Simak, Ini 2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari Presiden Jokowi!

  • Whatsapp
Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Cara mendapatkan token listrik gratis merupakan salah satu informasi menarik dalam situasi sekarang ini. Hal ini karena listrik adalah salah satu kebutuhan dasar manusia, terutama dalam hal penerangan di malam hari.

 

Tak ayal jika pemerintah dalam hal ini presiden Joko Widodo memberikan kebijakan terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA), dan ada keringanan sebesar 50% bagi konsumen yang menggunakan listrik bersubsidi 900 VA. Untuk mendukung program ini, PLN telah menyiapkan caranya.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Bagi pelanggan rumah tangga pasca bayar 450 VA tidak usah melakukan apapun, sebab tagihannya langsung akan otomatis dibebaskan pada bulan April, Mei, dan juga Juni.

Lain halnya untuk pelanggan prabayar, cara mendapatkan token listrik gratis adalah dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan melalui nomor 08122-123-123 melalui WhatsApp, atau juga bisa melalui website resmi PLN dengan klik www.pln.co.id. Dengan ID yang dimilikinya, pelanggan tersebut akan mendapatkan token dengan nilai sesuai dengan nilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir ini.

Baca Juga: 2 Cara Aman dan Mudah Memasang Genset ke Instalsi PLN Rumah

Bagi pelanggan pascabayar bersubsidi 900 VA biaya tagihan rekeningnya akan dikurangi 50% untuk tiap bulannya. Sementara bagi yang menggunakan prabayar, pemberian token listrik gratis 50% akan diberikan kepada pelanggan yang bersangkutan terhitung dari pemakaian teringgi selama 3 bulan terakhirnya.

Prosedur Mendapatkan Program

Bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait cara mendapatkan token listrik gratis, berikut prosedur yang harus dilakukan. Prosedur ini berlaku bagi pelanggan rumah tangga 450 VA, atau bagi pelanggan  rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon 50%.

Mekanisme WhatsApp

1. Buka Aplikasi WhatsApp

2. Chat ke nomor 08122123123, kemudian ikuti petunjuk yang ada salah satunya memasukan ID pelanggan.

3. Setelah melalui petunjuk maka token listrik gratisnya akan muncul.

4. Untuk mengaktifkan token listrik tersebut, maka bisa langsung memasukannya ke meteran sesuai ID pelanggan.

Mekanisme Website

1. Klik www.pln.co.id  pada browser internet, masuk pada menu pelanggan lalu pilih stimulus covid-19.

2. Masukan nomor meter / ID pelanggan, maka token listrik yang sesuai dengan ID tersebut akan muncul.

3. Seperti biasa pelanggan tinggal memasukan token tersebut pada meteran listrik sesuai dengan ID pelanggannya.

Melalui ID pelanggan tersebut, para pelanggan bersubsidi bisa memperoleh token dengan nilai sesuai pemakaian tertinggi selama 3 bulan terakhir ini.

Setidaknya ada sekitar 24 juta pelanggan rumah tangga 450VA, dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, yang harus dimasukan dalam program kebijakan ini. Untuk merealisasikan itu, dibutuhkan proses selama sepekan. Dengan begitu selama sepekan ke depan semua pelanggan yang berhak mendapat kebijakan ini akan dapat terlayani seluruhnya.

Dilansir dari Kumparan.com (2/4), menurut I Made Suprateka selaku Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN. Menjelaskan bahwa program ini memang bertahap, dimana prosesnya telah dimulai sejak 1 April dan seluruh pelanggan yang berhak dengan program tersebut sudah bisa menikmati program ini paling lambat tanggal 11 April 2020.

Menurutnya kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik dari pemerintah ini, adalah bentuk kehadiran negara untuk membantu perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan yang tidak mampu. Program ini juga adalah salah satu bukti bahwa PLN bersama pemerintah siap hadir dalam setiap kondisi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *