Cara Kerja CPU (Central Processor Unit) yang Harus Kamu Tahu

  • Whatsapp
cara kerja cpu

Cara Kerja CPU Siapa yang tidak mengenal teknologi pada zaman milineal yang merupakan zaman yang serba canggih dan cepat ini? Kami yakin jawabannya adalah tidak ada. Semua manusia yang tinggal di muka bumi ini pasti telah mengetahui dengan pasti apa itu dan teknologi dan bagaimana cara kerjanya secara umum.

Namun, tidak semua dari mereka mengetahui bahwa setiap alat teknologi yang biasanya menggunakan listrik ini memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda satu sama lainnya. Yup, semua alat elektronik tersebut memiliki cara kerja yang berbeda. Hal ini berbanding lurus dengan fungsi setiap alat elektronik yang juga berbeda.

Sebut saja, komputer dan CPU yang bahkan selalu satu pasang saja memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Bila komputer memiliki cara kerja yang cukup mudah, maka hal tersebut mungkin tidak berlaku pada CPU.

Yup, mungkin saja bukan cara kerja CPU jauh lebih sulit dibandingkan dengan komputer yang selalu ada di sebelahnya. Artikel yang satu ini akan memberitahukan kepada kalian tentang cara kerja dari alat yang sering dipanggil dengan central processor unit ini.

Cara Kerja CPU

CPU sendiri sebenarnya merupakan mesin yang membantu kalian dan semua masyarakat yang mempunyai laptop. Yup, CPU membantu kalian mengoperasikan atau mengaktifkan komputer. Lalu, bagaimana cara kerja dari alat ini? CPU menggunakan serangakaian alat yang berproses bersama untuk mengoperasikan komputer kalian.

Cara kerja CPU yang pertama adalah RAM sebagai tempat pertama datangnya intruksi dari device. Simpelnya RAM akan menjadi tempat pertama penerima perintah dari komputer kalian. Jadi, apa yang akan kalian lakukan secara otomatis akan masuk ke RAM terlebih dahulu sebelum diproses lebih dalam. Nah, melalui hal ini kalian dapat mengetahui betapa pentingnya komponen CPU yang dikenal dengan RAM ini.

Gali Lebih Dalam Cara Kerja CPU (Central Processor Unit)

Nah, sebelumnya kalian telah mengetahui bahwa perintah pertama yang masuk pada CPU akan masuk pada RAM. Kini, saatnya kalian untuk mengetahui bahwa setelah RAM masih ada beberapa proses yang harus dilewati oleh alat yang satu ini. Kami beri kalian nilai seratus untuk yang menebak bahwa tahap selanjutnya dalam menyimpan data di working storage dan menyimpan perintah pada control unit. Yup, ini merupakan langkah selanjutnya untuk memisahkan antara perintah dengan data ya, guys!

Lalu,  aritmetical and logical unit akan mengambil alih. Yup, yang akan mereka ambil alih adalah bagian penghitungan. Sistem yang satu ini akan menghitungkan berapa lama dan besar proses dalam sebuah data. Begitulah cara kerja CPU sebelum semua perhitungan ditampung oleh accumulator.

Setelah sampai pada accumulator, data akan diberikan kepada unit control. Namun, tidak berhenti sampai disana unit control akan membawa hasil tersebut menjadi output storage. Benar sekali, output storage merupakan hasil yang akan ditampilkan pada layar komputer kalian. Output storage yang ditampilkan merupakan output yang ada pada bidang masing-masing.

Nah, dengan begitu central processor unit akan terus mengulang hal yang sama selama komputer kalian dalam keadaan menyala. Hal ini membuktikan bahwa tanpa CPU maka komputer kalian tidak akan berjalan. Hal ini menjadi alasan mengapa pembelian komputer selalu diiringi dengan CPU. Tentu saja, hal ini karena semua cara kerja CPU sangat membantu komputer yang kalian miliki ya, guys!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *