Cara mencetak Photo berkualitas tinggi

Cara Mencetak Foto Berkualitas Tinggi Menggunakan Printer Semua Merk !

Diposting pada

Cara mencetak foto berkualitas tinggi tentu menjadi dambaan bagi banyak orang, baik bagi Anda selaku customer ataupun sebagai pelaku usaha. Sebab dengan memiliki kualitas tinggi, maka akan dapat memuaskan dan mengtungkan semua pihak.

Pada postingan kali ini, duniaelektronik.net akan membahas cara mencetak foto berkualitas tinggi menggunakan printer. Printer di sini bukan hanya satu merk saja ya guys, tapi tips ini berlaku hampir untuk semua merk printer.

7 Hal yang Mempengaruhi Kualitas Cetak Foto

Setidaknya ada 7 hal yang mempengaruhi kualitas cetak foto, sehingga cara terbaik untuk menghasilkan cetakan foto terbaik, tentu dengan memperhatikan ke-7 hal tersebut. Adapun hal-hal yang kami maksud adalah sebagai berikut :

1. Kualitas Gambar

Untuk mendapatkan cetakan foto berkualitas, maka gambar yang akan dicetak pun tentu haruslah berkualitas. Hal ini dikarenakan kualitas hasil cetak sangat berbanding lurus dengan kualitas gambar itu sendiri. Sebagai contoh, gambar yang dihasilkan dari kamera smartphone 2 megapiksel, tentu akan kalah bagusnya dengan gambar yang diambil menggunakan kamera 8 megapiksel.

Oleh karena itu, jika ingin menghasilkan cetakan foto berkualitas, jangan pernah lupa untuk mengambil gambar dengan kamera berkualitas. Khusus Anda yang memiliki usaha percetakan yang menyatu dengan studio foto, sangat dianjurkan untuk menggunakan kamera digital berkualitas untuk mengambil gambarnya, lengkap dengan berbagai aksssoris pendukungnya.

Baca Juga : 10 Aksesoris Kamera DLSR Berkualitas dengan Harga Terjangkau

2. Keterampilan Mengedit

Selain gambar berkualitas, keterampilan Anda dalam mengedit gambar juga akan sangat berpengaruh terhadap hasil cetaknya. Oleh karena itu, perdalam lah ilmu desain Anda, sehingga senantiasa mampu memberikan cetakan foto berkualitas sesuai keinginan customer.

3. Menggunakan Printer Berkualitas

Salah satu mencetak foto berkualitas tinggi yang tidak boleh dilupakan, tentu alat pencetak itu sendiri. Semakin berkualitas alat pencetak yang Anda gunakan, maka semakin berkualitas pula hasil cetaknya.

Bagi Anda yang menggunakan printer, pastikan dalam menunya terdapat kata photo. Sebab jika tidak ada, berarti printer tersebut kurang cocok digunakan untuk mencetak foto. Salah satu tanda printer berkualitas dapat dilihat dari jumlah katrid warna yang digunakan, semakin banyak jumlahnya maka semakin baik.

Baca Juga : Komponen Utama Printer Modifikasi Lebih Efisien, Ini 5 Bagiannya!

Standarnya printer itu menggunakan empat tinta katrid, yaitu black, cyan, magenta, dan yellow. Printer yang lebih tinggi darinya, dan berkualitas untuk mencetak foto, biasanya memiliki enam katrid yaitu black, cyan, magneta, yellow, light cyan, dan light magneta.

Untuk printer kualitas top yang digunakan untuk mencetak foto, terdiri dari lebih enam tinta katrid, yakni black, cyan, magneta, yellow, light cyan, light magneta, light black, gloss, dan lain sebagainya.

Hasil cetakan foto setiap printer akan memiliki kualitasnya yang berbeda, contohnya saja printer dengan katrid empat buah, akan kalah kualitasanya dengan printer yang memiliki katrid enam buah. Demikianlah seterusnya.

4. Menggunakan Kertas Berkualitas

Untuk mencetak foto, tentu kita tidak dianjurkan untuk menggunakan kertas biasa (HVS). Dalam menggunakan kertas sebagai media pencetak foto, kita harus menggunakan kertas yang memang didesain khusus untuk mencetak foto, contohnya adalah kertas premium glossy dan photo paper. Selain jenis kertasnya, perhatikan pula ketebalannya, kertas yang terlalu tipis akan membuat foto nampak tidak berkualitas di mata customer.

Baca : Solusi Mudah Printer yang Tidak Bisa Mencetak Kertas Foto Tebal

Selain harganya yang lebih mahal dari harga kertas biasa, penulis pikir tidak ada kelemahan lain dari kertas ini.

5. Gunakan Tinta yang Sesuai dan Berkualitas

Meskipun tinta yang digunakan untuk mencetak dokumen dapat digunakan untuk mencetak foto, namun alangkah bijaksananya jika kita menggunakan tinta khusus foto. Selain kurang berkualitas, tinta biasa warnanya mudah pudar dan luntur apabila terkena paparan sinar matahari langsung. terlebih air.

Untuk menghasilkan hasil cetak foto berkualitas, sebaiknya gunakanlah tinta khusus untuk mencetak foto seperti tinta art paper.

Baca : Wajib Tahu, Ini 5 Pembagian Jenis Printer Beserta Fungsinya !

6. Perhatikan Kalibrasi Monitor dengan Printer

Tak jarang warna pada layar monitor berbeda dengan hasil cetak pada warna foto. Padahal salah satu cara mencetak foto berkualitas tinggi, yaitu ketika warna asli degan yang dicetak adalah sama. Tentu percuma kita mendesain foto semenarik mungkin dengan komposisi warna yang tepat di layar monitor, tapi saat dicetak warnanya menjadi tidak memuaskan.

Oleh karena itu, jika Anda membeli printer baru akan lebih bijaksana jika mengeceknya dengan mencetak warna penuh. Dengan cara ini, maka sobat bisa langsung mengetahui gradiasi dan ketajaman warna pencetakannya.

7. Printer Set Up dengan Benar

Selain menggunakan kertas dan tinta yang sesuai untuk mencetak foto, dalam hal mencetaknya pun pengaturan printer, jangan lupa untuk diatur menggunakan pencetakan khusus foto. Meski berbeda, prosedur pengaturan setiap printer hampir sama. Sebagai contoh penulis di sini menggunakan printer Epson.

Seperti biasa, setelah foto siap dicetak, silahkan masuk ke menu print (ctrl+p), selanjutnya klik Properties untuk mengaturnya, seperti gambar di bawah ini.

Cara mencetak foto berkualitas tinggi

Selanjutnya silahkan pilih jenis kertas yang sesuai, dalam hal ini di menu printer penulis ada Epson Premium Glosy. Jika sudah, jangan lupa atur Quality-nya ke high atau kualitas tinggi.

Meski proses pencetakan kualitas tinggi memakan waktu yang lebih lama, namun sesuai namanya hasilnya pun akan memuaskan, sebab kualitasnya tinggi.

Jangan lupa atur posisi kertas pada menu Orientation, jika foto kita berbentuk memanjang silahkan tandai lanscape, namun jika berdiri pilihlah potrait. Jika semua pengaturan tersebut sudah dengan baik dilakukan, maka kita tekan OK, dan lanjut keproses pengeprnan seperti biasanya.

Demikian artikel mengenai cara mencetak foto berkualitas tinggi, semoga bermanfaat. Nantikan tulisan berkualitas lainnya dari duniaelektronik.net, jika ada sesuatu yang ingin dibahas atau ditanyakan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *