cara membersihkan printer Inkjet

Cara Membersihkan Printer Inkjet dengan Baik dan Benar, Ikuti 6 Langkah Ini !

Diposting pada

Cara membersihkan printer inkjet memang membutuhkan sedikit kesabaran. Karena memang lebih rumit, jika dibandingkan dengan model infus. Yang agak menyulitkan dalam membersihkan printer model inkjet, karena menggunakan catridge yang ukurannya kecil sebagai wadah tintanya.

Masalah macetnya tinta pada printer inkjet, biasanya lebih sering disebabkan oleh adanya tinta kering, yang menyumbat bagian kepala catrudge atau headnya. Agar bisa bisa lancar lagi, sumbatan tersebut harus dibersihkan. Namun prosedurnya tidak boleh sembarangan, sehingga anda perlu tahu cara membersihkan printer Inkjet yang baik dan benar, sehingga setelahnya tidak justru menyebabkan kerusakan.

Sebab bukan hanya tinta kering saja, yang akan berpotensi menyebabkan macetnya printer. Bisa juga disebabkan oleh kotoran lainnya, yang berasal dari luar. Membersihkan printer inkjet memang bukan hanya bagian dalamnya saja, melainkan juga pada permukaan luarnya. Printer yang diletakkan di atas meja, atau di tempat lainnya. Pastinya akan sering terkena debu dan kotoran. Sehingga bisa mengganggu kelancaran kinerja mesin pencetak tersebut.

Untuk membersihkan mesin printer inkjet , ada beberapa langkah yang harus dilakukan dengan hati-hati, sehingga tidak menyebabkan kerusakan. Inilah tahapan dalam membersihkan printer model inkjet, yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Mebersihkan Printer Model Inkjet

Setidaknya ada 6 langkah dalam cara membersihkan printer Inkjet ini, adapun tahapan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Alat yang Diperlukan

Sebelum memulai aktivitas membersihkan printer inkjet, siapkan dulu semua alat dan perlengkapan yang dibutuhkan, yaitu :

▪ Tisu yang berkualitas bagus daya serapnya.

Cairan pembersih bisa menggunakan yang khusus untuk kaca.

Printer oiladala cairan untuk melumasi printer.

▪ Sarung tangan

Matikan Daya dan Lepaskan Catridge

Setelah semua alat dan perlengkapan untuk membersihkan printer inkjet, maka proses pembersihan bisa segera dilakukan. Dimulai dengan langkah pertama, yaitu matikan daya pada printer. Lepaskan kabelnya dari stop kontak, lalu lepaskan catridge dari mesin pencetak. Lakukan dengan hati-hati agar catridge tidak mengalami kerusakan.

Bersihkan Catridge

Begitu catridge dilepakan dari printer, biasanya kita akan melihat sisa-sisa tinta menempel di sekitar head, atau saluran penyemprot tinta. Untuk membersihkan sisa tinta yang menempel tersebut, ambilah tisu kering.

Kemudian semprotlah bagian head dengan cairan pembersih. Usap secara perlahan, pada bagian head yang telah disemprot tadi agar tidak terjadi kerusakan pada bagian tersebut. Untuk mengeringkannya gunakan sisi tisu yang bersih.

Bersikan Pita

Hal yang tidak boleh dilewatkan, dalam cara membersihkan printer inkjet adalah pembersihan pada bagian pitanya. Kebanyakan orang hanya membersihkan catridge saja, dan melewatkan bagian pitanya. Tujuan dari pembersihan pita ini, agar tinta bisa melakukan pencetakan di atas kertas dengan sempurna.

Cara untuk membersihkan pita printer adalah sebagai berikut :

▪ Ambil tisu kering semprot dengan cairan pembersih.

▪ Usap pita dengan perlahan dan hati-hati, terutama pada bagian yang terdapat sisa tinta.

▪ Lakukan tahapan ini dengan sangat hati-hati, karena pita pada printer ini merupakan bagian yang mudah rusak.

Bersihkan Tempat Catridge

Setelah membersihkan pita dalam printer, jangan lupa untuk membersihkan juga pada bagian dudukan, atau tempat menempelnya catridge pada printer. Tetap lakukan dengan hati-hati setiap membersihkan komponen, yang terdapat di dalam printer termasuk tempat catridge ini.

Ambil selembar tisu, basahi dengan sedikit cairan pembersih, lalu usapkan pelan-pelan pada tempat catdrige. Untuk bagian yang sudah dijangkau, bisa menggunakan cotton bud. Sehingga proses pembersihan bisa lebih menyeluruh. Pastikan semua sisa tinta yang menempel, sudah bersih dengan sempurna.

Teteskan Printer Oil

Untuk menyempurnakan proses pembersihan, dan agar proses mencetak nantinya bisa berjalan dengan lancar, gunakan cairan pelumas yang disebut dengan printer oil. Sebagaimana fungsi pelumas pada umumnya, printer oil ini, akan membantu printer bisa bekerja secara lebih optimal, lebih halus suaranya dan tentunya akan lebih awet. Teteskan minyak tersebut pada bagian rollers printer secara merata.

Masukkan Kembali Catridge

Setelah semua langkah di atas dilakukan, artinya kita sudah masuk ke langkah terakhir dalam membersihkan printer inkjet. Langkah terakhir ini adalah memasukkan kembali catridge ke dalam prin,ter agar bisa dicoba apakah sudah lebih bagus hasil cetaknya dibandingkan dengan sebelum dibersihkan.

Lakukan dengan hati-hati saat memasukkan kembali catridge ke dalam mesin printer, agar tidak ada bagian yang rusak. Tutup casingnya, kemudian pasang kabel printer pada stop kontak dan sambungkan USB dengan PC. Nyalakan printer, dan cobalah lakukan pencetakan dokumen dan lihat bagaimana hasilnya.

Demikian tutorial mengenai cara membersihkan printer Inkjet. Untuk mengetahui cara membersihkan printer model infus, silahkan klik di sini. Semoga dengan mengetahuinya, printer yang kita miliki selalu dapat bekerja dengan optimal. Semoga bermanfaat !

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.