cara mengatasi kulkas tidak dingin

Informasi tentang cara mengatasi kulkas tidak dingin, perlu diketahui oleh semua orang. Sehingga saat hal itu terjadi, tidak buru-buru menyerahkan kulkasnya ke tukang service. Karena sebenarnya dalam beberapa masalah kulkas di rumah, bisa diatasi sendiri tanpa harus menggunakan jasa service kulkas.

Misalnya pada masalah kulkas tidak dingin, mungkin diantara anda ada yang pernah mengalami masalah seperti ini.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa saat ini kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang penting, dan dibutuhkan di rumah. Sehingga apabila terjadi masalah pada kulkas, apalagi ketika kulkas tidak lagi dingin. Pasti anda buru-buru panik, dan segera ingin membawanya ke tukang perbaikan kulkas.

Baca Juga : Rekomendasi Berbelanja, 10 Merk Kulkas Terbaik yang Awet Tahan Lama

Alangkah lebih baiknya, anda mengetahui beberapa penyebab kulkas tidak dingin. Sehingga apabila penyebabnya masih bisa diatasi sendiri di rumah, anda tidak perlu repot-repot menggunakan jasa orang lain.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Sebelum membahas cara mengatasi kulkas tidak dingin, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu, beberapa penyebab kulkas yang tiba-tiba menjadi tidak dingin. Salah satu penyebabnya, yaitu bunga es yang sudah terlalu tebal, dan menutupi bagian lubang angin. Padahal lubang angin ini, berperan untuk mendinginkan udara di dalam kulkas.

Selain itu, coba ingat-ingat kembali apakah anda sering menyimpan makanan panas dalam kulkas? Hal tersebut juga dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin lagi. Apalagi jika makanan yang anda masukkan dalam kondisi yang masih berupa uap panas. Kulkas juga harus dijauhkan dengan piranti lainnya, yang menimbulkan panas, misalnya kompor.

Karena panas yang ditimbulkan oleh perangkat lain tersebut, juga dapat mempengaruhi performa dari kulkas. Di sisi lain, penyebab utama kulkas yang tidak dingin lagi, yaitu karena freon bocor atau habis. Untuk mengetahui kondisi ini bisa dengan memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas.

Baca Juga : Jangan Dibiarkan, Begini Cara Memperbaiki Freezer Bocor

Tutorial Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Lagi

Jika anda mengalami masalah kulkas yang tidak dingin lagi, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi kulkas tidak dingin berikut ini:

Membersihkan Bunga Es

Seperti yang sudah disimpan sebelumnya, bahwa bunga es juga bisa menjadi penyebab kulkas yang tidak dingin lagi. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, anda harus membersihkan bunga es agar tidak menutupi lubang udara.

Pastikan untuk tidak mencongkel bunga es dengan alat tajam maupun sendok, karena justru bisa menimbulkan masalah baru pada kulkas. Sehingga anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kipas angin, yang diletakkan di depan kulkas agar mencair sendiri.

Memeriksa kondisi pintu kulkas

Kondisi pintu kulkas yang sudah tidak berfungsi dengan baik, juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin lagi. Karena hal tersebut, dapat menyebabkan kulkas tidak tertutup dengan baik. Oleh karena itu, anda perlu melakukan pengecekan secara berkala, untuk memastikan pintu kulkas masih dalam kondisi yang bagus dan bisa tertutup rapat.

Bersihkan Kumparan Kondesor

Membersihkan kumparan condition juga merupakan bagian dari cara mengatasi kulkas tidak dingin. Kumparan kondensor ini memiliki fungsi sebagai alat pembuang panas, yang ditimbulkan dari kulkas. Maka coba periksa kondisi kumparan kondensor nya, apakah kotor atau tertutup oleh debu.

Karena hal tersebut dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Untuk membersihkannya, dapat menggunakan alat penyedot debu atau sikat debu. Pastikan untuk membersihkan dengan hati-hati.

Jadi, dengan cara mengatasi kulkas tidak dingin seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa menjadi informasi bagi anda agar tidak buru-buru membawa kulkas ke tukang service. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …