2 Cara Menggunakan Kabel Lan untuk Internet dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara menggunakan kabel Lan untuk internet

Cara menggunakan kabel Lan untuk internet ini sangat terinspirasi dari pengalaman penulis, dimana ketika menggunakannya akses internet dapat lebih cepat. Lebih dari itu, tanpa informasi memadai pengguna PC yang ingin mengakses WiFi biasanya akan mengalami kebingungan. Hal ini karena pada PC tidak ada logo WiFi seperti halnya pada laptop atau netbook.

Jika Anda sedang mencari cara mengaktifkan WiFi pada komputer PC maka artikel ini jawabannya. Selain menggunakan kabel Lan, untuk mengaktifkan Wi-Fi pada PC memang bisa menggunakan Wifi Adapter. Cara menggunakan WiFi adapter pun cukup mudah, Anda tinggal memasangnya di mainboard atau pun langsung dicolokan seperti halnya Flash disk.

Baca Juga : Lengkap! Ini Panduan Menggunakan Wireshark untuk Mengamati Data pada Jaringan

Setelah WiFi adapter terpasang selanjutnya Anda tinggal menginstal drivernya, dan selanjutnya bisa digunakan untuk mencari dan mengaktifkan WiFi pada komputer Anda. Sebagai informasi harga WiFi adapter juga sangat terjangkau harganya banyak yang dibawah Rp. 100 ribu, hingga ada juga yang dibawah Rp. 50 ribu. Namun untuk akses internet yang lebih baik, memang lebih disarankan menggunakan kabel Lan.

Cara Menggunakan Kabel Lan pada Windows 7 dan 10

Sekalipun saat ini sudah disediakan layanan Wi-Fi. Ternyata penggunaan Lan tidak pernah ditinggalkan oleh kalangan masyarakat. Dari segi perbandingan kecepatan, menggunakan Lan untuk akses internet memang sedikit berbeda bila menggunakan Wi-Fi.

Dilihat dari segi kecepatan, jaringan internet sedikit lebih cepat bila menggunakan kabel Lan pada perangkat komputer. Terlebih dengan menggunakan kabel Lan gangguan sinyal akan sedikit berkurang.
Tetapi bila menggunakan Wi-Fi biasanya akan sering mengalami gangguan jaringan internet. Jaringan internet akan terasa lambat ketika cuaca yang kurang bagus. Bahkan gangguan juga akan dirasakan banyaknya user ter koneksi pada jaringan yang sama.

Di sini bukan bermaksud memberi kepastian bila anda menggunakan kabel Lan jaringan anda tidak akan mengalami gangguan. Tetapi mencoba memberi pemahaman dengan perbandingan yang sudah di uji coba sebelumnya.

Referensi Kami: Cara Menggunakan KMSpico 10 untuk Aktivasi Windows dan Berbagai Keperluan Lainnya

Bila Anda ingin Menggunakan Lan Pada Perangkat Komputer Windows 7. Berikut ini cara setting internet dengan kabel lan windows 7 yang bisa Anda terapkan

Menggunakan Jaringan Lan Pada Windows 7

Bagi Anda yang menggunakan Windows 7, berikut cara menggunakan kabel lan untuk internet pada Windows 7.

1. Pertama Klik Kanan pada menu network pada bagian kanan bawah layar komputer.
2. Selanjutnya pilih Open Network and Sharing Center
Cara menggunakan kabel Lan untuk internet
3. Setelah langkah di atas anda selanjutnya akan dihadapkan pada menu selanjutnya. Anda harus setting pada menu Change Adapter Settings.

Cara menggunakan kabel Lan untuk internet

4. Pada bagian menu Wireless lakukan Klik Kanan, kemudian pilih Properties.

Cara menggunakan kabel Lan untuk internet

5. Langkah berikutnya anda harus melakukan setting pada menu Internet Protocol version 4 (TPC/IPv4). Kemudian langsung pilih Properties.

Cara menggunakan kabel Lan untuk internet

6. Lakukan setting pada bagian berikut: IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, Preferred DNS Server, Alternate DNS Server. Kemudian langsung pilih OK.

cara setting internet dengan kabel lan windows 7Itulah cara setting internet dengan kabel lan windows 7. Cukup mudah dilakukan, terlebih bila anda mengikuti penjelasan yang sudah diberikan di atas.

Menggunakan Jaringan Lan Pada Windows 10

Berikutnya cara menggunakan kabel Lan untuk internet pada Windows 10. Bila anda menggunakan OS windows 10 setting jaringan Lan sedikit berbeda dengan windows 7. Namun tetap bisa dilakukan dengan mudah. Terlebih bila anda mengikuti petunjuk yang diberikan. Berikut cara koneksi internet dengan kabel lan windows 10.

1. Pertama anda klik menu Start kemudian pilih Setting
2.;Selanjutnya pilih Network and Internet. kemudian pilih Ethernet dan lakukan perubahan pada Change Adapter Options.

cara koneksi internet dengan kabel lan windows 10

3. Nanti anda akan dialihkan pada tampilan jaringan yang sedang aktif.
4. Kemudian anda Klik Kanan kemudian pilih Properties.
cara koneksi internet dengan kabel lan windows 10

5. Pilih menu Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik Properties.

cara koneksi internet dengan kabel lan windows 10

6. Lakukan setting pada menu: IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, Preferred DNS Server, Alternate DNS Server. Jangan lupa klik menu OK.

cara koneksi internet dengan kabel lan windows 10

Nah seperti penjelasan di atas anda bisa melakukan setting pada jaringan Lan pada komputer. Pilih cara di atas sesuai dengan OS yang digunakan saat ini. Bila mengikuti cara di atas dengan benar maka bisa dipastikan jaringan Lan akan berfungsi.

Perhatikan setiap kali melakukan setting pada IP Address. Hal tersebut bisa mengakibatkan jaringan internet tidak berfungsi bila salah pengaturan. Ada baiknya mengetahui dahulu IP Address masing-masing komputer agar tidak salah saat melakukan setting.

Untuk mengetahui IP Address bisa menggunakan fasilitas CMD pada setiap komputer. Setiap komputer jelas memiliki IP Address yang berbeda. Dengan demikian anda tidak bisa memasukan IP komputer lain saat melakukan pengaturan.

Referensi Kami : Cara Menggunakan WiFiSlax yang Bisa Digunakan untuk Mengetahui Sandi WiFi

Penutup

Demikian pembahasan cara menggunakan kabel Lan untuk internet. Dapatkan jaringan internet anda lebih lancar lagi tanpa hambatan dengan menggunakan Lan pada komputer. Tetapi semua penjelasan di atas juga tidak bisa memberikan kepastian jika permasalahan tidak akan terjadi. Hanya saja mengurangi kemungkinan gangguan jaringan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *