Cara memperbaiki mesin jahit

Cara memperbaiki mesin jahit, merupakan pengetahuan penting yang bisa menjadi modal untuk para penjahit. Bukan hanya mesti bisa menjahit kain saja, namun juga harus bisa mereparasi mesin jahit, yang sehari-hari digunakan untuk mencari penghasilan.

Referensi Kami : Peluang Usaha Cetak Foto Modal Minim Keuntungan Menggiurkan, Begini Cara Memulainya

Berbagai masalah bisa timbul, dimulai dari permasalahan benang, kemudian hasil jahitan yang mengecewakan, dan banyak lagi masalah lainnya.

Mesin jahit sendiri memiliki beberapa jenis, di antaranya ada mesin jahit klasik atau tradisional, yang berwarna hitam lengkap dengan meja jahit. Kedua ada mesin jahit highspeed, berikutnya ada mesin obras, yang konon kerap dipergunakan di dalam usaha konveksi. Tidak berhenti sampai di sana, masih ada juga mesin untuk memasang kancing, dan mesin jahit jarum dua rantai serta mesin jahit overdeck.

Berbagai mesin jahit di atas, tentu tidak mungkin terbebas dari kemungkinan untuk diperbaiki apabila memang dibutuhkan. Secara umum, fungsi dari mesin jahit adalah untuk menyambungkan antara sudut kain yang satu dengan lainnya. Hasilnya bisa berupa pakaian, atau beragam hal lainnya yang dikenakan oleh orang. Ketika mesin jahit rusak, ada beberapa cara memperbaiki mesin jahit, seperti di bawah ini.

Memperbaiki Mesin Jahit karena Permasalahan pada Benang

Permasalahan pertama yang dapat diperbaiki secara mandiri, apabila terjadi kerusakan pada bagian benang jahit. Jika kondisinya benang jahit atas yang kerap mudah putus, maka beberapa langkah yang bisa Anda tempuh adalah:

  • Perhatikan apakah ada mesin roda yang terbalik atau tidak. Hal ini tidak boleh terjadi meskipun untuk beberapa waktu saja.
  • Perhatikan apakah posisi jarum jahit, sudah sempurna atau belum. Artinya tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah.
  • Sesuaikan betul antara nomor benang, dan juga nomor jarum persis dengan kain yang akan dijahit.

Lantas jika yang terjadi adalah benang bagian bawah yang putus, maka cara memperbaiki mesin jahit,  bisa melalui berbagai langkah di bawah ini, di antaranya:

  • Letak pemasangan spul benang dan sekoci yang benar, adalah apabila saat benang ditarik arah putaran spul berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Perhatikan apakah benang bawah posisinya sudah melewati rumah sekoci atau belum.

Memperbaiki Mesin Jahit karena Hasil Jahitan Kendur dan Mengerut

Itu dia dua pilihan cara memperbaiki mesin jahit, apabila kendalanya terletak pada benang bawah serta benang atas. Sekarang jika permasalahan lainnya disebabkan oleh hasil jahitan yang tidak memuaskan, seperti mengerut dan sebagainya.

Maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh, pertama apabila kondisinya hasil jahitan kendur, langkah perbaikannya:

  • Seimbangkan benang atas dan benang bawah.
  • Kendur pada benang atas bisa diatasi dengan memutar pengatur tegangan, ke arah kanan sampai mentok.
  • Sebaliknya jika tekanan benang bawah yang kendur , maka putar ke arah kiri sampai mentok.
  • Pastikan kedua tekanan pada benang bawah dan kiri merata sempurna.

Selanjutnya apabila permasalahannya terletak pada hasil jahitan yang mengerut, tercatat beberapa langkah perbaikan, yaitu:

  • Periksa sekoci mesin untuk memastikan, bahwa tekanan pada benang bawah sudah sempurna. Tidak kendur dan tidak juga terlalu seret.
  • Jika benang bawah terlalu ketat memang berpotensi mengerutkan hasil jahitan. Maka putar benang atas ke kiri sedikit, sampai didapatkan tekanan yang sempurna.

Demikian berbagai langkah yang bisa anda aplikasikan dengan mudah, ketika menghadapi mesin jahit tidak berfungsi baik. Menelisik seberapa pentingnya mesin jahit untuk berbagai urusan, maka penting kiranya mencari tahu cara memperbaiki mesin jahit yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …