Panduan Lengkap 2 Cara Menggunakan Mendeley dengan Mudah

  • Whatsapp

Cara menggunakan Mendeley adalah informasi yang sangat menarik, terutama bagi Anda yang ingin dimudahkan dalam menulis daftar pustaka. Selain gratis, melalui aplikasi ini Anda juga bisa mendapatkan ruang maya sebesar 2GB secara cuma-cuma, dan bisa ditingkatkan kapasitasnya jika mau membayar.

Dengan memahami cara menggunaan Mendeley di hp maupun desktop, maka selama ada fasilitas internet Anda akan bisa mengerjakan tulisan dengan lebih mudah. Lantas Apa itu Mendeley?

Pengertian Mendeley

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian Mendeley itu sendiri. Dilansir dari Wikipedia, Mendeley adalah suatu program yang memiliki fungsi untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan juga untuk bekerja sama secara daring. Aplikasi yang dikembagkan oleh Elsevier ini menggabungkan desktop, perangkat lunak menejemen referensi dan PDF dengan Mendeley Web, iOS dan Android, serta jejaring sosial peneliti.

Aplikasi Mendeley juga merupakan sebuah academis social network, sehingga para penggunanya bisa saling berbagi dengan sesama mahasiswa maupun peneliti lainnya dari seluruh dunia terkait dengan referensi yang digunakannya. Dengan menggunakannya Anda juga bisa mencari berbagai penelitian terbaru untuk dapat dijadikan referensi dalam karya ilmiah yang akan dibuat.

Lebih dari itu, pengguna juga dapat menggunakan fsilitas Web Importer melalaui aplikasi ini, sehingga dapat mengimpor berbagai macam referensi dari banyak situd indexing karya ilmiah ternama secara otomatis, seperti Google Scholar dan lain sebagainya.

Cara Menginstal Aplikasi Mendeley

Cara menggunakan Mendeley di HP maupun desktop semuanya tentu mengharuskan Anda memiliki aplikasi tersebut lebih dulu. Silahkan bisa mengunjungi www.mendeley.com untuk melakukan registrasi dan mengunduh aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut diunduh selanjutnya Anda tinggal menginstalnya pada perangkat Anda.

1. Langkah install pertama klik kanan pada aplikasi mendeley ,lalu pilih Run as Administrator.
2. Akan muncul tampilan jendela install Mendeley , klik saja next untuk melanjutkan langkah.
3.

Cara Menggunakan Mendeley di hp
Tahap selanjutnya klik I Agree untuk menyetujui.

4. Selanjutnya untuk tahap berikutnya bisa memilih tempat install di Destination Folder, dalam contoh disini folder hasil install mendeley akan di simpan dan ditaruh secara default di drive C,anda bisa memilih tempat lain tinggal klik Browse ,selanjnutnya klik Next.

Referensi Kami : 4 Cara Ampuh Melegakan Memori C Penuh dengan Cepat dan Tepat

5. Karena akan mengistalMendeley maka selanjutnya klik Install.
6.

Cara Menggunakan Mendeley di hp

Seperti contoh gambar pada tahap ini adalah gambar proses install, silahkan menunggu sampai proses selesai.

7.

Yappp , setelah menunggu proses install maka akan muncul tampilan jendela seperti gambar diatas, sampai disini proses install selesai , jangan lupa centang checklist Run Mendeley Desktop agar aplikasi mendeley di shortcut ke desktop kemudian lanjutkan dengan klik Finish.

8. Dari tahap-tahap cara menginstal aplikasi Mendeley diatas, maka aplikasi tersebut akan muncul di desktop seperti yang dicontohkan pada gambar di atas proses install berhasil.

Cara Menggunakan Mendeley di Word

Setelah menginstal aplikasi Mendeley maka Anda sudah bisa menggunakannya. Adapun cara menggunakan aplikasi ini tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Mendeley, untuk tahap selanjunya silahkan klik sign in jika anda sudah pernah regitrasi sebelumnya, tetapi jka anda belum bisa klik Register untuk melakukan tahap regitrasi.
2. Untuk tahap registrasi mendeley , selanjutnya silahkan masukkan email anda, lalu klik Continue.
3. Cara Menggunakan Mendeley di Android
Setelah memasukkan email, anda akan diarahkan ke jendela regitrasi seperti gambar diatas, silahkan masukkan Given name dan Family name bebas terserah anda, tahap selanjutnya masukkan password,usahakan yang mudah diingat biar tidak lupa, kemudian klik Register seperti gambar diatas.

4.

Cara Menggunakan Mendeley di Android
Sampai tahap seperti gambar diatas anda sudah berhasil melakukan registrasi Mendeley, selanjutnya klik saja Continue to Mendeley.

5. Untuk melanjutkan anda bisa memaksukkan Email dan Password seperti yang sudah di dilakukan pada tahap Rigestrasi, Kemudian klik Sign In.

6.
Pada gambar diatas adalah tampilan dari aplikasi mendeley , sebagai contoh untuk menjalankan aplikasi mendeley ini , silahkan ikuti seperti gambar diatas untuk klik Add.

7. Setelah klik add , akan ada tampilan jendela add files, anda bisa memasukkan banyak file , silahkan anda memasukkan file. Sebagai contoh disini saya memasukkan jurnal , anda bisa juga memasukkan ,artikel,buku,encyclopedia,thesis, dll. Kemudian klik Open.

8.

Cara Menggunakan Mendeley di Android
Sampai di tahap seperti gambar diatas add file yang anda lakukan sudah masuk, lalu klik saja file yang anda masukkan tadi maka akan muncul di sisi kanan informasi tentang file(jurnal,artikel atau buku) , seperti informasi nama jurnal ,pengarang, tahun terbit,halaman dan volume.

9.

Cara Menggunakan Mendeley di Word
Tahap selanjutnya untuk dapat memlihat hasil lakukan langkah copy, yang nantinya akan di copy ke word, jika anda memasukkan banyak jurnal atau artike anda tinggal blok saja lalu klik kanan pilih Copy As dilanjutkan klik Formatted Citation. Seperti contoh gambar diatas.

10.

Cara Menggunakan Mendeley di Word
Setelah tahap copy ,sebagai contoh disini akan di copy ke word untuk melihat hasil file jurnal atau artikel setelah di add kemendeley , silahkan untuk membuka word lalu klik kanan pada mause dan paste , maka akan muncul tampilan seperti gambar diatas, akan muncul informasi tentang jurnal atau artikel yang anda masukkan ke dalam mendeley lalu di copy di word.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Menggunakan NetCut di PC dan Android 

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan Mendeley semoga bermanfaat, dan menambah motivasi dalam membuat karya tulis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *