Cara Memperkecil Ukuran Gambar Blog untuk Mempercepat Loading

  • Whatsapp
Cara merubah ukuran gambar website

Cara memperkecil ukuran gambar merupakan sebuah informasi penting bagi seorang blogger, sebab dengan melakukannya secara tidak langsung berarti sobat sedang mengoptimasi kecepatan blog. Seperti kita tahu, salah satu penyebab suatu url situs loading lama saat dibuka adalah karena beratnya memori pada sebuah situs, satu diantaranya adalah karena ukuran gambar yang terlalu besar.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk merubah ukuran tersebut semaksimal mungkin, sehingga saat diakses menjadi ringan. Cara memperkecil ukuran gambar dapat dilakukan secara online, ataupun offline menggunakan aplikasi. Pada postingan kali ini, kita akan membahas yang menggunakan cara offline, yaitu menggunakan PhotoShop.

Cara Memperkecil Ukuran Foto/ Gambar Melalui Photoshop

Bukan hanya para blogger, para pelamar kerja semisal pendaftaran CPNS juga mayoritas memerlukan cara ini. Sebab dalam prosedurnya biasanya para pelamar diharuskan untuk mengupload dokumen atau foto dalam ukuran kecil, misalnya 200 kb, kurang dari 500kb dan lain sebagainya. Lebih dari itu, para pelaku usaha semisal usaha cetak foto, juga biasanya menggunakan cara ini untuk merubah ukuran foto, atau pun untuk meningkatkan kualitasnya.

Untuk merubah ukuran foto dengan Photoshop ada dua cara, yaitu merubah langsung atau menggunakan menu crop. Pada dasarnya caranya hampir sama, namun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun mengenai penjelasan keduanya adalah sebagai berikut :

Menggunakan Menu Image

Cara yang pertama, yang akan kita bahas adalah menggunakan menu image pada photoshop. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan buka aplikasi Adobe Photoshop pada komputer atau laptop sobat.
  2. Buka gambar, dengan cara klik File, pilih menu Open
  3. Cari gambar yang ingin diedit, jika sudah ketemu silahkan klik Open
  4. Setelah gambar terbuka pilih menu image, kemudian klik image size seperti tampilan berikut:cara memperkecil ukuran gambar
  5.  Setelah masuk pada menu size, silahkan atur ukuran gambar tersebut. Width digunakan untuk mengatur panjang gambar, sedangkan Height untuk mengatur lebar gambar. Ukuran gambar yang sering penulis gunakan untuk blog biasanya adalah 6cm x 3,5 cm dengan resolusi 100 pixels/cm. Jika ukuran gambar tidak dirubah, biasanya sampai puluhan cm.cara mengatur ukuran gambar di Photoshop

Menggunakan cara ini memang sangat praktis, selain itu kelebihannya juga kita bisa merubah ukuran gambar sesuai ukuran yang kita inginkan. Namun jika ukuran panjang dan lebar yang kita atur tidak sesuai, biasanya akan membuat bentuk gambar menjadi sedikit aneh. Contohnya saja pada foto, muka atau badan yang ada di foto bisa terlihat sangat melebar, tembem, atau pun terlalu memanjang, meninggi.

Menggunakan Menu Crop Tool

Cara memperkecil ukuran memori foto berikutnya adalah dengan menggunakan menu Crop Tool. Seperti kita tahu, Crop Tool sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris, dimana jika diterjemahkan artinya adalah alat memotong. Jadi dapat disimpulkan, menggunakan menu crop pada Photoshop berarti memootong gambar, dengan ukuran sesuai yang dikehendaki. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi Photoshop
  2. Cari gambar yang ingin diedit sesuai prosedur sebelumnya.
  3. Setelah gambar tampil, silahkan pilih menu Crop, jangan lupa atur ukuran dan resolusinya sesuai yang dikehendaki. Untuk lebih jelasnya lihat tanda panah dan area berkotak merah, pada gambar berikut:Cara menggunakan menu Crop Photoshop
  4. Selanjutnya silahkan select area yang ingin di crop, dengan cara klik kanan sembari menarik atau menyeleksi bagian gambar yang akan dicrop atau dipotong. Jika seleksi crop sudah sesuai silahkan klik tanda centrang tepat di atas gambar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :

Setelah ukuraran gambar dirubah sesuai keinginan, jangan lupa untuk menyimpan gambar tersebut, baik dengan cara ctrl+S atau pun menggunakan File- Save, atau pun File – Save as. Untuk membuat gambar semakin mudah dicari Google sesuai kata kunci, sebaiknya lakukanlah optimasi gambar tersebut.

Baca Selengkapnya : Cara Optimasi Seo pada Gambar Agar Artikel Blog Bisa Tampil di Halaman Pertama Google

Itulah pembahasan mengenai cara memperkecil ukuran gambar menggunakan Adobe Photoshop. Dengan merubah ukuran foto menjadi kecil sebelum diunduh, maka kecepatan blog sobat akan senantiasa prima. Penting juga untuk senantiasa menggunakan gambar bebas hak cipta, sehingga blog yang kita miliki akan senantiasa aman. Selain menggunakan foto atau gambar sendiri, sobat juga bisa menggunakan website penyedia gambar gratis yang bebas untuk kita gunakan tentunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *