Cara agar selalu percaya diri, tentu sangat dibutuhkan bagi siapa saja yang sering mengalami rasa minder. Rasa minder pada dasarnya hampir dialami oleh semua orang, namun memiliki tingkat yang berbeda-beda. Orang yang penuh percaya diri, tentu adalah mereka yang mampu melawan rasa mindernya.

Oleh sebab itu, cara agar selalu percaya diri adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melawan rasa minder. Sehingga dapat merubah sobat semua, menjadi pribadi yang penuh rasa percaya diri. Lantas apa sajakah cara agar selalu percaya diri tersebut? untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

7 Cara Agar Selalu Percaya Diri

cara agar selalu percaya diri

Setidaknya ada 7 cara agar selalu percaya diri yang akan penulis bahas, semoga dengan menerapkan ke-7 cara ini, kita semua bisa senantiasa menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

1. Niat yang Kuat
cara agar selalu percaya diriSegala hal dalam hidup ini tentu sangat ditentukan dengan niat. Agama pun dengan jelas memberikan pemahaman kepada kita, bahwa semua amalan yang kita lakukan tergantung niatnya. Jika segala hal kita niatkan hanya untuk mendapat pujian, dan pengakuan dari manusia maka hanya itulah yang akan kita dapatkan. Begitu pun jika segala hal yang kita lakukan, kita niatkan untuk beribadah dan mendapatkan Ridho Allah. Maka pahala dan ridho-Nya lah yang akan kita dapatkan.

Niat yang kuat akan membuat kita mampu melewati berbagai hal yang berat sekalipun. Karena dialah pondasi dalam setiap langkah kita. Saat niat ibadah dan berbakti kepada Allah begitu kuat, maka apapun respon dari orang lain tidak akan membuat kita patah semangat. Hal ini dikarenakan niat kita memang bukan untuk itu.

Begitupun dalam cara agar selalu percaya diri, niat kuat adalah pondasi utamanya. Keberhasilan cara ini, tentu sangat ditentukan oleh kekuatan niat sobat untuk menjadi pribadi yang penuh percaya diri.

2. Lakukan Afirmasi Positif

Afirmasi pada dasarnya adalah cara kita berkomunikasi dengan diri kita sendiri. Ini merupakan salah satu cara tepat, dalam membentuk diri kita melalui alam bawah sadar.

Meyakinkan diri kita, melalui kata-kata positif yang sering ditujukan untuk diri kita melalui afirmasi, adalah salah satu cara agar selalu percaya diri yang sangat penting. Sebab dengan afirmasi merupakan do’a, dan kata-kata yang memiliki kekuatan.

Kata-kata afirmasi tentu sangat macamnya, salah satunya adalah “Saya Pasti Bisa.”

Saat sobat hendak mengikuti suatu ujian, katakanlah pada diri sendiri “Saya Pasti Bisa.” Begitun saat hendak melakukan berbagai hal lainnya, seperti tampil di depan umum, mengikuti pertandingan, dan lainnya. Saat timbul rasa pesimis dalam diri, maka katakanlah dengan penuh keyakinan ” Saya Pasti Bisa.” Maka kekuatan pun akan sobat dapatkan, hingga akhirnya menuntun pikiran dan tindakan sobat untuk dapat melalukan berbagai hal yang akan sobat hadapi tersebut.

3.Perbaiki Penampilan

cara agar selalu percaya diri

Penampilan adalah salah satu hal yang dapat menunjang rasa percaya diri. Dengan penampilan yang rapih, wangi, dan pakaian yang bagus tentu rasa percaya diri akan sangat terdongkrak karenanya. Makanya penting bagi sobat untuk senantiasa memperhatikan penampilan, sehingga saat tiba-tiba harus tampil di depan umum sekalipun sobat akan senantiasa percaya diri.

4. Lingkungan yang Mendukung

cara agar selalu percaya diri
Cara agar selalu percaya berikutnya yang tidak kalah penting adalah lingkungan. Lingkungan memang merupakan salah satu penentu terhadap berbagi hal dalam kehidupan kita. Seperti kemarin kita membahas, kenapa kita belum sukses? Dimana salah satu faktornya sangat dipengaruhi oleh lingkungan.

Baca :5 Penyebab Kenapa Kita Belum Bisa Sukses

Jika niat dan afirmasi, merupakan faktor dari dalam diri kita sendiri. Maka lingkungan merupakan faktor dari luar, yang akan sangat menentukan tingkat rasa percaya diri yang kita miliki.

Pengalaman masa lalu, yang tidak jarang berhubungan dengan penilaian dan perlakuan negatif dari orang lain terhadap kita, membuat beberapa hal dalam diri terpengaruh menjadi negatif pula, satu diantaranya menyebabkan rasa minder.

Selain manusia secara langsung yang berpengaruh negatif, media yang kita tonton, dengarkan dan baca pun sangat berpengaruh besar bagi dir dan cara kita dalam menjalani kehidupan. Tulisan, film dan musik, yang menceritakan karakter pesimis. Banyak yang tidak menyadari jika ia mampu merubah diri kita menjadi pribadi yang pesimistis.

Oleh karenanya, cara agar selalu percaya diri yang akurat adalah dengan menjadikan lingunga kita mendukungnya. Caranya tentu beragam, dimulai dari membaca tulisan-tulisan positif, musik penuh semangat, film penuh inspiratif, hingga memiliki banyak teman yang penuh semangat dan percaya diri

5. Fokus pada Kelebihan

Salah satu penyebab kita minder adalah karena fokus kita yang salah. Kita sering fokus pada kekurangan kita. Parahnya lagi kekurangan tersebut justru kemudian kita bandingkan dengan kelebihan orang lain, tentu ini tidak adil.

Contohnya sobat hendak berbicara di depan umum, kemudian melihat kekurangan dan membandingkannya dengan kelebihan orang lain. Padahal orang yang kita anggap memiliki kelebiha  tersebut, bisa jadi kita anggap lebih karena memang dia sudah sangat sering tampil di depan umum. Sehingga dia sudah sangat menguasai panggung dan audiens. Bukankah bisa karena terbiasa? Padahal jika sobat fokus pada kelebihan, dan meningkatkan jam terbang untuk tampil, bisa jadi malah sobat dapat mengunggulinya dalam berbagai hal.

Oleh karenya, jika sobat ingin selalu percaya diri, mulai sekarang fokuslah pada kelebihan, dan jangan membanding-bandingkan diri sendiri dengan siapapun lagi. Percayalah semua orang memiliki kelebihan dan kekuranggnya masing-masing. Dengan fokus pada kelebihan, maka kelebihan yang sobat miliki akan meningkat. Lebih dari itu kekurangan pun akan tertutupi, bahkan bisa jadi justru bisa jadi kelebihan jika kita bisa mengolahnya dengan baik.

6. Tingkatkan Kemampuan

Memiliki kemampuan lebih, akan membuat sobat semakin penuh percaya diri dalam menjalani hari-hari. Kemampuan selain dibawa sejak lahir, juga banyak yang dapat kita pelajari dan dapatkan dari orang lain. Tentu saja dengan jalan belajar dan berlatih.

Oleh karenanya, jika sobat ingin selalu percaya diri giatlah meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan juga akan membuat kita memiliki nilai lebih. Baik dimata diri sendiri, orang lain, bahkan mungkin Tuhan.

Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain? Dengan memiliki kemampuan lebih, tentu kita akan semakin mudah berguna untuk orang banyak.

7. Sering Berlatih

cara agar selalu percaya diri

Sebelumnya sudah disinggung, bahwa bisa itu karena terbiasa. Jadi jika sobat ingin selalu percaya diri, tentu saja dengan jalan membiasakannya,  yakni dengan sering melatihnya.

Sobat tentu ingat saat belajar naik sepeda dulu. Pertama kali mencoba jatuh. Mencoba lagi bisa berjalan dua atau tiga meter. Begitulah seterusnya. Hingga akhirnya dengan sering dilatih sobat pun bahkan bisa mengikuti lomba balap sepeda.

Saat pertama kali belajar naik sepeda motor juga demikian. Harus dipegangi, ada perasaan khawatir bahkan takut. Kemudian mencoba, kadang jatuh dan senantiasa gerogi. Niat hati ingin mencoba menggunakan sepeda motor di jalan desa, namun masih takut. Akhirnya dipaksakan meski gerogi. Semua bisa dilalui, dengan terus berlatih akhirnya berani menggunakan sepeda motor di jalan umum, di jalan raya, hingga akhirnya lintas kota dan propinsi.

Itulah sobat gambaran nyata akan pentingnya latihan untuk menguasai berbagai hal, tak terkecuali rasa percaya diri. Agar lebih jelas lagi mengenai cara agar selalu percaya diri, silahkan bisa melihatnya pada video di bawah ini. Silahkan klik subscribe pada chanel video tersebut, agar sobat tidak ketinggalan berbagai informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Realme X Lite Segera Dirilis, Ini Bocoran Spesifikasinya

Realme X Lite adalah versi murah dari varian smartphone Realme X. Selain versi regularnya,…