Berbagai Cara Mengetahui Artikel Copas atau Bukan, Penting Diketahui Para Blogger !

  • Whatsapp
cara-cek-artikel-blog-copa

Cara mengetahui artikel copas atau bukan, merupakan suatu informasi yang sangat penting untuk para blogger, terutama yang memiliki team atau pun yang membeli artikel. Hal ini karena jika sampai kita menggunakan artikel hasil copas, selain dapat merugikan secara material juga dapat merusak masa depan situs yang kita kelola.

Selain itu, dengan kita paham cara mengetahui artikel copas atau bukan maka kita juga bisa senantiasa memastikan, bahwa yang kita posting benar-benar artikel orisinil. Sebab dalam hal pengindeksan Google, artikel ori memang jauh lebih cepat dan lebih mudah masuk pada halaman pertama Google.

Cara Cek Artikel Blog Ori atau Copas

Lantas bagaimana cara cek artikel blog ori atau copas ? Pada postingan ini kita akan membahas salah satu caranya, yaitu menggunakan smalseotoll.com. Smalseo sendiri adalah sebuah website yang dapat digunakan untuk mengecek, seberapa besar suatu tulisan mengandung kalimat copas.

Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan membuka situsnya, kemudian kita tempelkan tulisan yang akan kita cek, maka dengan sekali klik saja situs akan langsung mendeteksi apakah hasil tulisan tersebut mengandung kalimat copas. Jika ada, maka akan ditandai berwarna merah, dan akan ditunjukan seberapa persen artikel tersebut mengandung kalimat copas. Dengan hal ini, maka kita lebih mudah memperbaiki atau komplain kepada penulis.

Adapun cara cek artikel blog menggunakan situs ini adalah sebagai beriku.

Kunjungi situs Smallseotools Plagiarism Checker

Setelah masuk, pastekan tulisan yang ingin dicek pada area yang telah disediakan.

Jika sudah silahkan klik tombol Check Plagiarsm di bawahnya. Tunggu proses pengecekan hingga selesai.

Jika hasil yang ditunjukan belum 100% Unique, segera robah semua tulisan yang ditandai warna merah, seperti pada gambar berikut :

 

Setelah tulisan di robah, silahkan cek kembali. Jika sudah menunjukan 100% Unique, maka berarti artikel sudah unik dan benar-benar bebas copas, serta belum pernah dipublikasikan di blog manapun. Namun jika setelah dicek masih ada paragraf yang terdeteksi plagiat, maka segeralah rubah kalimat pada paragraf tersebut sampai artikel tersebut benar-benar ori.

cara memastikan tulisan orisinil

Sangat mudah kan cara cek artikel blog itu ori atau bukan ? Dengan cara ini, maka blog kita akan selalu sehat, dan terhindar dari komplain situs lain karena menggunakan tulisan dari karya mereka. Selain tulisan, demi keamanan pastikan pula bahwa gambar yang sobat gunakan tidak memiliki hak cipta.

Baca : Daftar Website Penyedia Gambar Gratis untuk Blog

10 Website untuk Mengecek Artikel Ori atau Copas

Selain menggunakan situs di atas, sebenarnya masih ada lagi beberapa situs lain yang bisa sobat gunakan untuk mengecek suatu artikel apakah ori atau hanya copy paste. Memang dalam ere kemajuan teknologi seperti sekarang ini, semuanya serba semakin mudah dan praktis, salah satunya cara mengetahui artikel copas atau bukan.

Adapun beberapa situs untuk mengecek artikel copas terbaik tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Plagiarism Checker dari SmallSEOtools

Website untuk mengecek artikel copas atau tidak yang pertama adalah Plagiarism Checker. Aplikasi ini banyak sekali digunakan para blogger untu mengecek keorisinilan sebuah artikel, khususunya artikel kiriman penulis lain yang akan dipublish pada situs mereka. Namun demikian, tidak sedikit dari mereka yang menggunakan aplokasi ini untuk mengecek kualitas tulisan yang telah dibuatnya.

Melalui situs ini, Anda akan senantiasa bisa memastikan kualitas suatu tulisan sebelum dipublish. Selain mudah dalam menggunakannya, Anda juga bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Cukup copy pastekan artikel yang telah dibuat pada tempat yang telah disedkakan, maka hasilnya akan dapat dilihat dalam hitungan detik. Adapun jumlah kata yang bisa dicek dalam sekali proses adalah maksimal seribu kata.

  1. PlagTracker

Sama seperti situs sebelumnya, PlagTracker juga merupakan sebuah aplikasi untuk cek keorisinilan artike blog, yang dapat digunakan gratis secara online.

Hanya dengan mengecek melalui situ tersebut, maka setiap paragraf yang copas akan terdeteksi. Selain itu, laporan tersebut juga akan memuat link dari sebuah kalimat yang dianggap sama atau mirip dari artikel yang Anda cek tersebut.

  1. Copyscape

Copyscape adalah sebuah aplikasi checker yang dapat digunakan secara cuma-cuma. Dengan menggunakan aplikasi untuk mengecek copy paste ini, maka selama ada jaringan internet Anda bisa kapanpun mengecek keoriginal an suatu tulisan.

Disediakan pula versi premium atau berbayar bagi Anda yang ingin menikmati layanan lebih. Pada versi berbayar ini, disediakan berbagai fasilitas dan fitur yang tentu jauh lebih baik dari versi free. Bagi para blogger yang menggunakan versi premium, maka blog yang dimiliki akan dipantau dan dilindungi agar tidak ada satu pun tulisan yang terdeteksi plagiat. Jika sampai ada sebuah situs yang memilliki konten yang mirip atau sama, maka Anda akan memperoleh peringatan melalui pesan masuk email.

  1. DupliChecker

Dulicaker adalah salah satu apikasi utuk mengecek copy paste yang sangat mumpuni. Penggunaannyapun terbilang mudah, yaitu cukup mengcopy pastekan tulisan yang ingin dicek. Menariknya lagi, dalam pengecekan ini Anda juga bisa cukup hanya meletekan URL nya saja pada kotak yang tersedia.

Jika setelah dicek ternyata tulisan tersebut mengandung tulisan copas, maka akan ditampilkan sebuah link yang mengarah pada sumber utama dimana tulisan tersebut dicopas.

Layanan ini dapat digunakan secara gratis, namun dalam sehari Anda hanya bisa menggunakannya sebanyak satu kali, dengan jumlah kata maksimal 1500. Jika Anda membutuhkan layanan sepenuhnya, maka silahkan bisa menggunakan versi premium dengan jalan membayar biaya yang telah ditentukan.

  1. Dustball

Dustball adalah sebuah situs yang sangat cocok digunakan oleh para blogger. Dengan menggunakan situs ini, maka Anda bisa mengecek tulisan yang telah dibuat, apakah ada kemiripannya dengan tulisan yang ada di situs lain. Jika sampai ada, sebaiknya segeralah ganti tulisan tersebut.

Layanan Dustball dapat Anda nikmati secara gratis di internet. Rutin menggunakannya adalah suatu upaya yang sangat baik, guna mencegah situs yang ada bangun terinpeksi tulisan plagiat.

  1. Unicheck

Selain digunakan oleh para blogger, layanan situs ini juga sering digunakan oleh para penulis, pendidik, peneliti, hingga seorang editor. Penggunaannya yang mudah dan praktis, adalah salah satu alasan kuat kenapa situs ini cukup popular.

Cukup dengan menempelkan tulisan yang ingin dicek, maka hasilnya akan bisa segera Anda dapatkan. Menariknya lagi, dengan menggunakan situs ini, dalam waktu yang sama Anda juga bisa memindai berbagai teks dengan format berbeda.

Hanya membutuhkan waktu 4 detik untuk setiap teksnya, tentu keunggulan situs ini memang tidak bisa diragukan lagi. Bahkan bagian terkecil dari hasil tiruan pun dapat dicek aplikasi ini dengan sangat baik. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memindai dokumen atau halaman yang ada di Bing atau pun Google, hingga 16 miliar.

Jika ada tulisan plagiat maka situs ini akan memberikan informasi link sebagai sumber tulisan utamanya. Untuk dapat menikmati layanan luar biasa ini, Anda cukup membayarnya dengan nominal $5.  Namun bukan berarti Anda tidak bisa menikmati layanan ini secara gratis, hanya saja jumlahnya dibatasi yaitu hanya 275 kata saja.

  1. Writecheck

Writecheck merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara cek artikel blog, apakah mengandung kalimat atau paragraf copas atau tidak. Menariknya lagi, Anda juga bisa mengetahui jika ada kesalahan dalam ejaan serta kosa kata dalam tulisan yang dicek. Dalam hal penggunaannya , secara garis besarnya hampir sama dengan situs-situs sebelumnya.

Bukan hanya mencopy paste tulisan yang akan dicek unsur plagiatnya, tulisan dalam dokumen juga ternyata bisa dicek dengan mudah. Anda tinggal mengupload dokumrn tersebut baik dalam bentuk .PDF. WordPrefect, Microsoft Word, html, rtf, dan juga PostScript.

Selain mendapatkan laporan apakah tulisan tersebut mengandung plagiat atau tidak, link sumber tulisan yang terdeteksi juga akan turut ditampilkan. Tentu sangat menarik fitur yang dimiliki aplikasi ini bukan? Hanya saja aplikasi ini memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa digunakan secara gratis. Artinya untuk dapat menikmati layanan hebat yang dimilikinya, Anda diwajibkan untuk membayar terlebih dahulu.

  1. Viper anti-plagiarism scanner

Tidak sama dengan aplikasi yang lainnya yang bisa langsung mengecek tulisan pada situsnya, situs ini tidak langsung mengeceknya melalui cara tersebut. Untuk menggunakan layanannya tersebut, Anda diharuskan untuk mengunduh aplikasinya, kemudian menginstallnya pada laptop atau PC yang Anda miliki.

Setelah menginstalnnya maka Anda akan diharuskan melakukan registrasi, dan kemudian bisa menggunakan aplikasinya untuk mendeteksi tulisan, apakah mengandung tulisan copas atau tidak. Bagi para penggunanya, aplikasi ini memberikan sekitar 10 miliar sumber yang tersedia untuk digunakan sebagai pembanding tulisan yang dicek.

Aplikasi pengecek plagiat ini juga dapat digunakan secara gratis, namun jumlah katanya dibatasi yaitu hanya 5000 kata saja. Jika Anda memiliki kebutuhan kata lebih dari itu, jangan ragu untuk menggunakan versi premiumnya dengan jalan membayar terlebih dahulu. Dengan hal ini, maka Anda bisa mendapatkan laporan otomatis akan pengggunaan bahasa untuk jumlah yang tidak dibatasi seperti halnya versi free.

  1. PlagScan

PlagScan adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeteksi plagiat pada tulisan dengan sangat mudah. Cukup hanya dengan mengcopy paste tulisan yang ingin dicek pada tempat yang disediakan, maka dalam hitungan detik hasilnya akan langsung dapat terlihat.

Selain melalui prosedur tersebut, Anda juga bisa menggunakan cara upload dokumen yang isi tulisannya akan dicek. Adapun format dokumen yang didukungnya adalah format PDF maupun Ms. Word. Dengan menggunakan aplikasi yang dapat digunakan secara gratis ini, maka Anda akan bisa mendapatkan laporan berapa persen tulisan yang dicek tersebut memiliki kemiripan dengan situs lain yang ada di internet.

  1. PlagiarismChecker

PlagiarismChecker adalah situs cek plagiat yang terakhir yang akan kita bahas. Sama seperti kesembilan situs lainnya, melalui aplikasi ini Anda juga bisa mengecek apakah suatu tulisan mengandung plagiat atau tidak.

Selain mudah dalam penggunaannya, layanan pada situs ini juga dapat Anda gunakan secara gratis. Melalui tulisan ini, maka Anda akan bisa segera mengetahui apakah ada tulisan di Google atau Yahoo, yang sama dengan tulisan tersebut.

Demikian cara mengetahui artikel copas atau bukan, yang dapat digunakan sebagai cara cek artikel blog. Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda bisa senantiasa memastikan situs yang dibangun akan selalu sehat dan terbebas dari plagiasai, sebanyak apapun jumlah penulis yang Anda miliki. Plagiasi adalah sebuah tindakan pembajakan karya yang tidak baik, yang juga dapat menumpulkan kreatifitas kita dalam menulis, oleh karenanya jauhilah sejauh-jauhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *