Cara Membuat Website Self Hosted
Cara Membuat Website Self Hosted

Cara Membuat Website Self Hosted dengan WordPress.org

Diposting pada

Cara membuat website self hosted tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi sobat yang ingin memiliki sebuah website profesional. Salah satu platform yang dapat menjawab kebutuhan tersebut adalah WordPress. Selain menjadi favorit bagi banyak pengguna, juga sangat profesional, responsive dan juga menarik.

Kerennya lagi, penggunaannya pun sangat mudah sehingga WordPress dapat digunakan oleh hampir semua kalangan, baik para pemula apalagi mereka yang sudah sangat mahir dalam pembuatan sebuah website. Sehingga mayoritas mereka menggunakan WordPress untuk membuat website self hosted ini.

Keuntungan besar dari membuat website self hosted dengan menggunakan WordPress, salah satunya adalah kesan profesionalitas yang dapat dihadirkan oleh website itu sendiri. Berbeda dengan CMS custom domain yang lainnya seperti wordpress.com maupun blogspot.com yang fiturnya terbatas. WordPress self-hosted memiliki berbagai fitur premium yang tidak ada pada keduanya.

Hingga tak heran, jika hingga kini senantiasa banyak media besar yang menggunakan WordPress self-hosted sebagai penopang utama bagi website mereka.

Pengertian Self Hosted

Pengertian self hosted sendiri menurut penulis adalah sebuah website mandiri, dimana hosting dan domainnya tidak menggunakan dari pihak lain, seperti blogspot.com ataupun wordpress.com itu sendiri.

Selengkapnya Baca : Pengertian Blog Hosted dan Self Hosted Serta Jenisnya

Tahapan Membuat Website Self Hosted

Berikut beberapa tahapan yang harus sobat lakukan untuk membuat website self hosted profesional :

1.  Membeli Hosting & Domain

Jika saat menggunakan wordpress.com kita bisa langsung mendaftar, ini tidak berlaku saat anda memutuskan untuk membuat website self hosted di wordpress.org. Hal tersebut dikarenakan sebelumnya sobat harus menyiapkan hosting dan domain dari pihak ketiga terlebih dahulu.

Harga domain dan hosting tentu bermacam-macam, hal tersebut ditentukan berdasarkan kualitas dan kapasitas yang disediakanya. Jika dalam hal ini sobat masih pemula, disarankan sobat menggunakan penyedia hosting dalam negeri, seperti Puskomedia Indonesia. Sehingga dengannya anda akan mendapatkan pelayanan yang lebih mudah.

Cara Membeli Hosting dan Domain

Cara Membuat Website Self Hosted
  1. Buka puskomedia.id , meski banyak penyedia domain dan hosting di tempat lain, namun penulis merekomendasikan untuk menggunakan Puskomedia. Selain bisa membeli domain dengan harga mulai Rp. 50.000,- pertahunnya, di situs ini juga ada pelayanan pembuatan website dari awal sampai jadi, sehingga sangat praktis dan menghemat waktu sobat.
  2. Pilihlah paket hosting yang spesifikasinya sesuai dengan keperluan sobat. Di Puskomedia Indonesia, sobat bisa membeli hosting dengan harga mulai Rp. 88.000,-/ tahunnya.
Cara Membuat Website Self Hosted

2. Menginstall WordPress di Hosting

Menginstal WordPress di hosting, adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membuat website self hosted ini. Adapun caranya adalah sobat harus masuk terlebih dahulu pada cpanel website yang telah sobat buat, dimana cara mengaksesnya akan dikirim Puskomedia lewat email yang telah sobat gunakan sebelumnya untuk mendaftar.

Setelah masuk ke halaman cpanel silahkan klik softaculous Apps Instaler yang ada di bawah (scroll ke bawah jika belum melihatnya). Selanjutnya silahkan pilih WordPress kemudian klik install. Silahkan isi berbagai data yang ada pada form, salah satunya adalah username dan pasword untuk keperluan masuk ke WordPress. Tunggu beberapa saat sampai WordPress sobat benar-benar telah selesai di instal.

Setelah wordpres terinstall, selanjutnya sobat tinggal masuk ke dashboard WordPress, dengan cara klik namadomain/wp-admin, contoh duniaelektronik.net/wp-admin.

3.  Menginstal Theme Sesuai Keinginan

Jika sudah berhasil menginstal hosting di WordPress, maka langkah selanjutnya sobat tinggal mengatur theme dan beberapa pengaturan lain, seperti judul blog. Buatlah judul blog semenarik mungkin, serta usahakan bisa mewakili seluruh isi di dalamnya.

Disarankan untuk tidak asal-asalan dalam mengatur tema atau template, sebab secara menyeluruh ia memiliki pengaruh besar terhadap penampilan layout website. Meski saat menginstal WordPress, umumnya template default akan terinstal otomatis pada hosting sobat. Namun demikian tidak semua orang menyukai tampilan tema standar dari WordPress tersebut.

Jika sobat ingin memiliki website berpenampilan menarik dan unik, maka sebaiknya sobat gunakan template premium. Lain halnya jika sobat menggunakan jasa pembuatan website dari Puskomedia sebab template premiumnya sudah disediakan. Bagi sobat yang ingin membeli template premium, sebenarnya banyak sekali situs yang menyediakannya misalnya saja seperti Theme Lab, Theme Forest, My Theme Shop, dan lain sebagainya.

Baca : Tips dan Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Sementara bagi sobat yang lebih memilih menggunakan tema dari bawaan WordPress, silahkan bisa menginstalnya pada halaman WordPress. Caranya tinggal klik Appearance kemudian pilih Theme, dan klik Add New. Selanjutnya sobat tinggal memilih tema yang cocok.

4. Membuat Pengaturan dan Menginstal Plugins

Agar situs sobat dapat bekerja dengan lebih baik dan optimal, maka diperlukan beberapa pengaturan serta pemasangan beberapa plugin penting. Meskipun sederhana namun beberapa pengaturan ini memiliki pengaruh yang besar untuk website sobat, diantaranya :

  • Menambahkan logo dan baner identitas website.
  • Membuat halaman tentang kami (about), kontak, privacy policy, dan lain sebagainya.
  • Merapihkan letak widget di sidebar.
  • Mengatur posisi menu kategori.

Memasang plugin dengan jalan menginstalnya, bagi situs WordPress sangatlah penting, sehingga dengannya kemampuan situs akan meningkat. Adapun beberapa plugin penting tersebut antara lain adalah Yoast SEO, SEO Friendly Image, Google XML Sitempas, Wordfence Security, dan lain sebagainya.

5. Silahkan Buat Postingan 

Setelah semua hal di atas sudah sobat lakukan maka website sobat pun sudah siap digunakan. Silahkan segera buat postingan sebanyak-banyaknya, sehingga website sobat akan semakin mudah mendapatkan banyak pembaca.

Referensi Kami : Tips Website Sekali Daftar Langsung Diterima Adsense

Demikian tutorial membuat website self hosted, semoga bermanfaat. Jangan lupa share hal-hal yang bermanfaat ya sobat, saya doakan website yang sobat bangun akan memberikan banyak keuntungan untuk sobat dunia dan akhirat.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.