7 Cara Membuat Toko Online Sendiri di Shopee, Mudah dan Berhasil!

  • Whatsapp

Cara membuat toko online sendiri di Shopee, penting diketahui para pemilik usaha. Di era digital ini, kita bisa tertinggal jika tidak mengikuti tuntutan zaman.

Shopee adalah salah satu marketplace yang saat ini sangat populer, dan banyak digunakan masyarakat Indonesia. Dengan memiliki toko online di Shopee, maka kita bisa meraih banyak target pasar sehingga bisa meningkatkan nilai penjualan.

7 Cara Membuat Toko Online Sendiri di Shopee

Bukan hanya populer sebagai situs berbelanja online, cara membuat toko online di Shopee juga terbilang mudah. Dengan demikian, bukan hanya memudahkan belanja, namun juga dapat memperluas target pasar.

Kamu yang sedang mencari cara membuat toko online sendiri di Shopee, berikut tahapan yang harus dilalui:

1. Buat Akun di Shopee

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat toko online di Shopee, tentu harus membuat akun lebih dulu. Selain mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan App Store, kamu juga bisa mengungungi situs resmi Shopee.

Selanjutnya, silahkan klik daftar.

cara membuat toko online di shopee

Seperti gambar di atas, kamu bisa melakukan pendaftaran menggunakan email, nomor telepon, Facebook, Apple ID, dan juga akun Google.

Pastikan alamat email dan nomor ponsel, belum pernah digunakan sebelumnya untuk mendaftar di Shopee. Setelah itu, kamu tinggal melakukan verifikasi nomor ponsel dan email yang didaftarkan tersebut.

2. Lengkapi Profil Sesuai Data yang Sebenarnya

Setelah selesai membuat akun, pada tampilan website kamu bisa mengklik menu jual yang berada di pojok kiri atas.

Sementara jika menggunakan smartphone, kamu memilih menu saya yang berada di sisi kanan bawah, kemudian klik mulai jual di sisi kiri atas.

Jangan lupa lengkapi profil toko online kamu melalui Seller Centre Shopee.

Caranya, silahkan masuk pada menu pengaturan toko. Isilah profil toko online kamu dengan lengkap, dan sesuai dengan data sebenarnya.

Beberapa data yang harus diisi seperti nama toko, deskripsi, logo, dan banner toko yang menarik. Jika semua data yang dibutuhkan telah terisi, silahkan klik Simpan.

3. Atur Alamat Toko dan Jasa Pengiriman

Cara membuat toko online di Shopee yang tak kalah penting, adalah mengatur alamat. Kamu bisa melakukannya menggunakan menu Alamat Saya, lalu isi alamat lengkap toko kamu.

Penambahan alamat ini, selain penting sebagai identitas juga akan menambah kepercayaan calon konsumen. Jika kamu memiliki tempat usaha lebih dari satu, maka kamu bisa menambahkan alamatnya.

Caranya dengan mengklik menu Tambah, yang berada di pojok kanan atas. Isi alamat toko tersebut, kemudian klik Simpan.

Jangan lupa, atur juga pilihan jasa pengiriman sesuai yang tersedia di kotamu. Semakin banyak pilihan jasa pengiriman, akan semakin membuat banyak konsumen berdatangan.

Tak jarang, konsumen mengurungkan niatnya berbelanja, karena tidak ada jasa pengiriman yang sesuai, dengan lokasi tempat tinggalnya. Cara mengaturnya, silahkan klik Jasa Kirim, beri tanda centang untuk jasa ekspedisi yang diinginkan, lalu klik Simpan.

4. Tambahkan Nomor Rekening Bank

Dalam hal jual beli online, nomor rekening mengambil peranan penting. Salah satu fungsi nomor rekening ini, adalah untuk pencairan dana penjualan.

Untuk mengatur rekening Bank di aplikasi Shopee, kamu bisa masuk pada menu Kartu/ Rekening Bank. Selanjutnya silahkan masukan password Shopee,  kemudian Tambah Rekening Bank. Langkah terakhir, klik Lanjut.

5. Mulai Berjualan

Setelah berbagai data yang diperlukan dilengkapi, maka kamu sudah bisa mulai berjualan. Adapun beberapa cara jualan di Shopee tersebut adalah sebagai berikut:

  • Masuk pada akun Seller Shopee melalui situs, atau di aplikasi.
  • Klik Saya > Jual > Tambah Produk Baru
  • Lengkapi atribut produk seperti foto produk, rincian produk, harga produk, hingga pilihan jasa pengiriman.
  • Klik ikon centang yang ada di kanan atas aplikasi.
  • Selesai, dan produk yang kamu jual pun sudah live di etalase Shopee!

