambung. Setelah terhapus baru kemudian bisa dicari dan dipasangkan ulang dengan Smart TV.

Untuk mencari daftar perangkat Bluetooth Speaker yang terdaftar di Smart TV mudah saja. Cukup cari di menu Home kemudian Pengaturan menggunakan remote control. Kemudian pilih Wireless dan terakhir pilih Daftar Perangkat yang Terdaftar.

Cara Menggunakan Bluetooth Speaker Smart TV untuk Mendengatkan Audio

Jika pengguna Smart TV ingin mendengarkan audio TV dengan soundbar atau headset nirkabel maka bisa menggunakan fitur bluetooth. Untuk pengguna Smart TV keluaran LG maka hanya bisa pada model Smart TV yang mendukung fungsi LG sound sync.

Khusus pengguna produk LG maka pertama harus memastikan bahwa soundbar atau headset yang digunakan mendukung fungsi LG sound sync (nirkabel). Biasanya produk headset yang bisa digunakan sangat variatif tergantung modelnya. Misalnya saja HBS-700, HBS-730 dan HBS-800.

Untuk model keluaran 2014 bisa menggunakan seri HBS dari headset bluetooth yang dikeluarkan oleh LG. Ada juga beberapa Bluetooth Speaker/Headphone yang harus menggunakan dongle agar bisa digunakan untuk mendengarkan audio Smart TV tanpa kabel.

Cara mengatur dan mengaktifkan LG Sound Sync untuk Smart TV (webOS TV) LG keluaran 2014 adalah sebagai berikut. Urutannya adalah Home>Setting>Advance Setting>Sound>Sound Out>Pilih Perangkat. Perangkat yang mendukung LG Sound Sync akan tersedia dan tinggal memilihnya untuk memasangkan. Setelah itu Smart TV akan memasangkan dan selesai.

Untuk mengakses LG Bluetooth Headset pada mode pasangan bisa dengan menyalakan power berbarengan dengan tombol call. Kemudian untuk LG Soundbar bisa memilih mode LG TV. Nah jika pencarian perangkat masih gagal maka bisa me-restart perangkat untuk kemudian dipasangkan lagi.

Untuk mengatur Bluetooth Speaker Smart TV produk LG untuk keluaran tahun 2013 juga mudah. Urutannya adalah Home>Suara>Sound Out. Selanjutnya Smart TV akan melakukan pencarian perangkat saat LG Sound Sync (Wireless) diaktifkan. Kemudian atur speaker/headset yang digunakan ke mode pairing.

Nah untuk cara akses mode pairing dengan perangkat pada Smart TV LG 2013 juga hampir sama dengan WebOS TV keluaran tahun 2014. Caranya adalah dengan menekan tombol start dan power pada LG bluetooth headset. Sedangkan pada LG soundbar bisa diatur ke mode LG TV.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gagal Koneksi Smart TV dengan Sambungan PC

Setelah itu perangkat yang tersedia akan muncul di layar Smart TV, tinggal dipilih perangkat mana yang ingin digunakan. Namun jika perangkat tidak bisa ditemukan maka pilih tombol Search atau juga bisa me-reset perangkat speaker/headset/soundbar.

Demikianlah pembahasan tentang cara atasi masalah yang mungkin terjadi pada sambungan Bluetooth Speaker Smart TV. Diulas juga bagaimana cara pengaturan jika ingin mendengarkan audio Smart TV menggunakan speaker/headset nirkabel atau bluetooth.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.