Cara Menggunakan Microsoft Excel untuk Berbagai Pekerjaan, Lengkap dan Mudah!

  • Whatsapp
cara menggunakan microsoft excel membuat tabel

Cara menggunakan microsoft excel sangat penting diketahui, terutama bagi kamu yang sering membutuhkan rekapitulasi berbagai data. Seperti kita tahu sebelum adanya Microsoft Excel, banyak kalangan kesulitan ketika melakukan pekerjaan. Misalnya untuk rekapitulasi penghasilan sebuah perusahaan dalam sebulan sampai rekapitulasi tahunan.

Tanpa menggunakan Microsoft excel pekerjaan rekapitulasi bisa saja selesai. Hanya saja memerlukan waktu panjang dalam penyelesaiannya. Maka dari itulah pihak Microsoft Corporation membuat tools berguna untuk semua kalangan. Secara khusus ditujukan untuk pengolahan maupun perhitungan sebuah data.

Microsoft excel hingga kini bisa dijumpai dari semua versi. Baik itu versi 2007, 2010, hingga keluaran terbaru Microsoft excel 2019.

Sekalipun versi keluaran dari excel berbeda, pada dasarnya sistem pengoperasiannya tetap sama. Maupun fitur yang disajikan tidak jauh berbeda dari setiap generasi excel. Ada pun perbedaan tidak begitu signifikan yakni tidak banyak mengalami perubahan.

Pengertian Microsoft Excel

Sebelum membahas cara menggunakan Microsoft Excel, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian Microsoft Excel itu sendiri.

Dilansir dari Wikipedia.org, pengertian Microsoft Excel  adalah suatu program aplikasi bagian Microsoft Office System dari Microsoft Corporation yang dapat dioprasikan pada Microsoft Windows dan juga Mac OS. Memiliki fitur pembuatan grafik dan kalkulasi, dibarengi dengan strategi marketing yang handal tak ayal jika aplikasi ini begitu sangat populer.

Saat ini, Microsoft Excel juga adalah program spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh semua kalangan, baik PC yang berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, sejak tahun 1993 dimana versi 5.0 diterbitkan.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Merubah Tampilan Windows 10 Agar Semakin Menarik dan Mudah Digunakan

Manfaat Microsoft Excel

manfaat Microsoft Excel

Berbicara mengenai cara menggunakan Microsoft Excel, rasanya kurang lengkap jika kita tidak juga membahas manfaat atau kegunaan Microsoft Excel. Adapun beberapa manfaat Microsoft Excel tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Operasi Tabel

Salah satu kegunaan Microsoft Excel yang sangat populer adalah operasi tabel, bahkan banyak para pemula yang mempelajari Excel untuk pertama kalinya pada bidang ini. Aplikasi ini sangat mendukung input data tabel dengan jumlah banyak. Untuk menunjang fungsinya tersebut, tercatat jumlah kolomnya mencapai 16.384 dengan jumlah baris 1.084.576.

Baca : Panduan Lengkap Membuat Tabel dan Mengolahnya di Ms. Excel

2. Membuat Grafik

Fungsi Microsoft Excel berikutnya adalah dapat digunakan untuk membuat grafik. Ada banyak grafik yang dibuat, misalnya saja grafik nilai siswa pada mata pelajaran tertenty, grafik perkembangan penduduk, grafik penghasilan usaha selama lima tahun, dan lain sebagainya.

3. Digunakan untuk Mengolah Data

Dengan menggunakan Miksrosoft Excel maka kamu bisa melakukan pengelolaan data statistik, menghitung jumlah data, mencari nilai rata-rata, dan lain sebagainya sesuai jenis fungsi yang dipilih.

4. Bermanfaat Dibidang Akuntansi

Manfaat Microsoft Excel juga sangat terasa dalam bidang akuntansi, misalnya saja dalam hal menghitung laba atau rugi perusahaan, menghitung gaji karyawan, menghitung omset, dan lain sebagainya.

5. Kalkulasi Matematis

Dengan menggunakan Microsoft Excel kita juga bisa melakukan kalkulatis matematis terhadap data yang kita input dengan mudah. Misalnya saja mengetahui jumlah keseluruhan suatu data, pengurangan data, perkalian, pembagian, dan berbagai variasinya.

Cara Menggunakan Microsoft Excel dengan Teknik Dasar

cara menggunakan microsoft excel membuat tabel

Bila anda ingin menggunakan Microsoft excel. Berikut ini cara yang bisa anda terapkan untuk membuat data file excel. Cara menggunakan excel tidak rumit seperti yang anda bayangkan namun bisa dipelajari oleh semua kalangan.

  1. Pertama anda buka Microsoft Excel pada komputer
  2. Selanjutnya silahkan anda memasukan data yang ingin diolah dalam file excel
  3. File bisa berupa tabel, dan lain sebagainya.

Cara sederhananya seperti itulah pertama kali menggunakan Microsoft excel. Untuk penggunaan lebih mendalam bisa anda perhatikan pada artikel lainnya pada website ini. Ada banyak jenis pilihan penggunaan excel yang bisa anda baca sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Istilah yang Sering Digunakan Dalam Microsoft Excel

Berbeda dengan Microsoft Office Word, Microsoft Excel memiliki istilah yang tidak didapatkan pada office word. Sangat diperlukan memahami dasar istilah yang digunakan dalam excel. Hal ini berguna demi melanjutkan pengolahan data menggunakan excel. Oleh karena itu, cara menggunakan Microsoft Excel harus juga dengan memahami berbagai istilah yang ada di dalamnya.

Berikut ini istilah yang sering digunakan dalam Microsoft Excel.

  • Istilah Sel : Merupakan sebagian dari sebuah lembar kerja excel. Biasanya di isi dengan nilai, data teks sampai dengan data rumus
  • Lembar Kerja : Merupakan bagian yang digunakan untuk melakukan pengolahan data
  • Buku Kerja : Termasuk dalam kumpulan lembar kerja yang sudah dipilih. Terdiri 256 lembar kerja.
  • Rentang : Merupakan kumpulan sel yang diperlukan sesuai dengan keperluan masing-masing pengguna
  • Alamat Relatif : Merupakan tempat untuk peletakan rumus dalam excel
  • Alamat Semi Absolut : Merupakan sebuah alamat yang ditulis menggunakan simbol $ (dollar)

Masih banyak lagi istilah yang digunakan dalam Microsoft excel. Dari beberapa istilah yang disebutkan di atas memang perlu anda ketahui dengan benar. Agar nantinya pekerjaan yang dilakukan semakin mudah diselesaikan.

Tanpa mengenal istilah dasar dengan benar maka diyakini mengalami kesulitan ketika mengoperasikan Microsoft Excel. Semakin banyak hal yang anda ketahui pada excel maka semakin mudah untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Pemahaman yang mendalam membuat kerja anda semakin cepat diselesaikan bahkan memungkinkan untuk mengerjakan data dalam jumlah banyak.

Bahkan banyak beberapa perusahaan mencari seseorang dengan keahlian di bidang Microsoft excel guna membantu menyelesaikan pengolahan data mereka.  Dengan pemahaman lebih yang anda miliki tidak menutup kemungkinan anda akan direkrut beberapa perusahaan ternama ke depannya. Lengkapi pemahaman anda terhadap Microsoft Excel

Baca Juga : 8 Cara Lengkap Merubah Microsoft Excel Menjadi PDF

Rumus Microsoft Excel Lengkap

rumus Microsoft Ecxel

Cara menggunakan Microsoft Excel terbaik, tentu harus menguasi berbagai rumus tersebut. Adapun rumus-rumus Microsft Excel tersebut yaitu sebagai berikut:

  • SUM adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menjumlahkan.
  • AVERAGE adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menemukan nilai rata-rata.
  • AND adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menemukan nilai perbandingan dan.
  • NOT adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk mencari nilai dengan pengecualian.
  • OR adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk mencari nilai dengan perbandingan atau.
  • SINGLE IF adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk mencari nilai pada kondisi benar atau salah
  • MULTI IF adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk  mencari nilai jika kondisi benar atau salah dengan banyak perbandingan.
  • AREAS adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menampilkan jumlah sel atau range (area).
  • CHOOSE adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks
  • HLOOKUP adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk mencari data pada sebuah tabel dengan format mendatar.
  • VLOOKUP adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk mencari data pada sebuah tabel dengan format tegak.
  • MATCH adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menampilkan posisi suatu alamat sel yang telah di tetapkan.
  • COUNTIF adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang ada dalam suatu range berdasarkan kriteria tertentu.
  • COUNTA adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang terisi.
  • DAY adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk menemukan nilai hari.
  • MONTH adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk Menemukan nilai bulan.
  • YEAR adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk mencari nilai tahun.
  • DATE adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk memperoleh nilai tanggal.
  • LOWER adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk merubah huruf teks menjadi huruf kecil.
  • UPPER adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk merubah huruf teks menjadi huruf besar.
  • PROPER adalah rumus Microsft Excel yang berfungsi untuk merubah karakter awal teks menjadi huruf besar.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan Microsoft Excel, semoga pembahasan ini bisa bermanfaat sebagai bahan rekomendasi. Jangan lupa share dan komen agar kami semakin semangat dalam berkarya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *