5 Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum, Penting Diketahui Pengguna!

  • Whatsapp
cara mengatasi mesin cuci nyetrum

Penyebab dan cara mengatasi mesin cuci nyetrum, haruslah dipahami para pengguna. Jika dibiarkan, masalah ini bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga keluarga. Termasuk anak-anak.

Apa pun itu keadaannya. Saat tubuh kita tersetrum, baik tegangan tinggi maupun rendah pastinya membuat tidak nyaman. Rasa khawatir pun terus menghantui, jika hal ini tidak segera ditangani.

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Memiliki mesin cuci memang sangat membantu pekerjaan rumah, khususnya dalam membersihkan pakaian kotor. Cukup dengan memasukan pakaian kotor ke dalam, lanjut dengan menekan tombol. Alat ini, akan mencuci pakaian hingga mengeringkannya dengan baik.

Namun, sebagai salah satu alat elektronik rumah tangga buatan manusia tentu tak bisa terlepas dari masalah. Terutama setelah digunakan dalam waktu cukup lama, salah satunya adalah mesin cuci nyetrum. Jika belum membeli, pastikan memilih merk mesin cuci terbaik.

Berikut ini, dijelaskan beberapa penyebab mesin cuci nyetrum.

1. Sudah Lama Digunakan

Setelah mesin cuci digunakan lebih dari dua tahun, biasanya ada beberapa komponen yang mengalami keausan. Bahkan body mesin cuci pun sudah ada yang mulai berkarat.

Apalagi jika mesin cuci tersebut ditempatkan di dalam kamar mandi. Dimana selain suhu lembab, juga kadang bisa terciprat air. Hal ini, kemudian menyebabkan bodi mesin cuci cepat berkarat dan akhirnya lebih rentan nyetrum saat tersentuh.

2. Tidak Menggunakan Kabel Grounding

Grounding adalah salah satu teknik yang cukup ampuh, agar mesin cuci tidak nyetrum. Ketika tidak menggunakan grounding, atau salah dalam penggunannya maka biasanya mesin cuci bisa nyetrum saat disentuh.

Sebagai informasi, yang dimaksud grounding yakni suatu instalasi listrik yang bertujuan untuk meniadakan beda potensial sebagai pelepasan muatan listrik. Ada pun caranya yakni dengan mengalirkannya ke tanah. Di tempat saya, teknik ini juga dikenal sebagai arde listrik.

Grounding juga memiliki fungsi untuk melindungi suatu perangkat elektronik, dari petir. Jadi selain demi keamanan, juga untuk melindungi perangkat tersebut dari kerusakan.

3. Ada Kabel Terkelupas

Ketika telah laman digunakan, kabel mesin cuci juga kemungkinan ada yang rapuh. Saat itu terjadi, maka perlahan-lahan akan terkelupas, sehingga saat menyentuh body maka akan mengalirkan arus listrik.

Kabel terkelupas, juga bisa disebabkan faktor luar. Misalnya seperti dimakan tikus. Jika dibiarkan, selain nyetrum juga bisa menyebabkan masalah terhadap instalasi listrik, dari mesin cuci tersebut.

4. Ada Komponen yang Korslet

Hubungan pendek arus listrik, bukan hanya bisa menyebabkan MCB turun. Namun juga bisa menyebabkan komponen pada mesin cuci mengalami masalah. Misalnya saja, menyebabkan motor dinamo dan kapasitornya meleleh atau terbakar.

Jika hal ini terjadi, maka mesin cuci tidak akan bisa digunakan. Dan saat tangan menyentuh bagian bodynya, biasanya akan menyetrum. Untuk memastikan penyebab mesin cuci nyetrum, tentu harus diperiksa dengan seksama.

Dengan cepat memeriksanya, maka kerusakan lebih parah bisa diminimalisir. Diantaranya dinamo mengalami korselt, bahkan hingga terbakar.  Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kamu mempraktekan cara merawat mesin cuci, pada artikel sebelumnya.

5. Motor Dinamo Kontak ke Body

Dinamo adalah alat penggerak yang umumnya digunakan mesin cuci. Jika terlalu lama digunakan, motor dinamo akan sangat panas sehingga bisa terbakar. Hal ini juga bisa terjadi, mana kala usia dinamo tersebut sudah cukup tua.

Ini juga merupakan salah satu penyebab mesin cuci nyetrum. Sebab saat dinamo terbakar, maka motor dinamo akan menagalami kosleting listrik, dan kemudian terjadi kontak body.

Hal ini, biasanya ditandai dengan munculnya aroma gosong di sekitar dinamo. Kamu juga bisa menggunakan multitester untuk mengeceknya. Jika ragu, sebaiknya panggil teknisi terpercaya di dekat Anda, sehingga masalah ini bisa segera diatasi.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum

Menggunakan sandal jepit adalah salah satu cara menghindari mesin cuci nyetrum. Namun jika hal itu terjadi, dan kamu ingin bisa segera mengatasinya. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan.

1. Menggunakan Kabel Grounding

penyebab mesin cuci nyetrum

Salah satu cara mengatasi mesin cuci nyetrum yang efektif, adalah dengan teknik goundring. Agar lebih mudah silahkan bisa melihat bagian belakang mesin cuci, yang dimiliki.

Pada bagian belakang tersebut, akan dapat dilihat jika koneksi groundingnya bermasalah. Bagi pengguna mesin cuci satu tabung, pengguna bisa menemukan koneksi grounding tanpa harus membongkarnya.

Sementara untuk pengguna mesin cuci dua tabung, bodynya berbahan non logam jadi bodynya tidak akan nyetrum. Hanya saja, bisa terjadi pada bagian airnya.

Jika bagian air yang nyetrum, kamu bisa mengeceknya. Jika disebabkan grounding, maka bisa memasang grounding pada bagian motor listrik. Kabel grounding berwarna kuning dan hijau, harus ditancapkan ke tanah.

Sementara jika kabel grounding telah terpasang dengan tepat, namun mesin cuci nyetrum. Bisa jadi, colokan listriknya dipasang terbalik. Segera perbaiki posisinya, sehingga grounding itu akan segera hilang.

Cara Membuat Grounding pada Mesin Cuci

Jika setelah dicek, ternyata mesin cuci yang kamu miliki tidak dilengkapi kabel grounding. Berarti kamu harus segera memasangnya. Berikut caranya:

Sebelumnya siapkan besi, tembaga, maupun kabel sepanjang 50 cm. Tanam besi tersebut ke dalam tanah, semakin dalam maka semakin baik. Selanjutnya, pasang kabel pada ujungnya dan ikatkan dengan kuat. Selanjutnya, pasang ujung kabel yang satunya pada baut body mesin cuci.

Periksa kembali instalasi gording tersebut. Apabila sudah benar, biasanya mesin cuci yang nyetrum akan teratasi.

2. Bungkus atau Ganti Kabel yang Terkelupas

Cara mengatasi mesin cuci nyetrum, yang dikarenakan adanya kabel terkelupas tentu harus mengatasinya, sehingga arus listrik tidak mengalir pada body mesin cuci.

Potong kabel yang terkelupas tersebut, lalu sambungkan kembali. Gunakan isloasi listrik, sehingga serabut kabel benar-benar tertutup sempurna. Jika kondisi kabel sudah tidak layak, segera ganti kabel tersebut.

3. Ganti Komponen yang Rusak

Jika setelah melakukan pengecekan terdapat komponen mesin cuci yang rusak, atau terbakar. Sebaliknya segera ganti komponen tersebut. Selain agar bisa digunakan kembali, ini juga merupakan salah satu langkah prefentiv mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

4. Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum Hubungi Teknisi

Jika terdapat kerusakan pada mesin cuci, dan kamu tidak memiliki pengalaman yang cukup, sebaiknya segera hubungi teknisi terdekat.

Mesin cuci nyetrum, yang kemudian tidak bisa dioprasikan besar kemungkinannya ada kerusakan pada salah satu, atau beberapa komponen mesin cuci.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab mesin cuci nyetrum, dan juga cara mengatasi mesin cuci nyetrum. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang tersedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *