Cara memberi pasword USB
Cara memberi pasword USB

Cara Memberi Pasword USB / Flashdisk Agar Tidak Bisa Dibuka Orang Lain

Diposting pada

Cara memberi pasword USB / Flashdisk tentu sangat dibutuhkan dewasa ini, sebab alat ini memang sangat menunjang untuk menyimpan berbagai data penting.

Dengan mengetahui cara memberi pasword USB/ Flashdisk, maka sobat akan semakin tenang. Tentu saja karena tidak semua orang bisa membuka isi flashdisk tersebut, kecuali bila mengetahui paswordnya.

Pengertian USB dan Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Sebelum membahas cara memberi pasword USB / Flashdisk, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu kedua istilah tersebut. USB sendiri pada dasarnya adalah kepanjangan dari Universal Serial Bus.

Dilansir dari Wikipedia, pengertian USB yaitu standar bus serial yang digunakan sebagai perangkat penghubung, dimana umumnya pada komputer tetapi juga biasa digunakan pada perangkat lain, misalnya saja seperti ponsel, PDA, maupun konsol permainan.

Sementara pengertian Flashdisk sendiri yaitu suatu media penyimpanan portabel, dimana untuk menghubungkannya ke komputer didesain menggunakan port USB.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Memori C Komputer Penuh yang Terbukti Ampuh

Flashdisk adalah media penyimpanan yang sangat kecil, simpel dan praktis. Hal ini dikarenakan di dalam media penyimpanannya hanya menggunakan chip, sebagai komponen yang digunakan untuk media penyimpanannya. Namun demikian, sekalipun bentuknya kecil tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup tinggi, sehingga selain mudah digunakan juga sangat praktis untuk dibawa kemana pun.

Flashdisk adalah sebuah media penyimpanan portable yang menggunakan port USB untuk menghubungkannya dengan perangkat komputer. Perangkat penyimpanan ini cukup kecil karena didalamnya hanya menggunakan chip sebagai komponen penyimpanannya, akan tetapi memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, sehingga sangat simpel untuk kita bawa dan kita gunakan.

Cara Memberi Pasword pada USB atau Flashdisk

Setelah membahas kedua istilah di atas, maka tibalah saatnya kita membahas cara memberi pasword USB atau Flashdisk tanpa software. Meski sebenarnya banyak software yang disediakan untuk keperluan ini, namun agar lebih praktis dan efisien maka kita akan membahas cara yang tidak menggunakan softaware.

Adapun tahapan cara memberi pasword USB tanpa software tersebut, adalah sebagai berikut.

Silahkan sobat colokan USB/ Flashdisk yang sobat miliki ke laptop atau komputer.

Klik Start kemudian tuliskan Bitlocker Drive Encryption di kotak search, setelah itu silahkan tekan enter.

Cara memberi pasword USB

Lihat dan perhatikan partisi USB kemudian klik Turn on Bitlocker.

Cara memberi pasword USB

Selanjutnya sobat tinggal menuliskan pasword yang diinginkan pada pengaturan password yang ditanyakan windows.

Setelah memasukan pasword yang dikehendai selanjutnya silahkan sobat klik next.

Cara memberi pasword USB

Agar tidak lupa saat menyimpan pass, silahkan sobat pilih Save the recovery key to a file, kemudia. klik next.

Langkah terakhir, silahkan sobat klik Start Encryption, maka setelah itu tidak ada yang bisa membuka isi file Flashdisk sobat tanpa memasukan pasword yang tepat, yang sebelumnya telah sobat atur dan tentukan tersebut.

Referensi Kami : Mengenal Fungsi Bagian-bagian Komputer, Penting untuk Anak TKJ!

Itulah sobat cara memberi pasword USB atau Flashdisk, bagaimana sangat mudah bukan?

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.