Cara cek nomor Telkomsel

4 Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Cepat dan Mudah

Diposting pada

Cara cek nomor Telkomsel biasanya dibutuhkan bagi anda yang baru membeli perdana tersebut, namun lupa mencatatnya. Akibatnya ketika hendak mengisi pulsa, anda dibuat kebingungan untuk melakukan transaksi.

Jika kebetulan anda mengalami hal tersebut, maka tepat sekali jika berkunjung ke situs duniaelektronik.net ini. Sebab pada kesempatan kali ini, kami akan berbagai tips seputar cara cek nomor Telkomsel.

Sejarah Telkomsel

Sebelum membahas cara cek nomor Telkomsel, tidak ada salahnya kita membahas sejarah Telkomsel. Dilansir dari Wikipedia Telkomsel adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler yang ada di Indonesia. Sejak tahun 1993 perusahaan ini telah merambah pada teknologi nirkabel GSM.

Satu tahun setelahnya, yakni tahun 1994 PT Satelit Palapa Indonesia selaku operator jaringan GSM pertama di Indonesia, telah mengeluarkan kartu SIM muncul. Bekerjasama dengan Indosat, pada tahun 1995 PT Telkom akhirnya didirikan. Layanan paska bayar, Kartu Halo diluncurkan untuk pertama kalinya pada tangal 26 Mei 1995.

Ditahun 2015 sebagain besar Saham Telkomsel telah dimiliki oleh Telkom Indoesia, yakni sebanyak 65%, sementara sisanya adalah milik Singtel.

Di tingkat Internasional Telkomsel adalah operator seluler nomor 7 terbesar di dunia. Sementara di tanah air, perusahaan ini adalah perusahaan operator yang paling besar. Pada tanggal 31 Desember 2014, pelanggan perusahaan ini adalah 139,3 juta, dan memiliki pangsa pasar 51% pada per 1 Januari 2007 silam. Perusahaan ini juga merupakan perusaahan telekomunikasi pertama yang meluncurkan layanan komersial mobile 4G LTE di Indonesia, dengan kecepatan data access hingga 36 Mbps.

Baca Juga : Terbukti, Inilah cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Telkomsel Tahun 2019

Selain layanan internet 4G LTE, voice, sms, dan produk digital lainnya, kartu perdana adalah salah satu jenis produk yang dijual oleh Telkomsel. Mulai dari kartu perdana simPATI, Kartu As, Loop, hingga kartu Halo (khusus pascabayar). Sebelum diwajibkannya registrasi kartu SIM oleh Menteri Komunikasi dan Informatika per tahun 2017 lalu, mungkin banyak orang yang punya nomor hp lebih dari satu. Banyak juga yang leluasa gonta-ganti kartu SIM khusus untuk paket internet dengan kuota besar tapi harganya murah.

Registrasi dilakukan dengan menggunakan nomor KTP dan juga nomor KK asli dari pengguna kartu SIM. Awalnya, peraturan Kemenkominfo membatasi satu NIK hanya bisa mendaftar maksimal untuk tiga kartu SIM, namun belakangan peraturan ini diubah menjadi satu NIK bisa mendaftar untuk banyak kartu SIM, tanpa batas.

Cara Mengecek Nomor Telkomsel

Setelah membahas sejarah Telkomsel, tibalah saatnya kita membahas cara cek nomor Telkomsel. Adapun cara yang dimaksud ada 4, yaitu sebagai berikut :

Melakukan Panggilan ke Nomor Selular Lain

Sama seperti cara cek nomor Indosat yang sebelumnya kita bahas, pada tulisan kali ini hal yang pertama kita bahas adalah dengan melakukan panggilan ke nomor selular lain.

Dengan melakukan panggilan ke nomor seluler lain, maka tentu nomor Telkomsel yang kita gunakan tersebut akan segera muncul. Selain menggunakan panggilan, anda juga bisa berkirim pesan. Jangan lupa catat jika nomornya sudah diketahui ya.

Menggunakan Dial

Cara cek nomor Telkomsel berikutnya yang paling mudah adalah dengan melakukan dial up. Cara ini sangat favorit digunakan, selain simpel dan praktis responnya pun sangat cepat, penulis yakin informasi ini adalah informasi utama dari tulisan ini yang sedang sobat cari.

Untuk mengecek nomor Telkomsel dengan cara ini, silahkan sobat tulis pada menu panggilan baru dengan menekan *808#, kemudian tekan call/OK. Tunggu beberapa detik hingga muncul sebuah pop up di layar smartphone, yang berisi informasi terkait nomor Telkom tersebu, satu diantaranya adalah perihal nomor yang sedang anda cari.

Kerennya lagi, selain melalui tampilan pop up informasi tersebut juga dikirimkan Telkomsel via pesan singkat SMS. Dengan hal ini, maka anda akan semakin terbantu untuk mengingatnya. Layanan dial ini berbayar, yakni Rp. 55.

Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek nomor Telkomsel

Aplikasi My Telkomsel adalah layanan digital berbentuk aplikasi dari Telkomsel, yang sangat memudahkan pelayanan bagi semua penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi ini, selain dapat mengetaui informasi terkait nomor ponsel anda secara detail, anda juga bisa mengecek yang lainnya seperti jumlah pulsa, kuota, bahkan juga jumlah poin yang anda miliki.

Menariknya lagi, melalui aplikasi My Telkomsel anda juga bisa membeli pulsa atau pun kuota dengan sangat cepat dan praktis.

Untuk dapat menikmati layanan ini, silahkan anda unduh terlebih dahulu aplikasi My Telkomsel di Playstore atau pun App Store. Setelah itu, silahkan daftarkan nomor Telkomsel yang anda miliki, seperti AS, Simpati, Halo, hingga Loop.

Kabar gembira bagi anda yang sudah memiliki akun My Telkomsel dengan nomor sebelumnya, anda tidaklah perlu log out dari aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan dalam satu akun anda bisa mendaftarkan hingga lima nomor Telkomsel berbeda, tanpa harus login ataupun logout nomor yang lainya. Untuk menikmati layanan ini, pastikan aplikasi MyTelkomsel yang anda gunakan adalah versi 3.12 ke atas.

Mengantisipasi lupa nomor ponsel seperti sekarang, sebaiknya segera daftarkan nomor Telkomsel baru anda pada aplikasi MyTelkomsel.

Cara Mengecek Nomor Telkomsel via Aplikasi My Telkomsel

Bagi yang penasaran terkait cara mendaftar dan cara cek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, berikut tahapannya.

  • Cari dan unduh aplikasi MyTelkomsel pada App Store atau pun Google Play Store.
  • Instal dan buka aplikasi, kemudian daftarkan nomor Telkomsel yang anda miliki.
  • Segera login setelah berhasil mendaftar.
  • Di bagian beranda aplikasi anda bisa melihat informasi nomor Telkomsel anda dan informasi lainnya seperti jumlah pulsa, kuota internet, hingga jumlah poin.
  • Klik logo yang berupa ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas, untuk memilih berbagai fitur menarik lainnya.

Dengan Bantuan Operator

Cara cek nomor Telkomsel

Dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan, kini Telkomsel telah didukung oleh akses call center 24 jam, dan telah memiliki pusat layanan sebanyak 430 yang tersebar di Indonesia.

Salah satu cara cek nomor Telkomsel yang terakhir kita bahas, adalah dengan menggunakan layanan operator atau menghubungi call center Telkomsel. Adapun cara menghubungi call center Telkomsel, tahapannya adalah sebagai berikut :

  • Bagi pengguna Kartu AS, Simpati dan Hubungi nomor Call Center 188, layanan ini berbayar kurang lebih Rp. 300 hingga Rp. 400/ panggilan.
  • Bagi pengguna kartu Halo bisa menghubungi call center Telkomsel di nomor 133, dengan biaya gratis.
  • Bila kebetulan lupa tidak membawa nomor Telkomsel, silahkan anda bisa menghubungi call center Telkomsel Nasional di nomor
    08071811811 , yang dapat dihubungi oleh kartu dari operator lain selain Telkomsel, seperti Indosat, XL dan lain sebaginya.
  • Bagi anda yang kebetulan sedang berada di luar negeri dan terkena roaming, silahkan bisa menghubungi call center Telkomsel di nomor +628110000333 dari menu panggilan.

Demikian cara cek nomor Telkomsel yang dapat kami jelaskan, nah menurut anda manakah cara yang paling mudah dan praktis ? Berikan jawaban dan alasannya di kolom komentar ya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.