Cara Memperbaiki Kamera DSLR

Cara Memperbaiki Kamera DSLR dan Kamera Digital yang Error

Diposting pada

Cara memperbaiki kamera, tentu kata kunci yang amat penting dan diburu oleh para pemilik kamera dslr ataupun kamera digital. Pasalnya kerusakan, baik itu tingkatan kecil maupun besar bisa saja terjadi dengan atau tanpa sebab yang dikendalikan.

Error atau kesalahan teknis biasanya diberitahukan melalui layar, dengan kode-kode komputer, seperti error404 … dsb. Sayangnya tidak semua orang mengerti.

Hal yang pasti dari kode yang dimunculkan tersebut, mengindikasikan kerusakan pada beberapa elemen, bisa jadi dari kotoran, merusak system mesin, software, dsb. Tidak semua orang tahu juga bahwa ternyata ketika kamera rusak, tidak selamanya membutuhkan penanganan ke tempat servis. Dalam beberapa kasus, penanganan kamera rusak bisa diselesaikan oleh diri sendiri dengan langkah tepat.

Untuk memperbaiki kamera yang rusak, langkah pertama adalah anda dilarang untuk panik, karena hal ini bisa menambah masalah. Alih-alih panik, anda bisa mencari di internet bagaimana cara memperbaiki kamera dslr dan kamera digital dengan baik dan benar. Ketika pencarian dilakukan maka akan muncul berbagai langkah penanganan yang bisa anda lakukan, di antaranya seperti yang terangkum di bawah ini.

Cara Memperbaiki Kamera DSLR

Pertama kita akan mencoba mengulas, langkah memperbaiki kamera dslr yang tidak berfungsi. Tercatat ada beberapa langkah, yaitu:

  1. Sediakan obeng dengan ukuran kecil, yang tentunya sesuai dengan sekrup pada kamera anda. Anda bisa pergi ke toko material untuk membeli obeng, dengan berbagai ukuran.
  2. Lepaskan baterai dari kamera dslr dengan melepaskan sekrup, yang ada di sekitar baterai. Langkah ini guna mengamankan baterai selama perbaikan dilakukan.
  3. Lepaskan sekrup dari kamera dslr, termasuk sekrup yang berada di dekat baterai. Pastikan tidak ada satu sekrup pun terlewat ketika anda melepasnya.
  4. Lepaskan cover bagian bawah kamera dslr dengan sangat hati-hati. Di balik cover ini nantinya perbaikan akan kita lakukan.
  5. Perbaiki gear pada kamera dslr dengan sangat hati-hati, jika tidak tergapai oleh benda besar, anda bisa menggunakan tusuk gigi. Putar gear tersebut ke depan dan ke belakang kurang lebih sebanyak 5-9 kali. Jangan lupa untuk melakukan percobaan memencet shutter, sampai ada tanda bahwa perbaikan anda sudah selesai.
  6. Pasang kembali maka shutter sudah bisa dipergunakan.

Baca Juga : 10 Aksesoris Kamera DLSR Keren dengan Harga Terjangkau

Cara Memperbaiki Kamera Digital

Selanjutnya kita beralih ke bagaimana cara memperbaiki kamera digital yang tidak bisa berfungsi. Beberapa tahapan yang harus dilakukan adalah:

  • Periksa baterai, apakah memiliki daya yang cukup atau harus anda isi dulu tambahan dayanya.
  • Lepas dan pasang kembali kartu memori, sebab biasanya faktor kerusakan salah satunya terletak dari kartu memori. Jika permasalahan sudah selesai sampai di sini, maka anda bisa menarik napas lega.
  • Bersihkan bagian lensa kamera dengan lap halus. Jika servis berhasil, maka kerusakan terletak pada konektor lensa yang kotor. Namun, jika tidak maka anda harus beralih dengan beberapa tips memperbaiki kamera digital yang lebih kompleks selanjutnya.
  • Nonaktifkan flash pada kamera, dengan mengalihkan setingan mode pemotretan ke setingan mode manual. Cara memperbaiki kamera digital yang terakhir ini merupakan langkah paling maksimal yang bisa anda lakukan. Jika masih belum berfungsi, memang sebaiknya dibawa ke tempat servis saja.

Itu dia beberapa langkah memperbaiki kamera yang tidak berfungsi. Anda bisa mencobanya dengan sangat hati-hati, namun tetap jangan berlebihan supaya lebih luwes ketika mengikuti cara memperbaiki kamera dslr dan digital tersebut.