Cara Menggunakan CMD untuk Jaringan dan Berbagai Keperluan Lainnya

  • Whatsapp
cara menggunakan cmd seperti hacker

Cara menggunakan CMD saat ini tentu sangat menarik untuk dibahas, terlebih jika melihat banyak fungsinya. Misalnya saja menggunakan CMD untuk jaringan, cara menggunakan perintah CMD, hingga menggunakan CMD seperti hacker.

Seperti kita tahu, semua OS windows pasti memiliki sebuah fitur CMD atau sering disebut dengan Command Prompt. Pada dasarnya fitur ini disediakan dengan banyak fungsi. Baik itu berfungsi untuk mengecek koneksi Wi-Fi, memperbaiki trouble pada komputer dan lain sebagainya.

Tetapi CMD sebenarnya bisa dilakukan lebih dari hal tersebut. Salah satunya tindakan yang termasuk Black Hat. Namun pembahasan ini tidak akan membahas hal tersebut. Pada artikel ini hanya menjelaskan bagaimana menggunakan CMD dengan sewajarnya dan tidak melanggar aturan.Sebelum benar-benar menggunakan CMD, ada banyak perintah dasar yang perlu diketahui. Pemahaman akan semua perintah dasar ini akan mempermudah ketika menjalankan CMD nantinya.

Karena CMD memang dijalankan harus menggunakan perintah dasar yang sudah di integrasi oleh pihak yang menyediakan fitur tersebut.

Berbagai Cara Menggunakan CMD

1. Menggunakan CMD pada Windows

Berikut Ini Cara Menggunakan CMD Yang Ada Pada OS Windows.

  • Pertama anda bisa membuka CMD pada komputer anda. Namun ini hanya tersedia pada OS windows. Akan berbeda lagi bila menggunakan OS diluar windows, seperti Linux.
  • Silahkan anda masuk menu Search dengan menekan tombol Start windows.
  • Bisa juga menggunakan kombinasi pada keyboard dengan menekan Win+R
  • Kemudian ketika CMD lalu enter.

cara menggunakan cmd pada windows 7Baca Juga : 5 Cara Merubah Tampilan Windows 10 Agar Semakin Keren dan Mudah Digunakan

Tampilan CMD seperti pada gambar di atas.

Untuk menjalankan CMD anda bila memperhatikan beberapa perintah dasar CMD seperti penjelasan di bawah ini. Silahkan anda pilih sesuai dengan keinginan masing-masing akan melakukan hal apa dengan CMD tersebut.

2. Menggunakan CMD Untuk Ping Jaringan Internet

Berikutnya kita bahas cara menggunakan CMD untuk jaringan. Bila anda ingin mengetahui kecepatan internet yang anda miliki. Anda bisa memanfaatkan CMD untuk melakukan tindakan tersebut. Caranya seperti berikut:

  • Pertama pastikan CMD anda sudah terbuka. Buka CMD seperti perintah sebelumnya.
  • Ketik Ping (alamat IP dari komputer) –t
  • Bisa juga mengganti alamat IP dengan melakukan Ping google.com -t
  • Selanjutnya tekan enter pada keyboard

cara menggunakan cmd untuk jaringan3. Memanfaatkan CMD Untuk Mengatasi MBR (Master Boot Record)

CMD juga bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan pada MBR. Biasanya menggunakan perintah bootrec / fixmbr. MBR sebenarnya merupakan kerusakan yang terjadi pada windows. Ini biasanya terjadi ketika melakukan install ulang terjadi kegagalan. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada windows saat terjadi gagal install gunakan perintah di atas.

4. Cara Cek IP Address Menggunakan CMD

Bila anda memiliki jaringan internet dan digunakan oleh banyak user maka anda bisa melakukan cek setiap IP address menggunakan CMD.

Anda juga bisa melihat IP miliki komputer pribadi, caranya tetap sama dengan menggunakan CMD pada komputer masing-masing.

  • Masuk terlebih dahulu pada CMD komputer
  • Setelah itu masukan perintah Ipconfig kemudian Enter

cara menggunakan cmd untuk hack wifi

5. Cara Format Flash disk Menggunakan CMD

Selanjutnya anda juga bisa menggunakan CMD sebagai fasilitas untuk melakukan format sebuah Flash disk. Hal ini berguna bila flash disk tersebut terinfeksi virus, maka dengan mudah anda bisa menghilangkan virus yang ada di dalamnya menggunakan CMD.

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Membersihkan Memori C yang Penuh

Anda bisa menggunakan perintah diskpart, daftar disk, pilih disk, bersih dan masih banyak perintah lainnya yang bisa anda gunakan.

Itulah beberapa perintah dasar yang bisa anda gunakan untuk menggunakan CMD dengan berbagai keperluan. Ada banyak hal lainnya yang bisa anda gunakan dengan memanfaatkan CMD yang ada di perangkat komputer masing-masing.

Semua penjelasan di atas biasanya paling sering digunakan kalangan pengguna OS windows. Serta beberapa penjelasan di atas juga sering terjadi dalam keseharian. Maka dari itu perintah dasar yang diberikan bukan lagi menjadi hal yang baru.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan CMD, semoga ulasan ini bermanfaat untuk sobat semua. Jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin disampaikan, jangan ragu untuk menggunakan menu komentar yang sudah tersedia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *