Cara memperbaiki AC bocor
Cara memperbaiki AC bocor

AC di Rumah Rembes? Perhatikan Cara Memperbaiki AC Bocor Berikut

Diposting pada

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara memperbaiki AC bocor sendiri. Apabila terjadi permasalahan AC yang bocor, biasanya mereka cenderung memanggil jasa service AC. Bahkan ada yang hanya membiarkannya saja, hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Permasalahan AC yang bocor memang sering dialami, di rumah maupun kantor. Hal ini karena adanya kebocoran di bagian unit AC. Meskipun sebenarnya hal tersebut cukup lumrah, ketika AC mengeluarkan sedikit air. Karena secara sistem AC, akan menghilangkan kelembaban dari dalam rumah, yang kemudian akan mengembun, lalu mengalir turun dan keluar melalui lubang pembuangan di bawah mesin.

Referensi Kami : Air Cooler Tidak Dingin? Ini Sebab dan Solusinya

Namun akan menjadi masalah berat, terutama jika kebocoran AC tersebut melebihi batas normal, bahkan hingga membasahi lantai serta perabotan rumah. Oleh karena itu, ada baiknya anda mengetahui beberapa cara memperbaiki AC bocor sendiri dirumah. Khususnya jika memang kondisinya masih dapat diperbaiki sendiri.

3 Penyebab Kebocoran AC

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini ada beberapa penyebab kebocoran AC atau air conditioner:

Pipa Sudah Terlalu Tua

Coba ingat-ingat kembali apabila AC anda sudah digunakan selama bertahun-tahun dan jarang dilakukan perawatan, mungkin hal tersebut wajar apabila bagian lapisan pipa AC mulai mengalami kerusakan yang mengakibatkan kebocoran.

Pemasangan AC kurang tepat

Seharusnya dalam pemasangan AC harus condong ke belakang dan ke arah luar agar air mudah mengalir ke saluran pembuangan. Karena jika tidak dipasang dengan tepat maka air akan menetes keluar mesin serta membasahi lantai ruangan.

Baca Juga : 10 Merk AC Terbaik dan Hemat Listrik

Ada penumpukan debu dan pertumbuhan jamur

Bila AC rumah Anda jarang dilakukan pembersihan dari debu dan kotoran, bisa jadi ada penumpukan debu dan pertumbuhan jamur di komponen aset tersebut sehingga dapat menghambat serta menyumbat saluran pembuangan. Akibatnya air akan sulit keluar dari unit AC.

Cara Memperbaiki AC yang Bocor

Cara memperbaiki AC bocor sendiri dirumah, disesuaikan dengan penyebab atau masalah yang menyebabkan kebocoran AC tersebut. Apabila kebocoran AC disebabkan karena saluran pembuangan yang kurang miring, maka anda bisa melakukan instalasi ulang saluran pembuangan air AC, yakni dengan membuka casing unit AC indoor. Dalam hal ini anda perlu memastikan selang AC di bagian outdoor miring, tidak landai, dan tidak ada bagian yang tergulung, yang dapat menyebabkan terhambatnya aliran AC.

Sedangkan pada penyebab AC bocor karena air pembuangan AC yang mampet, maka cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan debu atau kotoran yang menyumbat. Bisa dengan mencuci bagian indoor AC, ataupun menyemprot talang pembuangan air hingga seluruh kotoran yang menempel atau menyumbat hilang sepenuhnya.

Apabila yang menyebabkan AC Bocor adalah adanya kondensasi pipa, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengganti pembungkus pipa dengan yang baru. Akan tetapi untuk cara memperbaiki AC bocor yang ini harus dilakukan pembungkusan dengan cara yang benar.

Anda perlu memastikan tidak ada celah yang belum terbungkus. Jika ternyata pompa drain pada AC juga tidak berfungsi, maka untuk solusi yang satu ini hanya dapat dilakukan oleh jasa service AC karena harus menggunakan peralatan khusus perbaikan AC.

Demikian itulah beberapa penyebab AC yang mengalami bocor serta beberapa cara memperbaiki kebocoran AC yang perlu Anda ketahui. Sehingga dengan mengetahui sedikit tips cara memperbaiki AC bocor tersebut setidaknya meminimalisir untuk tidak selalu menggunakan jasa service AC Karena Anda bisa melakukan perbaikan sendiri dirumah apabila masih dalam kondisi bocor ringan hingga sedang.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.