cara membuat website untuk bisnis

Cara Membuat Website untuk Bisnis Online Agar Cepat Menghasilkan!

Diposting pada 295 views

Cara membuat website untuk bisnis online rasa-rasanya makin penting dipahami semua kalangan, terutama bagi yang memiliki usaha. Hal ini karena gaya beli masyarakat saat ini sangat mengalami perubahan, salah satunya dalam hal pembelian secara online.

Jika para pengusaha hanya mengandalkan penjualan secara offline, maka dapat dipastikan akan cepat tertinggal jauh oleh para pesaing. Atas dasar itu, perlu perhatian serius akan hal ini.

Manfaat Website untuk Bisnis

Sebelum membahas cara membuat website untuk bisnis, ada baiknya kita ulas lebih dulu manfaatnya. Sebenarnya ada banyak manfaat website untuk bisnis, dan ada kemungkinan setiap orang merasakan hal yang berbeda. Ada pun diantara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Jangkauan Target Pasar Sangat Luas

Cara membuat website untuk bisnis

Bukan rahasia lagi jika saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Ketika smartphone mereka tak memiliki kuota, rasanya seperti tubuh yang belum mengkonsumsi nasi.

Bukan hanya dalam mencari informasi maupun hiburan, tak seedikit pula yang mengakses internet untuk mencari produk tertentu hingga berbelanja. Bahkan ada pula yang awalnya tak berniat membeli, karena mengetahui informasi produk dari website yang diaksesnya akhirnya ia tertarik dengan produk tersebut.

Dengan memiliki website, target pasar usaha kamu bukan lagi dalam skala wilayah terbatas. Namun target pasarnya sangat luas, yakni siapa saja yang mengakses website tersebut maka memiliki peluang menjadi pelanggan.

Tugas kamu hanya berusaha agar postingan artikel maupun produk dalam website tersebut, bisa tampil di halaman utama pencarian. Baik saat diakses oleh warganet Indonesia maupun luar negeri.

Senantiasa Terhubung dengan Pelanggan

Manfaat website untuk bisnis berikutnya adalah dapat senantiasa terhubung dengan pelanggan. Dengan memilikinya usaha yang kita jalankan bisa beroprasi setiap saat, sekali pun kita sedang terlelap tidur di malam hari. Bahkan juga bisa melayani mereka.

Dengan hal ini, maka pelanggan dan pemilik usaha akan merasa sama-sama nyaman.

Sarana Katalog Produk Maupun Jasa

Dengan memiliki website maka kita seperti memiliki area usaha yang sangat luas. Selain sebagai media promosi yang efektif, juga bisa digunakan untuk menjual banyak produk atau jasa sekaligus.

Kita pun tak perlu lelah menjelaskan kepada customer satu persatu, sebab setiap pengunjung bisa dengan mudah mengakses informasi produk yang sebelumnya telah ditulis secara detail.

Efektif dan Efisien

Diantara sekian banyak manfaat website untuk bisnis, yang utama tentunya dapat menghemat pengeluaran. Kamu tak perlu membangun maupun menyewa tempat usaha, hingga mempekerjakan banyak karyawan agar bisa melayani setiap customer yang datang. Bukan hanya itu, jika dikelola dengan baik  akan ada banyak sumber penghasilan website yang berdatangan.

Selain mudah, kamu bisa memiliki sebuah website untuk bisnis secara gratis. Namun jika ingin terlihat lebih profesional, memang sangat disarankan menggunakan domain dan hosting sendiri.

Rekomendasi CMS Website Terbaik

Banyak yang beranggapan membuat website itu sulit, sehingga kemudian menggunakan jasa pembuatan website bahkan ada juga yang mengurungkan niatnya. Padahal saat ini sudah ada CMS, sehingga kamu bisa membuat sebuah situs dengan cepat dan mudah.

CMS (Content Manajemen System) sendiri adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur konten pada sebuah situs. Dengannya pengguna bisa membuat sebuah situs, toko online maupun lainnya dengan sangat mudah.

Dari sekian banyak CMS yang ada, yang saya sarankan adalah WordPress. Ada banyak keuntungan saat kamu menggunakan WordPress, diantaranya adanya banyak pilihan plugin yang bisa digunakan.

Misalnya saja plugin Yoast Seo, yang dapat membantu kamu dalam menulis postingan SEO sehingga bisa tampil di halaman utama pencarian. Ada juga WooCommerce yang sangat memudahkan kamu untuk membuat toko online dengan profesional.

Cara Membuat Website untuk Bisnis Online dengan WordPress

Cara Membuat Website untuk bisnis

Untuk membuat web dengan WordPress kamu tak perlu belajar bahasa pemrograman atau html lebih dulu. Ada banyak situs terbaik yang telah membahas cara membuat website dengan WordPress dengan lengkap dan detail, sehingga pemula pun bisa mempraktekannya dengan mudah.

Meski bisa membuat website dengan gratis menggunakan WordPress, namun untuk semakin menunjang kesuksesan bisnis yang dibangun sebaiknya mengggunakan custom domain dan juga selft hosting.

Ada banyak penyedia layanan ini, diantaranya yang memiliki layanan terbaik dan terpercaya adalah Niagahoster. Sangat disarankan untuk memilih penyedia domain dan hosting terbaik, demi kelancaran usaha online kamu nantinya.

Selain agar memiliki kualitas tinggi saat diakses, juga agar saat ada kendala bisa segera diatasi sebab memiliki banyak tim ahli yang handal.

Tips Meningkatkan Omset Penjualan dengan Website

Kamu mencari cara membuat website untuk bisnis tentu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Meski pengguna internet sangat berlimpah di dunia ini, namun tanpa strategi jitu tetap saja omset penjualan tidak akan naik. Terutama jika situs yang dibangun belum populer, dan sulit ditemukan di halaman utama pencarian.

Setidaknya kamu harus memahami cara menulis artikel seo, sehingga setiap postingan yang dibuat bisa sesuai dengan ketentuan optimasi mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lainnya.

Karena kamu pengguna WordPress hal ini bisa kamu pelajari dengan mudah, pasang saja plugin Rank Math atau Yoast Seo. Setelah diaktifkan kamu akan mendapat panduan setiap kali menulis artikel agar bisa SEO Friendly.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat website untuk bisnis online, semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada kendala, dengan senang hati kami akan menjawabnya melalui kolom komentar.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.