cara memilih template blog yang baik

Tips & Cara Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Diposting pada

Mengetahui cara memilih template blog yang baik dan benar, adalah sesuatu yang sangat penting bagi seorang blogger. Sebab template adalah salah satu penentu, baik tidaknya seo blog yang kita miliki.

Hal yang harus diperhatikan adalah kenyamanan pembaca, dan juga harus sudah sesuai dengan ketentua search engine. Tentu tidak nyaman rasanya, kita rajin update artikel, namun pengunjung blog tetap sepi hanya karena template blog yang tidak SEO Friendly.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar memahami bagaimana cara memilih template blog yang baik. Tentu saja yang sesuai dengan SEO Friendly tersebut.

Tetapi harap dicatat, kita juga harus memperhatikan struktur template yang akan kita gunakan. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan search engine dan tentunya keinginan para pembaca? Karena tidaklah mungkin kita memilki template yang bagus, tapi hanya kita saja yang memandang karena blog sepi tanpa pengunjung, dikarenakan template blog penyebabnya yaitu tidak SEO Friendly

Cara Memilih Template Blog yang Benar

Untuk mendapatkan template blog yang baik dan benar, setidaknya ada 3 hal yang harus kita perhatikan agar mengacu pada SEO Friendly, yaitu Responsive, Clean & User Friendly, serta Fast loading.

1. Template Blog Harus Responsive

Cara memilih template blog yang baik, yang terpenting template tersebut harus responsive. Artinya, saat halaman blog kita dibuka di komputer atau pun smartphone, maka akan dapat menyesuaikan dengan sendirinya secara otomatis. Dengan hal ini, maka pengguna akan sangat nyaman sebab tidak harus melakukan zooming.

Dengan hal ini, maka selain membuat nyaman setiap artikel yang kita publishpun, akan semakin mudah untuk ditampilkan di halaman pencarian. Apalagi Google pun mengacu pada Mobil3 Geddon, yakni blog yang ramah dengan penggunaan ponsel atau mobily friendly.

2. Template Blog Harus Clean & User Friendly

Sangat disarankan template blog sobat haruslah bersih dan minimalis, sebab selain membuat pengunjung nyaman karena enak dipandang. Lebih dari itu, hal ini sangat disukai oleh mesin pencari.

Bahkan mendapatkan pengunjung setia pun akan terasa lebih mudah. Sebab mereka akan merasa sangat lebih mudah memahami isi dari blog kita, mulai dari halaman per halamannya.

3. Template Blog harus Fast loading

Template harus fast loading di sini artinya, adalah proses loading blog kita harus cepat.

Bayangkan saja jika kita berkunjung ke sebuah blog, namun proses loadingnya sangat lama. Tentu kita akan lebih memilih untuk menutupnya, sehingga hal ini akan sangat berdampak buruk bagi masa depan blog itu sendiri.

Selain membuat calon pengunjung banyak yang lari, hal ini pun akan membuat reputasi blog tersebut sangat buruk di mata SEO. Sehingga tentu akan mempersulit untuk bisa tampil di halaman pertama serach engine manapun.

Cara Mengecek Template Menggunakan Testing Tool

Setelah mengetahui cara memilih template blog yang baik dan benar, maka setelah ini kita akan mengecek apakah template blog yang kita pasang sudah sesuai dengan kriteria tersebut, atau belum. Untuk mengetahuinya, kita akan menggunakan 4 testing tool berikut ini :

1. Responsive test template

Setelah menerapkan suatu temaplate atu tema pada blog, sebaiknya segera cek tema tersebut melalui tool tersebut.

Untuk mengecek apakah template blog kamu sudah responsive atau belum, silahkan masukan alamat url nya dan kemudian tekan enter.

2. Structured data testing tool

Strutured data testing tool, adalah tool yang sengaja disediakan Google, untuk mengecek baik buruknha struktur data pada suatu template blog.

Silahkan gunakan tool ini, dan jika ternyata terdapat kesalahan segera perbaiki agar tidak merusak masa depan blog itu sendiri.

cara memilih template blog yang baik

3. CHKME

Chkme adalah website yang sangat akurat, untuk menguji SEO pada template blog sobat. Silahkan segera lakukan uji template blog sobat di sana.

Setelah melakukan pengujian, maka hasil pengujian dan pengetesan pun aka segera muncul.

Hasil pengujian yang bagus adalah jika minimal mencapai 80%. Jika kurang dari nilai tersebut berarti ada sesuatu yang harus sobat perbaiki, pada template blog tersebut.

cara memilih template blog yang baik
Image via klikmania.net

4. GTmetrix

GTmetrik adalah tool yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan loading blog. Sama seperti tool sebelumnya, jika scor masing-masing yang diperoleh adalah 80%, maka template blog yang sobat pakai sudah fast loading.

Sementara jika fast loadingnya lebih dari 5 second, sangat disarankan sobat mengganti dengan template lain yang lebih responsive. Sebab ukuran di atas 5 sevond, suatu template berarti sudah masuk pada jajaran template loading lambat.

cara memilih template blog yang baik

Demikian tips cara memilih template blog yang dapat kami jelaskan. Semoga dapat membantu sobat dalam menentukan template yang baik untuk digunakan di dalam blog. Sebab template memang memiliki peranan yang sangat besar baik bagi kenyamanan para pembaca, maupun bagi pencarian mesin pencari.

Jika sobat baru mau memulai membuat blog, dan tidak mau dibuat repot. Sebaiknya sobat segera membeli domain di Puskomedia Indonesia. Selain harganya sangat terjangkau juga memiliki beragam desain template, yang tentu saja sangat SEO Friendly.

Baca Juga : Cara Daftar dan Verifikasi Blog Di Google Webmaster Tools atau Search Console

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *