Cara Memilih Mesin Cuci Berkualitas, Perhatikan 11 Hal Ini!

Diposting pada

Cara memilih mesin cuci berkualitas merupakan sebuah panduan penting, sehingga Anda bisa benar-benar mendapatkan produk terbaik dengan harga bersahabat.

Dalam rumah tangga, kita memang membutuhkan banyak alat elektronik yang memudahkan pekerjaan. Terutama jika anggota keluarga sangat banyak. Sehingga penggunaan alat elektronik ini sangat penting. Salah satunya adalah mesin cuci. Anggota keluarga yang sangat banyak pastinya akan membuat Anda kewalahan dalam mencuci semua baju sekaligus. Belum lagi jika melihat pekerjaan rumah lainnya yang masih menumpuk.

Tentu saja hal ini akan membuat Anda merasa stres dan kelelahan. Maka solusi terbaik adalah dengan membeli mesin cuci yang bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan mencuci pakaian. Mencari mesin cuci yang berkualitas nyatanya tidak semudah itu. Ada cara tersendiri yang mungkin bisa Anda terapkan supaya mendapatkan yang berkualitas dan tentu saja bisa awet hingga bertahun-tahun.

Kekeliruan yang terjadi karena salah memilih mesin cuci nantinya akan berdampak pada pengeluaran yang semakin membengkak dan sebagainya. Oleh karena itulah sebaiknya Anda memperhatikan dengan betul apa saja cara yang bisa dilakukan dalam memilih mesin cuci berkualitas. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan dalam membeli mesin cuci itu sendiri. Maka dari itu, mari simak penjelasan selengkapnya.

1. Pilih Mesin Cuci dengan Merk Terbaik

Merk merupakan salah satu patokan ketika kita hendak membeli barang tertentu, tanpa terkecuali dalam hal memiih mesin cuci. Sebelu melangkah ke sebuah toko, pastikan Anda sudah memiliki referensi yang cukup tentang merk mesin cuci tersebut, reputasi, review, komplain dari konsumen dan lain sebagainya.

Baca : 17 Merk Mesin Cuci Terbaik, Hemat Listrik dan Memiliki Performa Gahar

Dengan membeli mesin cuci dengan merk terpercaya, maka berbagai resiko negatif termasuk kerusakan dapat diminimalisir.

2. Beli di Tempat Terpercaya

Selain membeli mesin cuci dengan merk terbaik, Anda juga harus memastikan membelinya di toko elektronik terpercaya di kota Anda. Dengan langkah ini, maka dapat meminimalisir dari kecurangan para penjual, salah satunya dalam hal harga jual yang bisa di atas rata-rata.

Selain membeli di tempat langganan atau yang pemiliknya Anda kenal, disarankan pula Anda membeli produk elektronik di tempat yang direkomendasian oleh banyak orang, serta memiliki review yang sangat baik dari para konsumennya.

3. Memahami Tentang Jenis-Jenis Mesin Cuci

Dilansir dari Wikipedia.org,  mesin cuci merupakan suatu alat yang memiliki fungsi untuk mencuci kain atau pakaian, baik untuk kepentingan bisnis atau pun rumah tangga.

Saat ini di pasaran, ada banyak jenis dan model mesin cuci. Ada yang bukaan atas atau top load dan ada juga yang bukaan depan atau front load. Sehingga sebelum benar-benar membelinya, Anda harus tahu dulu mesin cuci apa yang Anda inginkan. Jangan sampai ketika berada di tokonya, Anda malah kebingungan yang akan membuat ragu-ragu dan salah dalam membeli mesin cuci.

Umumnya, mesin cuci dengan bukaan atas lebih sering dipilih karena memang harganya yang cukup murah. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan memilih mesin cuci berkualitas dengan bukaan depan. Sebab, dengan model yang satu itu biasanya akan lebih bisa menghemat air dan juga membuat cucian lebih bersih. Namun, Anda bisa mencoba berkonsultasi terlebih dahulu dengan penjualnya mana yang kiranya cocok.

4. Pilih Mesin Cuci dengan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Cara memilih mesin cuci berkualitas

Dalam hal memilih mesin cuci tentu haruslah sesuai kebutuhan, jika untuk keperluan bisnis memiliki mesin cuci berkapasitas besar adalah wajib. Namun jika hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, maka kapasitasnya haruslah disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang dimiliki.

Dalam satu hari biasanya setiap orang akan menghasilkan jumlah cucian seberat 1,5 kg. Patokan ini dapat Anda gunakan, yaitu dengan memilih kapasitas yang lebih besar dari jumlah cucian sekeluarga untuk satu hari. Selain jumlah cucian. frekuensi dari aktifitas mencuci juga tentu haruslah menjadi pertimbangan.

Misalnya jika Anda hanya tinggal seorang diri, maka mesin cuci berkapasitas 5 kg sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tapi jika Anda tinggal berdua namun tidak selalu mencuci setiap hari, maka gunakan saja mesin cuci berkapasitas 7-9 kg.

Khusus bagi Anda yang senantiasa memisahkan warna dan jenis pakaian yang akan dicuci, kapasitas mesin 6 kg sepertinya sudah cukup. Faktor lain yang juga harus diperhatikan dalam hal ini yaitu intensitas penggantian bed cover, sprei, handuk, dan lain sebagainya.

5. Pilih Mesin Cuci Hemat Listrik

Mencuci adalah kegiatan yang hampir setiap hari dilakukan, sehingga otomatis setiap hari pula Anda akan menggunakan mesin cuci untuk membantu pekerjaan rutinitas harian ini. Jika mesin cuci yang digunakan memakan banyak daya listrik, maka siap-siap saja Anda akan mengalami kenaikan tagihan biaya listrik bulanan. Bahkan bukan tidak mungkin beberapa peralatan lain tidak bisa digunakan, terutama jika daya listrik yang ada tidak cukup untuk menyuplai jika digunakan bebarengan dengan mesin cuci.

Atas dasar itulah, memilih mesin cuci dengan kosnumsi daya listrik sehemat mungkin adalah salah satu yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Jika Anda hendak membeli mesin cuci dua tabung (top loading) misalnya, sangat disarankan untuk memilih mesin cuci yang telah dilengkapi dengan teknologi yang dapat menghemat konsumsi daya listrik, yaitu teknologi inverter.

6. Mempertimbangkan Tentang Instalasi Air di Rumah Anda

Sebelum memilih mesin cuci, pertimbangkan pula penempatannya. Dikarenakan mesin cuci juga membutuhkan sumber air dan instalasi pipanya juga harus memadai. Ketahui dulu di mana penempatan mesin cuci tersebut serta jalur air yang tersedia. Selain itu juga penting untuk mempelajari tentang  jalur pembuangannya.

7. Perhatikan Material Luar Mesin Cuci

Memperhatikan material luar adalah suatu hal yang tidak bisa dianggap sepele dalam cara memilih mesin cuci yang bagus. Material yang digunakan tersebut salah satunya harus sesuai dengan tujuan lokasi penempatannya.

Contohnya saja jika Anda ingin menaruhnya di luar ruangan, maka pastikan material tersebut tahan terhadap suhu udara yang mungkin saja sering tidak bersahabat.

8. Pilih Bentuk dan Ukuran yang Sesuai

cara memilih mesin cuci yang bagus

Cara memilih mesin cuci yang bagus berikutnya adalah yang memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan ruang pencucian yang akan Anda gunakan. Dalam memilihnya pastikan mesin cuci tersebut dapat ditaruh pada space yang telah ditentukan. Selain itu, mesin cuci tersebut haruslah dapat melewati rute menuju tempat pencucian, misalnya saja seperti pintu, tangga, dan lain sebagainya.

Jangan lupa pertimbangkan pula dengan letak serta ketinggian keran air yang ada di ruang pencucian Anda.

9. Mempertimbangkan Pemilihan Bak Mesin Cuci

Kebanyakan bak pada mesin cuci menggunakan bahan porselen-enamel, plastik atau bisa juga stainless steel. Biasanya yang terbuat dari plastik atau bahkan enamel, harganya akan jadi lebih murah. Namun, jika Anda harus memilih antara plastik dan enamel, maka pilih plastik yang bahannya lebih kuat. Sebab, enamel ini memiliki potensi mudah berkarat dan retak. Akan tetapi untuk mesin cuci berkualitas seringnya adalah stainless steel yang paling dipilih karena memang bahan tersebut adalah yang paling kuat di antara ketiganya.

10. Pilih Mesin Cuci dengan Fitur Terbaik

fitur mesin cuci

Mesin cuci yang beredar tak jarang memiliki fitur yang berbeda-beda, dan fitur terbaik tentu saja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  Tidak sedikit mesin cuci harganya menjadi sangat mahal salah satunya adalah karena fitur yang dimilikinya, tentu saja fitur secanggih apapun hanya akan menjadi kesia-siaan jika ternyata tidak Anda butuhkan sama sekali.

Dalam hal memilih fitur mesin cuci, selain memilih yang sesuai kebutuhan, juga tentu yang tidak justru menyulitkan Anda. Tetapi apabila ada fitur yang ternyata dapat membuat pekerjaan semakin mudah dan praktis, tentu tidaklah masalah jika harus membeli mesin cuci dengan harga lebih tinggi. Sebagai rekomendasi berikut beberapa fitur mesin cuci yang perlu diketahui:

  • Fitur Pengeringan merupakan sebuah fitur mesin cuci yang sangat penting, khususnya ketika musim penghujan tiba. Dengan memiliki fitur ini, maka pakaian yang telah dicuci dapat dikeringkan dengan lebih cept.
  • Fitur Peredam Getar sangat penting dipilih jika Anda ingin mencuci dengan suara yang lebih tenang, atau pun jika memang aktifitas mencucinya seing dilakukan di malam hari. Disarankan pula memilih mesin cuci yang memiliki tingkat kebisingan 45 db ke bawah.
  • Fitur Pembersih Tabung Otomatis adalah fitur mesin cuci yang sangat bermanfat untuk merawat mesin cuci itu sendiri. Melalui fitur ini maka residu deterjen pemicu jamur dan bakteri dalam tabung cucian dapat dibersihkan sendiri oleh sistem yang telah diatur oleh fitur tersebut.
  • Fitur Time Delay adalah fitur mesin cuci yang dapat digunakan untuk mengatur selesainya waktu mencuci. Dengan fitur ini, maka Anda tidak perlu khawatir meningalkan mesin cuci ketika sedang beroprasi.

Semua macam-macam fitur mesin cuci yang telah disebutkan tersebut, dapat Anda ketahui dari keterangan produknya.

11. Memilih Mesin Cuci yang Bergaransi dan Bersertifikasi

Meski banyak mesin cuci yang beredar di pasaran, ada sebagian yang sudah memiliki sertifikat resmi. Sertifikat tersebut adalah sertifikat eco-friendly atau bisa dibilang anti karat dan diakui ber-SNI (Standar Nasional Indonesia). Tapi tak hanya sertifikat saja, Anda pun harus memperhatikan garansi dari benda elektronik tersebut. Sebab, dengan memperhatikan garansi maka barang yang Anda beli bisa dikatakan terjamin kualitasnya.

Produk mesin cuci memang sudah terlampau banyak dan semuanya memiliki keunggulan serta kelebihan masing-masing. Jadi, pastikan jika apa yang Anda pilih tersebut adalah mesin cuci berkualitas serta menyesuaikan dengan kebutuhan. Baik dari segi keuangan maupun dari segi penempatan di dalam rumah. Pastinya, dengan menggunakan mesin cuci, pekerjaan rumah Anda bisa lebih terbantu dan tidak menumpuk. Semoga pembahasan mengenai cara memilih mesin cuci ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *