Cara cleaning printer

Cara Cleaning Printer Lebih Mudah Dan Aman dengan Menerapkan Langkah Berikut

Diposting pada

Cara Cleaning printer ternyata bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Bagaimana caranya? Cleaning pada printer menjadi salah satu hal yang  perlu dilakukan apalagi ketika hasil cetakan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebenarnya melakukan cleaning pada printer ini sangatlah mudah, langkah-langkah yang dilakukan juga sangat sederhana sehingga dipastikan tidak merepotkan Anda.

Mengetahui cara cleaning printer dengan tepat dan benar memang perlu dilakukan mengingat tidak selamanya printer yang kita gunakan dapat melakukan cetak secara sempurna. Semua merk printer saat awal pembelian pasti akan sangat menyenangkan, namun ketika sudah menemui masalah maka hasil cetakan printer mulai putus-putus, muncul garis hingga tinta hitam dan warna yang tidak keluar.

Cara Mudah Cleaning pada Printer dengan Cepat dan Tepat

Cara Cleaning Pada Printer Canon

Cara cleaning printer Canon

Tinta tidak keluar dengan lancar merupakan salah satu kendala atau masalah yang seringkali terjadi pada printer. Ketika printer Anda hanya mengalami macet pada warna hitam saja maka solusi yang paling tepat dilakukan adalah melakukan cleaning. Namun perlu diketahui untuk printer merk Canon terdapat dua jenis cleaning yakni cleaning biasa dan deep cleaning.

Baca Juga : Printer Canon Lambat Mencetak ? Coba Atasi dengan Cara Ini

Untuk cleaning biasa ini umumnya dilakukan pada printer yang mengalami macet pada tinta warna hitamnya. Tetapi apabila sudah macet pada semua warnanya maka perlu dilakukan proses deep cleaning yang mana kadar pembersihannya lebih optimal dibandingkan dengan cleaning biasa. Perlu diingat, sebaiknya untuk tidak sering melakukan deep cleaning karena akan membuat cartridge mudah rusak.

Nah bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara melakukan cleaning khususnya untuk printer merk Canon, berikut ini akan disajikan beberapa tahapan yang perlu dilakukan ketika melakukan cleaning pada printer, antara lain:

  1. Ketika hendak melakukan proses cleaning maka Anda wajib memastikan bahwa printer masih dalam keadaan hidup. Setelah itu Anda hanya perlu masuk ke menu Device and Printer.
  2. Selanjutnya pilihlah printer mana yang akan dilakukan proses cleaning. Setelah itu klik kanan pada bagian Printer Properties.
  3. Pilih bagian Maintenance > Cleaning/Deep Cleaning yang mana bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan printer.
  4. Setelah itu Anda bisa memilih semua warna atau wana hitam saja yang akan dilakukan proses cleaning. Apabila proses cleaning selesai, silahkan klik Print Check Pattern untuk mengetahui hasilnya. Apabila warna yang dihasilkan dari proses cleaning tersebut sempurna maka Anda bisa memilih close atau cancel.

Cara Cleaning untuk Printer Epson

Cara cleaning printer Epson

Selanjutnya adalah cara melakukan pembersihan atau cleaning pada printer Epson. Sebenarnya langkah-langkah yang dilakukan hampir sama dengan printer merk Canon. Hanya saja ada beberapa menu di dalamnya yang sedikit berbeda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Epson Paper Jam dengan Tepat dan Mudah!

Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan sebagai tahapan cleaning dari printer Epson, yaitu:

  1. Klik menu Windows dan pilih menu device and printer. Klik kanan pada printer yang akan dilakukan proses cleaning dan pilih menu Printing preference.
  2. Selanjutnya pilih tab Maintance dan klik Head Cleaning. kemudian langkah berikutnya yaitu klik start dan tunggu beberapa menit hingga proses cleaning selesai.
  3. Perlu diketahui bahwa ketika melakukan proses cleaning, jangan sampai mematikan power printer karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan printer secara permanen.
  4. Setelah proses cleaning selesai maka akan muncul menu Print Nozzle Check Pattern dan Finish. sebaiknya untuk memilih menu Print Nozzle untuk melakukan pengecekan apakah seluruh tinta sudah keluar secara sempurna.
  5. Terakhir, Anda harus benar-benar memastikan bahwa prosescleaning printerberhasil. Hal tersebut dibuktikan dari hasil cetakan yang sudah bagus seperti semula. Jika hasil cetakannya masih bergaris maka Anda bisa melakukan cleaning sekali lagi. Apabila proses cleaning sudah bagus, maka Anda bisa memilih menu finish untuk menyelesaikan rangkaian cleaning pada printer.

Sekilas tahapan yang dilakukan dalam proses cleaning pada printer Canon dan Epson hampir sama. Namun pastikan untuk melakukan tahapannya dengan bena. Karena jika Anda salah dalam melakukan beberapa tahapannya, proses cleaning yang dilakukan juga tidak akan berhasil. Itulah sedikit ulasan tentang beberapa cara cleaning printer merk Canon dan Epson. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *