cara cek da pa blog

Cara Cek DA PA Blog dan Cara Cepat Meningkatkannya!

Diposting pada 493 views

Cara cek DA PA blog biasanya dibutuhkan para blogger. Baik untuk mengecek performa situsnya, situs pesaing, hingga mengecek situs yang akan diajak kerja sama.

Seperti diketahui, bahwa pada tahun 2014 lalu Google mengumumkan, bahwa dalam menentukan pringkat SEO website sudah tidak menggunakan PageRank lagi.

Dengan hal ini, maka tidak bisa dielakan lagi jika Domain Authority dan Page Authority memiliki peranan sangat penting, untuk menjadi standar SEO suatu website.

Kualitas suatu situs, dapat dilihat dari nilai DA dan PA. Semakin tinggi nilai DA dan PA yang dimilikinya, maka semakin berkualitas pula situs tersebut.

DA dan PA adalah alternatif lain yang bisa digunakan untuk menggantikan PageRank, sebagai metric untuk menentukan kualitas dari suatu situs.

Apa Itu DA dan PA Website ?

Sebelum membahas lebih jauh, terkait cara cek DA PA blog, ada baiknya kita pahami lebih dulu pengertian keduanya.

Pengertian DA

Domain Authority (DA) adalah suatu acuan yang dibuat mesin pencari untuk menentukan peringkat suatu website atau blog.

Skala yang diberikan biasanya berkisar antara 1 hingga 100. Semakin tinggi nilai DA yang dimiliki suatu situs, maka semakin bagus situs tersebut bersaing di mesin pencari.

Faktor Penetu Nilai DA Website

Setidaknya ada 5 penentu tinggi rendahnya nilai DA website atau blog. Ada pun ketiga hal tersebut, yakni sebagai berikut:

1. Usia Domain

Ketika suatu website sudah berumur, rata-rata konten yang dimilikinya sudah banyak. Itulah kenapa, selama webiste tersebut rutin membuat postingan, maka seiring dengan bertambahnya usia, nilai DA nya pun akan ikut naik.

Konsistennya suatu situs, membuatnya dipercaya sehingga nilai DA nya semakin naik. Tak ayal, jika semakin berumur, situs yang rajin update konten berkualitas pun semakin mudah untuk tampil diperingkat pertama halaman pencarian.

2. Popularitas Domain

Popularitas domain, juga sangat menentukan DA webiste. Tingkat kepopuleran ini, dapat dilihat dari banyaknya link yang masuk dari website lain, atau yang lebih akrab kita kenal sebagai backlink.  Namun penentunya adalah kualitas link yang masuk, bukan kuantitasnya.

Senantiasa berupaya menulis konten berkualitas, adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink. Dengan hal tersebut, akan banyak konten yang menjadi rekomendasi situs lain, sehingga mereka merekomendasikannya pada mesin pencari.

Menjadi penulis tamu pada situs lain dengan niche yang sama dengan yang kita miliki, juga salah satu strategi untuk mendapatkan backlink.

3. Ukuran Domain

Penentu ukuran domain, sangat ditentukan oleh jumlah konten berkualitas yang telah kita publish. Semakin banyak konten yang terpublish, maka semakin besar pula ukuran domain suatu situs.

Atas dasar itu, selain menyempatkan waktu sebaiknya investasikan juga dana untuk keperluan memperbanyak konten. Anda bisa memesannya di penyedia jasa penulis artikel terpercaya, yang menulis artikel terbaik dengan harga bersaing.

4. Social Signals

Penentu nilai DA berikutnya adalah ada pada kepopuleran situs melalui social signal. Hal ini dapat dilihat dari jumlah komen, like, maupun share.

5. Search Engine Friendliness

Kualitas struktur keseluruhan website, atau Search Engine Friendlines juga sangat menentukan nilai Domain Authority. Dalam hal ini, suatu situs akan dinilai apakah saat digunakan bersifat user friendly ataukah tidak.

Jika kelima hal di atas dapat dipenuhi dengan baik, niscaya nilai DA website yang kita miliki akan cepat meningkat. DA sendiri hanya salah satu, dari banyaknya metric yang digunakan search engine untuk menentukan kualitas suatu domain.

Pengertian PA

Setelah memahami DA tentu kamu juga penasaran terkait DA (Page Authority). Wajar saja, sebab DA biasanya memang selalu diikuti dengan PA. Pengertian dan makna keduanya tentu berbeda.

PA pada dasarnya adalah nilai yang diberikan mesin pencari, terkait kualitas suatu halaman. Jadi jika DA yang dicek adalah keseluruhan domain, sementara PA hanya halamannya saja. Mudahnya, jika DA sebuah hotel maka PA adalah kamarnya, jadi keduanya adalah satu kesatuan. Umumnya, suatu situs memiliki nilai PA yang lebih tinggi dari nilai DA nya.

Cara Cek DA PA Blog

Sebenarnya, cara mengetahui DA PA blog atau website itu sangat mudah. Kita hanya tinggal mengujungi situs yang dapat digunakan untuk mengeceknya, dan kemudian melakukan beberapa tahapan atau prosedurnya.

5 Situs untuk Mengecek DA PA Blog

Setidaknya, ada 5 situs yang bisa digunakan untuk mengecek nilai DA PA blog. Ada pun kelima situs yang dimaskud yakni, sebagai berikut:

  1. Smallseotools.com
  2. Moz.com
  3. Checkmoz.com
  4. Seoreviewtools.com, dan
  5. Websiteseochecker.com

Cara Cek DA PA Blog Menggunakan Website

Untuk mengecek nilai DA PA blog, kamu bisa menggunakan lima situs di atas. Pada postingan ini, saya akan memberikn contoh, meggunakan Wesbiteseochecker.com. Berikut tahapannya:

Pertama silahkan buka situsnya, websiteseochecker.com

cara cek da pa blog

Setelah terbuka silahkan klik, menu Page Authority Checker.

Selanjutnya, silahkan masukan domain yang ingin dicek DA PA nya.

cara cek da pa blog

Setelah ditulis, jangan lupa berikan tanda check list pada tulisan Saya bukan robot. Setelah itu, baru klik Check.

Berikut adalah contoh domain https://duniaelektronik.net, yang dicek pada tanggal 11 Desember 2020. Selain menampilkan skor DA PA, terdapat juga beberapa metrick SEO lain yang bisa diketahui.

website authority

Sangat mudah buka, cara cek DA PA blog itu? Informasi ini penting, terutama jika kita ingin bekerja sama dengan blog lain.

Cara Meningkatkan DA PA Blog

Memiliki DA blog yang tinggi, akan semakin memudahkan kita untuk mendapatkan banyak sumber penghasilan blog. Jangan sampai, kerja keras kita menjadi sia-sia, bahkan sampai pusing karena harus membayar domain maupun hosting, sementara blog yang dibangun belum menghasilkan.

Jika DA PA tinggi, maka kita akan lebih mudah mendapatkan banyak visitor. Akhirnya, bukan hanya penghasilan Adsense saja yang naik tapi, sumber lain pun akan mengikuti.

Ada banyak sumber penghasilan blog, dan pada kursus blog Adsense paket lengkap, kami melatih para peserta untuk bisa mendapatkan penghasilan blog dari berbagai sumber. Jika kamu tertarik mengikuti kursus ini, silahkan bisa menghubungi via WhatsApp 0823 2727 7319.

Lanjut ke pembahasan. Setelah mengetahui cara cek DA PA blog, berikut adalah beberapa cara meningkatkan DA PA blog yang penting dipahami para blogger.

1. Daftarkan Blog ke Web Master Tool

Pastikan setiap kali membuat blog baru, langsung mendaftarkannya ke Web Master Tool, sehingga situs yang dibuat bisa segera terindeks oleh mesin pencari.

Pastikan juga, kamu mengirimkan sitemap XML blog tersebut pada Google Search Console tersebut, dengan hal ini maka situs yang dibuat dapat dengan mudah untuk di crawling.

Daftarkan juga setiap postingan baru, pada Google Search Console. Ini adalah salah satu cara meningkatkan pengunjung blog.

2. Buat Peta Situs

Jangan lupa, setelah membuat blog pastikan kamu juga membuat peta situs, dan mengirimkannya pada Google Search Consolole.

Cara membuat peta situs sangatlah mudah, bagi yang menggunakan blogspot bisa dengan cara manual. Sementara jika menggunakan WordPress, bisa menggunakan bantuan plugin seperti Google XML.

Setelah membuatnya, jangan lupa untuk mensubmitnya. Silahkan simak, cara submit sitemap pada Google Search Console, yang telah kami bahas sebelumnya.

3. Hindari Duplikat Konten

Cara meningkatkan DA PA blog berikutnya, adalah menghindari adanya duplikat konten. Pastikan dalam membuat postingan, kamu tidak pernah membahas konten tersebut sebelumnya.

Adanya duplikat konten, akan membuat mesin pencari kebingungan untuk menentukan konten yang akan dinaikan. Akibatnya, performa SEO dan halaman blog akan ikut terpengaruh.

4. Gunakan Secure Sockets Layer

ssl

Mesin pencari senantiasa berupaya, menjaga rasa aman para penggunannya. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan sebagai pengelola situs, adalah memasang SSL (Secure Sockets Layer).

SSL sendiri adalah sertifikasi keamanan website, yang ditandai dengan perubahan URL. Saat belum menggunakan SSL, url suatu situs adalah http, sementara setelah memasangnya menjadi https.

Bukan hanya bermanfaat untuk warganet yang mengakses, agar senantiasa aman. Dengan menggunakan ssl, reputasi blog kamu pun akan semakin baik di mata mesin pencari.

5. Pastikan Blog Sudah Mobile Friendly

Tak bisa dipungkiri, saat ini mayoritas orang mengakses internet melalui handphone. Atas dasar itu, mengupayakan blog kita agar mobile friendly adalah suatu keharusan.

Bukan hanya untuk kenyamanan pembaca, bahkan Google juga telah memprioritaskan indexing website, yang sudah manggunakan versi mobile. Jadi dapat disimpulkan, blog yang tidak mobile friendly akan lebih sulit diindeks.

Google bahkan telah memerintahkan, untk menjadikan mobile friendly sebagai persyaratan penting pada ranking web. Jadi jangan lupakan hal ini, dalam cara meningkatkan DA PA blog ya.

6. Gunakan Google AMP

cara meningkatkan da pa blog

Setelah mengetahui cara cek DA PA blog, memang cukup menyedihkan jika data yang ditampilkan untuk blog kita masih rendah. Salah satu cara meningkatkannya, adalah dengan menggunakan AMP.

AMP (Accelerate Mobile Pages) sendiri, yakni suatu teknologi yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading halaman website, saat diakses di handphone. Teknologi ini, bekerja menggunakan 3 komponen, yakni AMP Cache, AMP JavaScript, dan juga AMP HTML.

Ketiganya memiliki peran untuk menekan berbagai faktor, yang membuat loading web menjadi lambat. Situs yang menggunakan AMP, ditandai dengan logo petir di halaman pencarian. Contohnya bisa dilihat pada gambar di atas.

7. Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Penggunaan AMP adalah salah satu cara meningkatkan kecepatan website, saat diakses menggunakan mobile. Namun, kita harus memaksimalkannya juga saat diakses menggunakan desktop.

Sejak tahun 2010, Google telah memberlakukan kecepatan loading menjadi salah satu faktor penentu rangkin suatu situs. Agar dapat mengetahui tingkat kecepatan situs, hingga bisa mengevaluasinya silahkan bisa mengeceknya di PageSpeed Insights tool.

Dengan mengeceknya di tool yang disediakan Google tersebut, maka kita bisa mengetahui beberapa poin penting, yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan situs kita saat diakses.

8. Perbanyak Social Signals

Cara meningkatkan DA PA blog berikutnya, adalah meningkatkan social signals. Hal ini, sangat penting untuk menunjang ranking, backlink, dan juga traffic organik pada suatu situs

Jika suatu situs memiliki sosial signals tinggi, maka mesin pencari akan menilainya memiliki konten yang bermanfaat dan berkualitas. Jadi tak heran, jika faktor ini juga menjadi penentu rangking DA PA blog.

Selain membuat konten terbaik, kamu juga bisa melakukan berbagai upaya lain untuk meningkatkan social signal. Misalnya saja seperti bekerja sama dengan brand ternama, hingga membuat kontes dan giveaway.

9. Lakukan Riset Keyword

Sebelum menulis konten, sebaiknya kamu melakukan riset keyword lebih dulu. Bukan hanya untuk mencari kata kunci terbaik, tapi juga untuk melakukan riset konten dari para kompetitor.

Misalnya saja, ketika kamu ingin menulis cara membuat website WordPress profesional. Sebaiknya cari lebih dulu kata kunci tersebut pada search engine, dan pelajari 3 situs yang berhasil tampil diurutan 3 besar.

Jadikan ketiga artikel tersebut, sebagai landasan sehingga kamu bisa berupaya menulis artikel yang lebih baik, lengkap, dan lebih banyak jumlah kata, serta berbagai poin penting lainnya.

10. Bangun Backlinks Berkualitas

Dalam kurus blog paket lengkap yang saya adakan, saya selalu mengajarkan peserta terkait rahasia bisa menanam backlink di ratusan situs secara gratis. Bukan hanya agar peserta bisa membuka jasa backlink, namun juga agar mereka bisa optimal membangun blognya.

Salah satu keuntungan memiliki banyak backlink berkualitas, adalah dapat meningkatkan nilai DA PA suatu situs.

Agar mudah mendapatkan backlink dari banyak situs, pastikan senantiasa berupaya membuat konten berkualitas. Konten yang menjadi rujukan banyak situs, akan mudah mendapatkan backlink.

Jangan lupa, lakukan juga guest post atau penulis tamu pada blog lain, yang memiliki niche yang sama. Hal ini, memiliki peluang besar untuk kita bisa saling bertukar backlink. Silahkan gunakan cara cek DA PA blog yang sudah dijelaskan, sehingga bisa memastikan situs yang diajak kerja sama memang berkualitas.

11. Perkuat Internal Link

Selain backlink, internal link juga memiliki peranan penting sebagai salah satu cara meningkatkan DA PA blog. Pastikan setiap membuat postingan, untuk menghubungkan konten yang saling berhubungan, agar semakin menunjang visibilitas di mesin pencari.

Bukan hanya itu, interal link juga dapat digunakan untuk mengurangi tingkat bounce rate suatu situs.

Tak heran, jika banyak situs besar menautkan internal cukup banyak pada setiap postingannya. Hal tersebut, tentu akan membuat interkoneksi yang sangat kuat, sehingga dapat menguatkan posisi di mesin pencari.

12. Menulis dengan Teknik SEO

Banyak blogger pemula yang menulis dengan kualitas tulisan yang memukau, sayangnya sedikit pembacanya sebab tidak menggunakan teknik SEO.

Kita harus menyadari, menulis di internet berbeda dengan menulis untuk buku. Perbedaan paling mencolok ada pada teknik seo, yang membantu agar postingan tersebut bisa tampil di halaman utama pencarian.

Selain diajarkan cara menulis artikel SEO, pada kursus blog paket lengkap saya juga mengajarkan 5 cara menulis artikel hingga puluhan artikel perhari. Jika kamu berminat untuk mengikutinya, silahkan bisa menghubungi saya via WhatsApp 0823 2727 7319.

Pastikan kamu juga melakukan optimasi kata kunci, sehingga lebih mudah tampil di halaman pertama pencarian. Jangan lupa juga lakukan pula optimasi seo pada gambar ya..

13. Buat Konten yang Mudah Dibaca

Selalu ingatlah, bahwa teknik seo memang penting namun kenyamanan pembaca juga tak kalah penting.

Pastikan konten yang dibuat senantiasa mudah dan nyaman saat dibaca. Dengan hal ini, maka pengunjung akan betah dan berfotensi menjadi pembaca setia, yang senantiasa menanti konten baru pada situs kita.

Ini adalah salah satu cara meningkatkan DA PA blog yang cukup efektif. Berikut beberapa point, agar postingan nyaman dibaca.

  1. Pakai fonts dan ukuran yang nyaman saat dilihat.
  2. Gunakan heading dan subheading dengan struktur yang benar.
  3. Pastikan paragraf tidak terlalu panjang, sehingga nyaman dilihat dan dibaca.
  4. Buat kalimat yang padat, singkat, dan jelas, Jangan lupa gunakan tanda baca yang sesuai.
  5. Gunakan numbered list atau bullet point, sehingga memudahkan pembaca melakukan skimming pada konten.
  6. Berikan bold pada setiap kalimat penting, sehingga pembaca lebih mudah untuk mengingatnya.

14. Rutin Membuat Postingan

Membuat konten secara rutin, selain sebagai salah satu cara meningkatkan DA PA blog, juga dapat meningkatkan jumlah visitor, popularitas blog, mempercepat pengindeksan, hingga meningkatkan performa SEO secara keseluruhan.

Usahakan menulis artikel di atas 350 kata, bahkan di atas 1000. Kurang dari itu, bisa dianggap spam. Tentu tidak baik untuk performa blog kita.

Jadwal pula secara berkala untuk mengupdate konten-konten lama kita. Baik untuk melengkapi isi tulisan, menambah link internal, maupun menambah kata kunci baru. Ini adalah salah satu cara efektif, untuk mempertahankan hingga meningkatkan posisi konten tersebut, di peringkat mesin pencari.

15. Hapus Broken Link Secara Berkala

Selain rutin mengupdate konten, kamu juga harus rutin memantau broken link, yakni link yang sudah tidak aktif lagi. Sebab link seperti itu, sehingga dapat merusak citra baik blog kita di mata mesin pencari maupun pembaca.

Bagi pengguna blogspot, kamu harus rutin memantaunya. Sementara jika menggunakan WordPress, kamu bisa menggunakan plugin sehingga bisa lebih mudah.

Demikian pembahasan mengenai cara cek DA PA blog. Jangn lupa praktekan, meningkatkan DA PA blog, sehinggaa situs yang kamu bangun, akan segera mengalami peningkatakan kualitas.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319