Cara Memasang Photocell pada Lampu dengan Benar dan Mudah

  • Whatsapp
cara memasang photocell pada lampu jalan

Cara memasang photocell pada lampu, dewasa ini semakin banyak dicari. Sebab lampu otomatis yang bisa menyala dan mati otomatis, bukan hanya dibutuhkan untuk kebutuhan lampu jalan saja.

Semakin dengan berkembangnya zaman, peralatan untuk instalasi listrik pun semakin banyak mengalami perkembangan. Dari yang tadinya menggunakan peralatan sederhana, kini menggunakan alat yang bekerja dengan prinsip serba otomatis.

Hal ini dimaksudkan untuk meringankan dan pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah photocell. Bagi anda yang belum tahu dan ingin tahu apa itu photocell, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Pengertian dan Prinsip Kerja Photocell

cara-kerja-photocell

Sebelum membahas cara memasang photocell, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dan cara kerja photocell itu sendiri.

Pengertian Photocell

Photocell adalah komponen instalasi listrik yang berisi komponen elektronika. Berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik, sesuai dengan cahaya yang diterimanya.

Komponen utama yang ada di dalam photocell adalah LDR (Light Dependent Resistor). Dalam proses penggunaannnya. LDR berperan sebagai sensor cahaya, yang dapat meningkatkan serta mengurangi resistansi.

Photocell banyak digunakan pada lampu jalan, yang berada di luar ruangan. Dengan menggunakannya, dapat menghidupan dan mematikan lampu sesuai dengan kondisi cahaya di lingkungan sekitarnya.

Selain itu, Photcell juga bisa digunakan pada lampu di rumah tinggal yang lokasinya, berada di luar ruangan. Misalnya lampu teras dan lampu taman.

Cara Kerja Photocell

Cara kerja dari komponen instalasi listrik ini sangatlah sederhana. Namun manfaatnya sangat berguna dalam meningkatkan efisisensi listrik, dan mempermudah pekerjaan manusia.

Pada saat sensor LDR ini menerima cahaya, maka nilai resistansi atau hambatan akan bertambah besar, sehingga dapat memutuskan arus listrik. Pada kondisi ini, photocell berfungsi seperti saklar terbuka (kondisi OFF).

Sedangkan pada saat tidak menerima cahaya, misalnya pada malam hari, maka nilai resistansi pada LDR akan mengecil. Akibatnya arus listrik dapat mengalir. Dalam kondisi ini photocell dapat diibaratkan seperti saklar tertutup (Kondisi ON).

Cara Memasang Photocell pada Lampu

Cara memasang photcell untuk instalasi lampu sangatlah simpel. Bisa dengan mudah anda lakukan sendiri.

Pada photocell terdapat 3 buah kabel yang keluar, dan masing-masing harus dihubungkan dengan komponen yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa memperhatikan gambar di bawah ini :

cara-memasang-photocell-pada lampu

Terlihat di gambar, kabel berada ujung (hitam) dihubungkan dengan sumber phase (api). Kabel yang berada di tengah (putih) dihubungkan dengan sumber netral (nol) serta beban (lampu). Terakhir, kabel ujung (merah) dihubungakn ke beban (lampu).

Keterangan warna kabel :

  • Red = Load
  • Black = Line
  • White = Netral.

Untuk lebih detail mengenai langkah-langkah pemasangan photocell pada lampu, bisa anda simak berikut :

Pertama, matikan terlebih dahlu sumber listrik melalui MCB utama yang berada di bawah KWH Meter. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal, untuk menjamin keamanan saat melakukan pekerjaan pemasangan photocell.

Pilih lampu yang akan dikendalikan dengan photocell, lalu buka fittingnya.

Di fitting tersebut, anda akan menemukan kabel fasa dan netral. Untuk menentukannya anda bisa melakukan tes menggunakan tespen. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, pastikan menggunakan prosedur cara menggunakan tespen dengan baik dan benar.

Lakukanlah perpangangan pada 3 kabel yang sudah ada pada photocell. Karena sebaiknya anda meletakan photcell tidak di bawah sinar lampu.

Lakukanlah penyambungan sesuai dengan gambar yang sudah diberikan di atas. Pastikan anda menggunakan isolasi yang baik, untuk menghindari korselting dan risiko lainnya.

Demikianlah informasi kali ini mengenai pengertian, prinsip kerja, dan cara memasang photocell pada lampu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *