Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali
Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali

Penyebab dan Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Diposting pada

Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali, merupakan informasi yang sangat penting. Sebab hal ini memang sering dialami oleh banyak orang, terutama ketika memory card tersebut sudah lama digunakan.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Memori C Penuh yang Terbukti Ampuh

Bisa dibayangkan, jika kita alami ini. Kumpulan berbagai momen berharga dan data penting yang tersimpan di dalamnya bisa hilang begitu saja. Sebagai salah satu orang yang pernah mengalami masalah tersebut, maka sudah sepatutnya jika kita sama-sama berdiskusi tentang cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali ini.

Penyebab Kartu Memori Tidak Terbaca

Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca

Sebelum membahas cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab kartu memori tidak terbaca tersebut. Dengan hal ini, maka kita bisa meminimalisir hal tersebut, sehingga kita tidak sampai kehilangan berbagai file penting yang tersimpan di dalamnya.

Setidaknya ada 5 penyebab kartu memori tidak terbaca, yaitu sebagai berikut :

Melepaskan Kartu Memory Tidak Sesuai Prosedur

Penyebab kartu memori tidak terbaca, yang paling sering terjadi adalah karena sering melepaskannya dengan cara yang salah. Contohnya saja bagi anda yang sering bongkar pasang kartu memori, dimana kemudian memasangnya pada card reader dan laptop.

Entah karena terburu-buru, atau karena memang tidak tahu masih banyak orang yang melepaskannya begitu saja. Jika anda pernah melakukan hal tersebut, sebaiknya segera rubah kebiasaan itu, karena hal ini akan membuat kartu memori mudah rusak.

Sebelum melepaskan kartu memori dari laptop, pastikan sobat sudah meng-eject kartu memori tersebut.

Kartu Memori Sudah Usang

Penyebab kartu memori tidak terbaca berikutnya adalah karena telah usang. Jika hal ini terjadi, biasanya kartu memori tersebut akan susah untuk digunakan kembali.

Untuk menghindari kehilangan data karena kerusakan kartu memori, sebaiknya segera pindahkan data penting anda ketika melihat sudah banyaak goresan pada memori tersebut.

Casing Memori Rusak

Selain bisa usang, casing memori juga bisa rusak terutama jika sedang tidak terpasang pada smartphone. Penyebabnyapun beragam, mulai dari tertekan, terlipat di dompet, bahkan ada juga yang sampai ikut tercuci dengan pakaian. Semua hal tersebut bisa terjadi karena keteledoran kita selaku pemiliknya.

Kartu Memori Terkunci

Atas dasar privasi, tidak sedikit orang yang mengunci kartu memorinya sehingga tidak ada yang bisa mengaksesnya selain dirinya. Hal ini tak masalah, yang menjadi masalah adalah jika kemudian anda lupa terhadap pasword yang digunakan, untuk mengunci kartu memori tersebut.

Jika hal ini terjadi, maka tidak ada cara lain selain sobat memformat memori tersebut, dan kemudian data penting di dalamnya hilang. Tentu hal ini isa dikategorikan kartu memori telah rusak.

Terdapat Virus di Kartu Memori

Virus adalah salah satu penyebab kartu memori tidak terbaca. Selain sangat mengganggu, jika dibiarkan begitu saja virus juga dapat membuat kartu memori menjadi rusak. Bahkan ada beberapa virus yang jika menyerang kartu memori, maka berbagai data yang tersimpan di dalamnya bisa hilang.

Untuk menghindari hal ini, ketika anda mendownload file di internet pastikan mengambilnya di situs yang benar-benar sudah terpercaya. Sebab terkadang ada website yang justru dengan sengaja menyebarkan virus, terutama ketika anda mendownload fila dari lamannya.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa file yang akan anda download benar-benar file yang anda cari. Anda harus sangat jeli, sebab tak jarang mereka mengemas virus tersebut, dengan nama yang sama dengan file yang anda cari.

Solusi Kartu Memori Tidak Terbaca

Setelah mengetahui penyebab kartu memori tidak terbaca, maka tibalah saatnya kita membahas cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali. Cara tersebut setidaknya ada 3, yakni sebagai berikut

Bersihkan Lempengan Kartu Memori

Lempengan kartu memori yang kotor, biasanya akan membuat kartu memori tersebut tidak bisa terdeteksi, baik oleh handphone, laptop, dan perangkat elektronik lainnya.

Cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali pada poin ini cukup simpel. Anda tinggal ambil memory card tersebut, pastikan sebelumnya handphone atau perangkat lain yang digunakan sudah dinonaktifkan terlebih dahulu.

Setelah kartu memori dikeluarkan, silahkan bersihkan lempengannya yang kotor menggunakan penghapus berwarna putih. Gosoklah secara merata dan perlahan hingga bersih, setelah itu masukan kembali ke slot memori handphone.

Bersihkan lempengan kuningan yang terdapat pada kartu memori Anda, gosok dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih, dan gosoklah secara perlahan hingga bersih.

Format Kartu Memori

Jika cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca sama sekali, yang pertama tidak mengatasi masalah. Maka anda bisa melakukan solusi yang kedua, yakni dengan cara memformat kartu memori tersebut.

Cara memformat kartu memori cukup mudah, jika menggunakan laptop sobat tinggal klik kanan logo kartu memori tersebut, kemudian pilih menu format, dan klik ok. Maka setelah itu, kartu memori pun akan berhasil terformat.

Sementara jika menggunakan handphone, sobat tinggal pilih menu Storage, kemuadian pilih Format Kartu SD atau Erase SD Card. Jika sudah dilakukan maka kartu memori akan terformat dan isinya menjadi kosong kembali seperti baru.

Menggunakan Komputer

Cara memperbaiki kartu memory card yang tidak terbaca sama sekali, yang terakhir adalah dengan menggunakan komputer atau laptop. Sebelumnya pastikan handphone anda sudah terhubung dengan komputer tersebut, melalui perantara kabel data.

Baca Juga : Tips Membeli Laptop Berkualitas yang Awet dan Tahan Lama

Ketika handphone dan laptop sudah terhubung, pastikan sobat pilih mode mass storage mode (MSC), bukan yang media transfer mode (MTP. Selanjutnya sobat buka windows eksplorer, kemudian klik kanan pada drive kartu memori yang muncul. Selanjutnya sobat tinggal pilih Properties, lalu Tools, dan klik Eror Checking, selanjutnya sobat tinggal tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah silahkan anda eject kartu memori, dan lepaskan kabel data dari komputer.

Demikian cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan.

https://www.youtube.com/watch?v=gW5qLY57Zjo
Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.