Cara memperbaiki lampu LED yang rusak
Cara memperbaiki lampu LED yang rusak

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Rusak dengan Mudah

Diposting pada

Anda sedang mencari informasi, cara memperbaiki lampu LED yang rusak? Saat ini untuk memenuhi kebutuhan sistem penerangan yang baik, memang banyak orang yang lebih memilih menggunakan teknologi LED, dibandingkan lampu bohlam yang biasa.

Itu karena LED atau light emitting diode, memiliki banyak kelebihan terutama dari umur pemakaiannya yang lebih awet, dan tahan lama.

Bahkan untuk bohlam LED dengan kualitas terbaik, dapat bertahan hingga 5 tahun. Namun meskipun jenis lampu yg memiliki banyak kelebihan, bukan berarti lampu LED tidak pernah mengalami masalah. Untuk informasi Anda, dalam menyalakan LED diperoleh dari pijaran dua buah kutub, yaitu katoda dan anoda yang dialiri arus listrik pada voltase yang rendah.

Sehingga apabila terjadi perubahan tegangan listrik, atau tegangan lebih kuat arus listrik, maka kemungkinan besar dapat menyebabkan lampu LED mati. Hal tersebut menyebabkan arus listrik yang mengalir didalamnya terputus. Lalu apakah ketika lampu LED yang mengalami masalah dapat diperbaiki sendiri?

Baca Juga : AC di Rumah Rembes? Perhatikan Cara Memperbaiki AC Bocor Berikut

Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa trik sederhana, cara memperbaiki lampu LED yang rusak. Yuk, simak.

Cara Memperbaiki Jenis Lampu LED AC 220V

Sebenarnya berbagai macam model lampu LED memiliki dasar kerja yang sama, hanya saja memiliki sistem suplai yang berbeda. Ada dua jenis lampu LED, yaitu LED biasa dan jenis lampu emergency. Jenis lampu LED biasa seperti LED AX 220V ini lebih mudah untuk diperbaiki karena rangkaiannya lebih simple.

Misalnya ketika lampu LED biasa di rumah anda, tiba-tiba mati total tanpa gejala apapun. Cara memperbaiki lampu LED jenis ini, anda bisa cek bagian resistor pembatas AC 220 ukuran 470K ohm, lalu cek LED-nya satu persatu. Coba lihat bagian yang tidak memiliki multitester, dibagian mikrolet di dalamnya, apakah ada bercak hitam atau tidak.

Karena apabila salah satu LED terputus semuanya tidak dapat bekerja.

Cara memperbaiki lampu LED tersebut, hanya berlaku untuk LED yang dirangkai secara seri. Sedangkan jenis LED yang dirangkai secara paralel, apabila mati satu maka lampu lainnya tetap hidup, meskipun ada yang tidak menyala. Namun jika masalah yang terjadi karena bagian Elko meledak, maka solusinya yaitu dengan mengganti yang lebih berkualitas.

Cara Memperbaiki LED Jenis Emergency

Cara memperbaiki lampu LED jenis Emergency, tentu sangat penting diketahui. Apalagi jenis lampu ini memang yang paling banyak diburu ,oleh para konsumen. Tentu saja karena memiliki fitur, apabila listrik menyala maka lampu utama akan menyala, sedangkan jika listrik padam maka lampu emergency yang akan menyala. Sehingga jenis lampu yang ini justru lebih mudah mengalami kerusakan. Apalagi untuk jenis lampu LED yang jadi satu dengan lampu biasa.

Cara memperbaiki lampu LED jenis emergency, yaitu pertama kali perlu mengecek menggunakan multitester pada resistor pertama. Seharusnya ukurannya tidak jauh dari nilai 100k ohm lebih. Karena pada bagian resistor ini, berfungsi sebagai pembatas arus yang masuk ke dalam rangkai dalam ventyk AC.

Setelah itu Anda bisa mengecek bagian dioda bridge. Cara mengeceknya yaitu dengan mengukur secara pasif, atau tidak terhubung dengan rangkaian. Coba lepaskan dengan menggunakan solder baru, lalu bisa dicek secara pasti.

Dioda bridge pada lampu LED ini menggunakan SMD komponen sehingga perlu hati-hati saat mencopot komponennya.

Mungkin demikian itulah sedikit trik sederhana bagi Anda yang mengalami masalah pada jenis lampu LED. Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab lampu LED rusak. Dengan penyebab yang berbeda-beda maka cara memperbaiki lampu LED pun juga disesuaikan dengan masalahnya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.