Cara mengatasi kursor hilang

Cara mengatasi kursor hilang merupakan informasi yang sangat penting, khususnya bagi anda yang sedang mengalami kendala tersebut.

Baca Juga : Cara Ampuh Melegakan Hardisk C Laptop atau PC yang Penuh

Kursor sendiri adalah suatu perangkat penting dalam komputer. Dimana melalui perantaranya maka kita bisa sangat leluasa dalam membuka, menggunakan dan menutup berbagai aplikasi yang terdapat dalam komputer. Selain itu, dengan adanya krusor ini, maka kita bisa melakukan berbagai perintah pada komputer dengan nyaman dan mudah.

Mengingat pentingnya kursor, sehingga jika ia hilang maka kita pasti kebingungan. Hal ini pun pernah penulis alami, dan kesana kemari mencari cara mengatasi kursor hilang tersebut.

Berdasarkan pengalaman, maka penulis pun memutuskan menulis cara mengatasi kursor hilang ini. Selain sebagai pengingat bagi diri sendiri, penulis sangat berharap tulisan ini bisa sangat membantu siapa saja yang sedang membutuhkannya.

4 Cara Mengatasi Kursor Hilang pada Komputer dan Laptop

Ke empat cara mengatasi kursor hilang ini, dapat anda gunakan pada berbagai merk laptop seperti Acer, Asus, Samsung, Toshiba dan lain sebagainya. Adapun keempat cara tersebut adalah sebagai berikut.

1.Coba Pasang Mouse

Cara mengatasi kursor hilang

Bukan tanpa sebab jika cara mengatasi kursor hilang, yang pertama kali penulis sarankan adalah sobat mencoba memasangkan mouse ke laptop.

Hal ini dikarenakan penulis sering mengalami hal ini, dimana ketika kursor hilang yang pertama dilakukan adalah dengan memasang mouse. Siapa sangka, jika dengan cara ini saja krusor yang hilang tiba-tiba bisa datang kembali.

2. Gunakan Tombol Fungsi

Jika cara pertama belum berhasil, maka cara mengatasi kursor hilang berikutnya adalah dengan menggunakan tombol function. Tombol fungsi yaitu tombol F1, F2 dan seterusnya yang berada di bagian atas keyboard.

Tombol fungsi pada setiap merk laptop biasanya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Jadi dalam hal ini, silahkan sobat coba satu persatu masing-masing fungsi tersebut, sampai akhirnya menemukan tombol yang berfungsi untuk menyembunyikan dan menampilkan kursor.

3. Cek Pengaturan Kursor

Tak jarang kursor hilang dari layar laptop bukan dikarenakab mouse atau pun touchpad yabg eror, namun karena ada kesalahan pada pengaturannya. Oleh karena itu, memahami pengaturannya adalah salah satu poin penting dalam cara mengatasi kursor hilang.

Kursor hilang dikarenakan poin ini memang sangat wajar, hal ini dikarenakan dalam pengaturan Windows telah disediakan opsi untuk menyembunyikan pointer, khususnya saat sedang mengetik. Hal inilah yang kemudian membuat bingung beberpa pengguna, sehingga saat opsi ini aktif mereka menyangka bahwa kursor yang hilang dikarenakan eror.

Cara mengatasi kursor hilang pada poin ini, yaitu dengan sobat mengecek pengaturannya. Tahapannya cukup simpel, sobat tinggal masuk ke Control Panel, pilih Hardware and Sound, kemudian Device and Printer, lalu Mouse, dan Pointer Option. Silahkan hapus centang opsi  “Hide Pointer While Typing”. Dengan hal ini, maka cursor akan selalu muncul sekali pun sobat sedang mengetik.

4. Update Driver Kursor

Apabila ketiga cara di atas telah dilakukan namun cursor belum juga muncul, maka cara mengatasi kursor hilang pamungkasnya adalah dengan melakukan update driver krusor. Hal ini biasanya karena driver touchpad telah kadaluarsa, atau tidak terinstal dengan baik sehingga kursor tidak muncul.

Solusi terbaik dari masalah ini, adalah dengan melakukan update atau pun instal ulang driver tersebut. Driver kursor setiap merk laptop tentu berbeda, oleh karenanya anda harus mendownload yang sesuai dengan laptop yang digunakan.

Sebagai referensi, berikut kami berikan link dowbload driver kursor dari berbagai merk laptop. Silahkan pilih sesuai dengan merk laptop anda, dengan cara klik tulisan di bawah ini.

  • Download Driver Kursor Laptop Acer
  • Download Driver Kursor Laptop Advan
  • Download Driver Kursor Laptop Asus
  • Download Driver Kursor Laptop Axioo
  • Download Driver Krusor Laptop Dell
  • Download Driver Kursor Laptop HP
  • Download Driver Kursor Laptop Lenovo
  • Download Driver Kursor Laptop Sony
  • Download Driver Kursor Laptop Toshiba
  • Download Driver Kursor Laptop Zyrex

Setelah mendownload driver kursor tersebut, silahkan anda instal pada laptop yang kursornya hilang tersebut. Jika sudah selesai, jangan lupa lakukan restart sebelum laptop digunakan kembali.

Demikian 4 cara mengatasi kursor hilang pada sistem operasi Windows 7, 8 dan 10. Jangan lupa share agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Memperbaiki touchpad laptop yang tidak mau beroperasi, tentu akan dilakukan oleh pengguna …