6. Jangan Lupa Promosikan Produk

Setelah produk kamu tampil di Shopee, jangan lupa melakukan promosi agar produk yang dijual cepat laku keras. Setiap 4 jam sekali, Shopee memberikan kesempatan pada penjual untuk menaika produknya.

Agar penjualan meningkat, kamu bisa membagikan tautan toko kamu melalui media sosial, YouTube, hingga blog atau website.

7. Cara Jualan di Shopee agar Cepat Laku

cara jualan di shopee

Kamu yang mencari cara membuat toko online sendiri di Shopee, tentunya memiliki tujuan utama meningkatkan nilai penjualan.

Agar tujuan tersebut benar-benar terealisasi, maka perlu strategi jitu sehingga nilai penjualan benar-benar meningkat melalui perantara Shopee. Adapun beberapa strategi meningkatkan penjualan di Shopee, diantaranya sebagai berikut:

1. Perbanyak Produk yang Dijual

Berjualan secara online tidak beda jauh dengan berjualan offline. Jika kita memiliki banyak pilihan produk dalam etalase toko, maka semakin besar kesempatan mendapatkan banyak pelanggan.

Selain semakin bisa memenuhi beragam kebutuhan setiap orang, juga menambah nilai baik bagi toko online kita. Dengan adanya fitur upload secara masal, kamu bisa mengunggah banyak produk dengan cepat.

2. Pastikan Menyediakan Produk yang Banyak Dicari

Agar toko kamu selalu ramai pembeli, pastikan kamu bisa senantiasa memilliki stok produk yang banyak dicari warganet. Atas dasar itu, kamu harus senantiasa mengikuti setiap tren yang ada.

Agar bisa bersaing dengan baik, silahkan buat harga lebih terjangkau dari para pesaing. Dengan hal ini, maka konsumen akan lebih memilih berbelanja di tokomu, sehingga nilai pennjualan dapat naik drastis.

3. Tingkatkan Jumlah Follower

Seperti halnya Instagram, dan Twitter. Shopee juga memiliki fitur follower dan following.

Ini tentu akan sangat berdampak pada perfoma penjualan suatu toko online. Jumlah follower yang banyak, akan membuat produk yang dijual lebih cepat laku.

Atas dasar itu, cara jualan di Shopee agar cepat laku yang tak kalah penting adalah meningkatkan jumlah pengikut. Fokuslah akan hal tersebut, terutama saat awal membuat toko.

4. Jangan Lupa Aktifkan Fitur Free Ongkir

Gratsi ongkir adalah salah satu pemikat dalam berjualan online. Memahami hal tersebut Shopee pun menyediakan fitur khusus. Fitur gratis ongkir Shopee ini, dimulai dari 0, Rp 30 ribu, Rp 90 ribu, hingga Rp 200 ribu.

Untuk mengaktifkan fitur gratis ongkir Shopee sangatlah mudah. Kamu hany diwajibkan untuk melakukan foto selfie sambil memegang KTP, dan foto KTP itu sendiri.

Menariknya, jika pembbeli menggunakan voucher gratis ongkir, kamu sudah tidak lagi diharuskan membayar ongkos kirim kepada jasa ekspedisi.

5. Ikuti Program Khusus Shopee

Salah satu program wajib yang harus diikuti, agar kamu bisa meningkatkan penjualan adalah Flash Shale. Flash Shale adalah penjualan produk yang telah didiskon dalam waktu yang singkat.

Program ini dapat dilihat oleh semua pengguna Shopee. Dengan mengikutinya, maka kamu akan lebih mudah mendatangkan pembeli.

6. Lakukan Pembukuan dengan Baik

Pembukuan dalam bisnis apa pun sangatlah penting. Rekaplah dengan baik, pembelian dan penjualan produk yang telah dilakukan.

Dengan hal tersebut, maka kamu bisa lebih mudah mengetahui tingkat keuntungan, kelemahan dan kelebihan usaha, hingga bermanfaat untuk menentukan strategi bisnis.

Demikian pembahasan lengkap cara membuat toko online sendiri di Shopee. Semoga artikel ini juga bermanfaat untuk kamu yang mencari, cara berjualan di Shopee agar cepat laku. Jangan lupa share ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *