Cara membuat website

5 Cara Membuat Website untuk Mempercepat Kemajuan Bisnis di Era Digital

Diposting pada 514 views

Cara membuat website untuk kebutuhan bisnis, saat ini bukan hanya dibutuhkan oleh mereka yang baru merintis usaha. Namun, tak sedikit para pengusaha senior yang membutuhkannya. Bahkan sekali pun sebelumnya mereka sudah memiliki situs.

Hal ini karena pembuatan website tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Perlu persiapan dan perencanaan yang matang, sehingga mampu menunjukan performa yang maksimal.

Dengan memiliki website berkinerja baik, maka seakan kita memiliki banyak tambahan tenaga kerja yang sangat professional dibidangnya. Seperti kita tahu, kemampuannya yang mampu melayani pengunjung setiap saat, memang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang.

Peran Penting Perencanaan Pembuatan Website

Sebelum membahas cara membuat website untuk bisnis, perencanaan adalah poin penting yang tidak boleh dilewatkan. Luangkan waktu semakismal mungkin pada tahap ini. Melakukannya dengan baik, artinya Anda sedang membangun pondasi terbaik untuk kemajuan bisnis Anda dimasa depan.

Ada beberapa hal yang harus dipikirkan dalam perencanaan membangun sebuah situs. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat

Sebelum memikirkan cara membuat website bisnis, sebaiknya pikirkan dulu nama domain yang akan digunakan. Seperti halnya pada manusia, nama domain memiliki peranan yang sangat penting. Selain menjadi identitas dan ciri khas, ia juga bisa menggambarkan isi dari keseluruhan isi website.

Seperti duniaelektronik.net ini misalnya. Banyak yang mengira merupakan website dari penyedia barang-barang elektronik. Akhirnya tak jarang yang memesan produk, baik dalam sekala kecil maupun besar. Namun karena sejatinya ini adalah blog personal, tentu belum bisa memenuhi keinginan tersebut.

Hal ini menjadi motivasi bagi kami para pengelolanya, untuk bisa memiliki toko elektronik dalam waktu dekat. Meski memang beberapa orang pernah berniat mengakuisi website ini. Namun website ini sangat berharga bagi kami, sebab ia memang bisa menjadi perantara penghasilan sekali pun kami tidak menjual produk. Tentu saja, melalui sumber penghasilan blog yang memang cukup menggiurkan.

Fakta ini adalah gambaran nyata, akan sangat strategisnya suatu website untuk mempercepat kemajuan sebuah bisnis. Dengan memiliki website, selain target pasar semakin luas bisnis yang dikelola juga semakin terkenal dan dipercaya masyarakat luas.

Atas dasar itu, pastikan memilih nama domain yang mudah diingat. Jika sudah memiliki nama perusahaan tentu bisa menggunakan nama tersebut. Namun jika belum, Anda bisa juga menggunakan kata kunci sesuai bisnis yang dibidik. Misalnya jualankomputer.com, duriansuper.com dan lainnya sesuai produk yang dimiliki.

Rencanakan Desain Logo Website

Selain nama, logo juga merupakan sebuah identitas yang sangat penting. Bukan hanya untuk website namun juga bisnis yang Anda miliki.

Atas dasar itu, sebelum memikirkan bagaimana cara membuat website terbaik untuk bisnis sebaiknya pikirkan dulu dengan matang logo ini. Usahakan untuk menghadirkan logo terbaik yang memiliki ciri khas tersendiri.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki logo usaha, tentu bisa menjadikan logo tersebut sebagai logo dari website yang dibangun. Terutama jika Anda hendak menggunakan website tersebut sebagai website resmi perusahaan. Menggunakan logo yang sama akan semakin menambah nilai kepercayaan pelanggan.

Rencanakan Label atau Menu Website

Setelah memiliki nama domain dan logo yang sesuai, dalam perencanaan cara membuat website untuk bisnis Anda juga harus menentukan label dari website yang akan dibuat. Jika nama domain digambarkan sebagai tema dari keseluruhan situs, maka label ini adalah sub tema dari situs tersebut.

Misalnya Anda memiliki ide membuat website dengan nama domain jualankomputer.com, maka Anda bisa membuat beberapa label untuk mengkelompokan postingan yang sejenis. Contohnya di sini seperti Komputer, Laptop, Aksesoris, Hardware, Software dan lainnya.

Selain menambahkan label tersebut sebagai menu, Anda juga disarankan menambahkan halaman about, contact dan lainnya pada bagian footer atau bagian bawah situs. Dengan hal ini, maka website yang Anda kelola semakin terpercaya.

5 Cara Membuat Website untuk Bisnis Profesional

Cara membuat website
Image via istockphoto.com

Setelah minimal Anda sudah memiliki keputusan terkait ketiga hal di atas, maka Anda bisa untuk mulai membuat sebuah situs. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam membangun website professional untuk bisnis, berikut ulasannya:

1. Pilih Platform Terbaik

Tahapan pertama dalam cara membuat website untuk bisnis adalah dengan memilih platform terbaik. Ada banyak jenis platform yang bisa dipilih, namun kami sangat menyarankan untuk Anda menggunakan platform WordPress.org.

Selain mudah dirancang agar tampil professional, platform ini juga didukung dengan banyak plugin yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Misalnya saja plugin Yoast SEO dan Rank Math, kedua plugin ini akan sangat membantu bagi Anda yang awam tentang Search Engine Optimization sekali pun.

Serasa memiliki assisten pribadi, plugin ini akan membantu Anda untuk menghasilkan postingan yang benar-benar SEO, sehingga lebih mudah tampil di halaman utama pencarian Google.

Ketika sedang menulis postingan, Anda akan diberikan rambu-rambu agar postingan yang dibuat sesuai SEO. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam pembuatan postingan, plugin ini juga akan memberi tahu Anda langsung, sehingga kemudian bisa menyempurnakannya.

2. Cari Penyedia Domain dan Hosting Terpercaya

Setelah memilih platform, dalam tahapan cara membuat website Anda juga harus benar-benar memilih penyedia domain dan hosting terpercaya. Ada banyak perusahaan yang menyediakan kebutuhan ini, diantara rekomendasi terbaiknya adalah Exabytes Indonesia.

Perusahaan ini sudah sangat berpengalaman dalam melayani banyak klien, terutama bagi mereka yang membutuhkan website dengan performa terbaik.

Bukan hanya itu, bagi Anda yang masih awam bisa langsung memesan dan terima beres. Anda tinggal memesan domain serta hosting, untuk kemudian dikerjakan pihak perusahaan sesuai yang Anda inginkan. Setelah beres, Anda tinggal login untuk kemudian membuat postingan.

3. Pilih Jenis Hosting Mumpuni

Ada banyak jenis-jenis hosting yang bisa Anda pilih, mulai dari shared, cloud, vps, dedicated hingga managet wordpress hosting. Namun diantara jenis yang ada, saya sangat merekomendasikan untuk Anda menggunakan VPS Hosting.

Virtual Private Server (VPS) ini bisa menghadirkan mesin virtual mumpuni untuk Anda.  Sekali pun mirip dengan shared hosting, yang memungkinkan Anda untuk membangun banyak situs dalam satu hosting. Namun teknologi virtualisasi yang dimilikinya, membuat setiap account dapat diperlakukan sebagai mesin sendiri, dan memiliki sumber dayanya tersendiri.

Salah satu kelebihan jika Anda menggunakan VPS hosting adalah adanya jaminan ketersediaan sumber daya yang menggunakan teknologi virtualisasi. Dengan hal ini, maka hosting bisa jauh lebih stabil.

Agar performa website Anda semakin mumpuni saya sangat menyarankan Anda menggunakan VPS Indonesia. Apalagi jika target pasar Anda adalah masyarakat nusantara, tentunya hal ini akan semakin mendukung.

Sekali pun memiliki kelebihan yang patut diacungkan jempol. Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak dana lebih untuk menggunakan hosting jenis ini. Anda bisa menggunakan VPS murah terbaik, yang memiliki kualitas mumpuni serta memiliiki layanan prima.

4. Gunakan Template Terbaik

Template blog

Setelah Anda mempraktekan cara membuat website bisnis di atas, jangan lupa untuk menggunakan template terbaik, sehingga situs yang dibangun makin terlihat professional.

Jika diibaratkan hunian, domain adalah alamat rumah, hosting tanahnya, dan template adalah desain rumahnya. Mulai dari model, warna, hingga penataan interior dan eksterior sangat ditentukan oleh template ini.

Agar semakin meyakinkan dan indah dipandang, pastikan Anda menggunakan template premium sehingga semakin berkesan di hati pengunjung. Sebab hal apa pun yang dilihat pertama kali pastinya penampilan. Jika penampilan menarik maka bisa memberikan kesan terbaik diawal pertemuan, sehingga akan terus teringat.

5. Maksimalkan Performa dengan Plugin yang Tepat

Seperti dibahas sebelumnya, salah satu kelebihan utama platform website adalah adanya plugin-plugin yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Pastikan Anda menggunakan seperlunya saja, dan pilihlah yang benar-benar dibutuhkan dan penting. Misalnya agar website Anda semakin responsip saat diakses di smartphone, Anda bisa menggunakan plugin AMP.

Begitu pun jika Anda ingin meningkatkan kecepatan website saat diakses, Anda bisa menggunakan plugin WP Roket. Ada banyak sekali jenis plugin, Anda bisa mencari dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Setelah Anda mempraktekan hal-hal di atas, pastikan untuk rajin dalam membuat postingan. Jika Anda memiliki banyak konten, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan calon pelanggan baru setiap harinya.

Usahakan untuk memperbanyak kata kunci abadi dalam membuat postingan. Tujuannya agar website yang dikelola bisa senantiasa memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Semakin banyak pengunjung maka akan semakin besar kesempatan untuk mendapatkan pembeli.

Agar hal ini lebih mudah dilakukan, Anda bisa membuat berbagai tips sesuai dengan target pasar yang dibidik. Jika perusahaan Anda adalah distributor komputer, Anda bisa membahas berbagai tutorial computer.

Selain bisa menjaring banyak orang untuk mengunjungi website kita. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, jika perusahaan kita memang ahli dibidangnya.

Semoga ulasan mengenai cara membuat website untuk mempercepat kemajuan bisnis ini bermanfaat. Jika masih ada hal-hal yang belum jelas, Anda bisa menanyakannya langsung melalui kolom komentar.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.