Cara memperbaiki rice cooker
Cara memperbaiki rice cooker

Nasi di Rumah Cepat Basi? Gunakan Cara Memperbaiki Rice Cooker Berikut

Diposting pada

Nasi cepat basi padahal baru dimasak? Mungkin kondisi seperti ini sering dialami oleh para pengguna rice cooker, sehingga mereka membutuhkan cara memperbaiki rice cooker.

Nasi menjadi basi mungkin adalah hal yang biasa, apalagi jika memasaknya sudah dalam waktu cukup lama. Namun, bagaimana jika nasi cepat basi pada baru beberapa jam setelah dimasak? Pastinya hal tersebut sangat menjengkelkan bukan?

Baca Juga : 12 Merk Penanak Nasi Terbaik Magic Com dan Rice Cooker !

Jangan buru-buru beli rice cooker baru, atau memanggil jasa service rice cooker. Anda bisa mencoba langkah memperbaiki rice cooker sendiri, tanpa bantuan dari orang lain. Gejala masalah pada rice cooker, seperti ini ditandai dengan ketika anda sudah memasak nasi di pagi hari, namun ternyata Nasi sudah tidak bisa dimakan saat siang hari.

Namun sebelum anda mencoba memperbaiki rice cooker sendiri, maka anda perlu mengetahui, beberapa penyebab nasi cepat basi. Sehingga dengan begitu, anda bisa mencari solusi dan mengatasinya. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini secara lengkap, yang akan membahas tentang beberapa penyebab nasi cepat basi, dan cara memperbaiki rice cooker sendiri.

Penyebab Nasi Rice Cooker Cepat Basi

Ada beberapa penyebab, yang bisa menyebabkan nasi yang dimasak dengan rice cooker cepat basi. Berikut beberapa penyebab tersebut:

Rusaknya Heater

Penyebab pertama yaitu terjadinya kerusakan pada bagian heater. Sehingga hal ini, menyebabkan nasi yang dimasak tidak betul-betul panas. Akibatnya kandungan air yang masih tersisa, menyebabkan nasi cepat basi.

Uap yang Keluar Tidak Maksimal

Penyebab nasi rice cooker cepat basi, selanjutnya sebelum membahas cara memperbaiki rice cooker. Proses pengeluaran uap ini sangat diperlukan dalam proses menanak nasi, menggunakan rice cooker. Sehingga apabila uap terperangkap dalam rice cooker, dapat menyebabkan nasi menjadi lebih lembab serta cepat basi.

Bagian Penutup Rice Cooker Kurang/ Tidak Rapat

Apabila bagian penutup reskuker tidak rapat, maka berpotensi menyebabkan udara masuk ke nasi, akan menjadi lebih besar. Udara dalam bentuk oksigen yang masuk ke rice cooker tersebut, dapat menyebabkan oksidasi atau proses makanan yang menjadi basi lebih cepat. Sehingga anda perlu memastikan, bahwa penutup rice cooker benar-benar rapat.

Langkah Memperbaiki Rice Cooker yang Nasinya Cepat Basi

Cara memperbaiki rice cooker yang bikin basi, sebenarnya dapat dilakukan sendiri. Hanya saja langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui penyebabnya, terlebih dahulu seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa anda lakukan, untuk memperbaiki rice cooker sendiri:

Langkah yang pertama, siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki rice cooker, seperti obeng plus dan minus. Obeng ini, berguna untuk mencongkel tutup bagian atas rice cooker, yang biasanya menjadi penyebab nasi cepat basi. Coba perhatikan, apakah ada elemen pemanas ditutup bagian atas mengalami kerusakan.

Apabila anda tidak menemukan kerusakan di bagian rice cooker, maka anda bisa mencoba untuk membuka penutup samping, di engsel bagian atas. Coba perhatikan, apakah ada bagian kabelnya yang mengalami putus? jika memang ada, maka anda bisa segera melakukan penggantian kabel.

Apabila tidak ada komponen kabel yang putus, maka periksa bagian elemen pemanas dengan memakai avometer. Jika memang ada kerusakan, maka anda bisa mengganti dengan yang baru. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa bagian thermostatnya.

Jadi demikian itulah sedikit informasi, tentang tutorial memperbaiki rice cooker. Beberapa cara memperbaiki rice cooker yang bikin nasi cepat basi, seperti yang sudah dibahas di atas, semoga bisa menjadi informasi dan pengetahuan bagi pembaca, yang mengalami masalah pada rice cooker-nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *