Cara memperbaiki keyboard laptop
Cara memperbaiki keyboard laptop

Keyboard Laptop Macet? Inilah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop dengan Benar

Diposting pada

Keyboard laptop tidak dapat berfungsi dengan baik? Sepertinya anda harus mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop sendiri. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa keyboard merupakan komponen hardware yang penting, pada sebuah perangkat laptop.

Jika keyboard tidak dapat berfungsi dengan baik, maka banyak pekerjaan yang bisa saja menjadi terhambat.

Baca Juga : Cara Merawat LCD Laptop Agar Selalu Berkinerja Maksimal

Tapi Anda tidak perlu khawatir atau panik, karena dalam tulisan kali ini, kami akan memberikan informasi tutorial memperbaiki keyboard laptop sendiri, tanpa harus menggunakan jasa service. Karena siapa tahu keyboard yang tidak berfungsi, hanya disebabkan oleh masalah sepele.

Tutorial memperbaiki keyboard laptop yang ada disini, bisa digunakan untuk memperbaiki laptop dengan merk apapun. Yuk, langsung saja simak pembahasan tentang cara memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi berikut ini.

Beberapa Alasan Keyboard Tidak Berfungsi

Masalah yang biasanya terjadi pada keyboard, tidak terlepas dari peran hardware maupun software, termasuk karena penggunaan. Oleh karena itu, terkadang untuk memperbaiki keyboard juga diperlukan trouble shooting, untuk mengetahui permasalahannya.

Sebelum mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi, berikut ada beberapa alasan utama mengapa keyboard sering eror, atau tidak berfungsi sama sekali. Berikut diantaranya:

  • Masalah Settingan/Setelan
  • Driver keyboard yang out of date atau eror
  • Ada banyak debu atau kotoran yang menghalangi key
  • Kerusakan motherboard atau hardware keyboard.

Sehingga untuk melakukan perbaikan pada keyboard, perlu dilakukan urutan pemeriksaan yang bisa dimulai dari kasus eror keyboard anda. Beberapa gejala kerusakan keyboard yang umum terjadi, diantaranya seperti keboard tidak dapat digunakan untuk mengetik karakter tertentu, semua tombol keyboard tidak berfungsi/macet, tombol angka tidak berfungsi, tombol huruf malah keluar angka atau lainnya.

Trouble Shooting dan Cara Memperbaiki Keyboard

Berikut ini ada beberapa cara memperbaiki keyboard laptop sendiri, tanpa harus menggunakan jasa perbaikan:

Matikan dan jalankan kembali laptop

Bisa jadi salah satu masalah mengapa keyboard laptop eror, yaitu karena tidak pernah melakukan reboot atau shutdown pada laptop. Karena hal tersebut dapat memakan memori dan mengganggu kerja driver keyboard. Sehingga langkah pertama yang bisa anda lakukan dengan melakukan shutdown pada laptop, melepas baterai dan kemudian menyalakan kembali.

Melihat setelan input dan bahasa

Apabila masalah yang terjadi yaitu karakter yang diketik tidak sesuai, Maka coba lakukan ini untuk melihat pengaturan bahasa: Control Panel – Regional & Language Options – Keyboard & Sequence – Change Keyboard – Advance Key Settings. Kemudian setelah itu pilih between input language, lalu klik Change Key Sequence – Advanced Key Settings.

Memeriksa driver pada keyboard

Driver bertugas untuk menghubungkan hardware, termasuk pada keyboard komputer agar bisa dibaca dan diproses seperti perintah yang dimasukkan. Jadi hampir sebagian besar kasus keyboard macet, disebabkan karena drivernya yang error. Untuk memeriksanya, anda bisa masuk ke menu control panel lalu pilih system and security. Setelah itu di bawah sistem periksa Link device manager dan klik untuk membuka jendela tersebut. Apabila kamu menemukan tanda seru berwarna kuning, bisa dipastikan kamu belum menginstal driver dengan benar, sehingga tidak terbaca.

Referensi Kami: 4 Cara Melegakan Memori C Laptop dalam Hitungan Menit

Tutorial memperbaiki keyboard sendiri, memang bisa dibilang susah susah gampang. Dalam kondisi yang sudah parah, solusi terakhir memang harus mengganti dengan keyboard yang baru. Itulah mengapa kita harus menjaga kebersihan pada keyboard, agar tidak menyebabkan masalah keyboard macet. Namun setidaknya, informasi cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi seperti yang sudah dijelaskan di atas, bermanfaat bagi pembaca.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.