Cara membersihkan layar TV LED

Cara membersihkan layar TV LED adalah sesuatu yang sangat menarik untuk kita bahas. Terlebih di zaman era TV LED ini.

Sebab untuk membersihkan TV LED tidak boleh dilakukan sembarangan, harus ada cara khusus agar layar TV LED yang kamu miliki selalu dalam keadaan yang prima.

Baca Juga : Cara Benar Merawat LED Laptop Agar Selalu Prima

Debu dan kotoran memang selain membuat layar LED terlihat kusam, dan jorok. Lebih dari itu hal itu, juga bisa menghalangi tampilan gambar. Namun tidak hati-hatinya saat membersihkannya, dapat menyebabkan layar tergores. Begitupun cairan pembersih yang digunakan, harus diperhatikan agar justru tidak menyebabkan kerusakan. Begitupun dengan berbagai hal lainnya, yang harus benar-benar di perhatikan.

9 Cara Membersihkan Layar LED TV

Kamu tentu penasaran bukan mengenai cara membersihkan layar LED TV ini. Wajar saja, karena mayoritas memang sangat ingin menjaga dengan baik LED TV yang dimilikinya.

Baca Juga : Ini 10 Merk LED TV Terbaik di Tahun 2019

Tidak memerlukan banyak biaya, inilah ke-9 cara membersihkan layar LED TV tersebut :

1.Matikan TV Bila Perlu Copot Kabel Listriknya

Cara membersihkan layar TV LED
Image via viaryanestis.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membersihkan LED TV, adalah mematikan TV dan mencabut kabel yang menghubungkannya ke sumber listrik. Ini tentu sangat penting. Sebab dalam keadaan off, kamu akan melihat dengan mudah debu dan kotoran yang menempel di layar LED TV tersebut.

Mematikan TV sebelum dibersihkan juga sangat penting, agar saat membersihkannya kamu justru tidak merusak pixel layar. Sebab besar kemungkinannya, jika membersihakan layar dalam keadaan TV menyala, justru akan merusak pixel layarnya.

Dengan hal ini, selain dapat menghemat listrik, hal ini juga sangat berguna sebagai proses cooling down, atau pendingunan TV yang selalu menyala.

2. Gunakan Kain Lembut yang Kering

Cara membersihkan layar TV LED
Image via YouTube

Setelah TV sudah dingin, langkah selanjutnya tentu saja menyiapkan kain sebagai peralatan utama untuk membersihkan layar LED TV.

Pastikan kain tersebut benar-benar lembut, dan bersih. Sangat disarankan kamu menggunakan kain khusus, seperti kain Microfiber. Sehingga saat mengusapkannya ke layar tidak membuat layar justru menjadi kotor dan tergores.

Setelah TV sudah benar-benar dingin, kamu bisa langsung memulainya dengan mengusapkan kain tersebut secara perlahan hingga menyeluruh. Sangat disarankan untuk jangan menekannya terlalu keras, karena dikhawatirkan dapat merusak layar.

3. Cek Kembali Layar Setelah Dibersihkan

Setelah selesai membersihkan layar LED TV, silahkan cek kembali tingkat kebersihannya. Jika ternyata masih terdapat debu dan kotoran yang menempel. Silahkan lakukan kembali langkah 1 dan 2, sampai kotoran di layar TV benar-benar hilang semua.

4. Gunakan Campuran Cuka dan Air

Cara membersihkan layar TV LED
Image via homedit.com

Perpaduan antara cuka dan air, adalah sarana membersihkan layar LED TV yang cukup ampuh. Perpaduan ini, akan dapat mempermudah kamu untuk lebih mudah membersihkan noda membandel. Saat mencampurkan air dan cuka, selalu pastikanlah bahw air yang kamu gunakan benar-benar bersih.

Selain itu, jangan pernah menyemprotkan air bercampur cuka tersebut, secara langsung ke layar LED TV. Sebab hal itu justru dapat merusak LED TV secara permanen.

Untuk memulai cara ini, silahkan siapkan tempat untuk mencampurkan cuka dengan air tersebut. Setelah itu, celupkan ujung kain microfiber ke cairang tersebut, untuk kemudian mengusapkannya ke layar TV.

Saat ini, di toko-toko elektronik pun sudah tersedia cairan pembersih, dengan bahan utama cuka dan air. Kamu tinggal membelinya di toko elektronik terdekat, sehingga akan lebih praktis dan tak perlu repot.

Referensi Kami : Ini Rahasia Sukses Membangun Usaha Elektronik Rumah Tangga

5. Gunakan Screen Clean

Screen clean adalah cairan pembersih khusus yang aman untuk LED TV. Tentu dalam menggunakannya harus dengan bijak, yaitu digunakan seperlunya dan tidak dalam rentan waktu terlalu sering.

6. Membersihkan Layar LED TV Bisa dengan Kayu Putih

Jika sobat ingin membersihakan layar TV, sembari merilexan pikiran, cara ini bisa sobat tempuh. Minyak kayu putih yang digunakan untuk keperluan kesehatan, ternyata dapat juga digunakan sebagai cairan pembersih layar TV.

Selain dapat membuat pikiran rilex, kandungan yang dimiliki minyak kayu putih, ternyata juga aman untuk layar. Sehingga dapat digunakan sebagai cairan alternatif, untuk membersihkan kotoran membandel.

7. Jangan Menggunakan Bahan Kimia Berlebihan

Cara membersihkan layar TV LED
Image via noartificial.com

Dalam membersihkan layar LED TV, sangat tidak disarankan menggunakan cairan kimia. Sebab cairan bahan kimia, justru akan dapat merusak layar TV LED. Adapun beberapa bahan kimia yang tidak boleh digunakan adalah ammonia, aseton, dan etil alkohol.

Hindari semaksimal mungkin penggunaan cairan berbahan kimia tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan justru akan menyebabkan kerusakan secara permanen.

Umumnya bahan-bahan kimia tersebut, akan mudah kamu temukan pada pelarut cat, penghilang kutex, dan juga Windex. Jadi jika ada cairan berbahan kimia tersebut, hindari jauh-jauh untuk digunakan dalam memberihkan layar LED TV ya.

8. Jangan Menggunakan Bahan Non-Ultrasoft

Cara membersihkan layar TV LED
Image via carisinyal.com

Bahan non-ultrasoft adalah bahan yang bertekstur kasar, sehingga tidak boleh digunakan untuk membersihkan layar LED TV. Sebab jika itu dilakukan, besar kemungkinnannya justru akan membuat layar mengalami banyak goresan.

Bahan-bahan non-ultrasol biasanya terdapat pada handuk, kertas tisu, dan juga tisu toilet.

9. Selalu Menempatakan TV di Tempat Bersih

Cara membersihkan layar TV LED
Image via idprinterest.com

Selalu menempataka TV di tempat yang bersih, adalah cara paling efektif untuk senantiasa menjaga kebersihan TV. Sehingga kamu tidak dibuat repot, karena harus sering membersihkannya.

Oleh karena itu, hindarilah menempatkan TV diberbagai tempat yang mudah terkena debu dan kotoran. Seperti di depan pintu dan dekat jendela.

Selain itu, jauhkan juga TV kamu dari kipas angin. LED juga dianjurkan untuk dijauhkan dari kipas angin. Sebab kipas angin bisa membawa debu dan kotoran, sehingga bisa meniupkannya ke arah LED TV kamu.

Demikian cara membersihkan LED TV, dan berbagai hal yang harus dihindari. Jangan lupa atur jadwal proses pembersihannya ya. Agar tidak terlalu sering, apalagi jika terlalu jarang. Pembersihan TV yang tepat dalam segala aspek, akan membuat kondisi LED TV mu selalu optimal.

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-5638913507941520" data-ad-slot="9964390282" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …