Cara Menggunakan Remote AC dengan Mudah

Cara Menggunakan Remote AC dengan Mudah dan Praktis, Lengkap dengan Penjelasan Fungsinya!

Diposting pada

Cara menggunakan remote AC adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan, khususnya bagi anda yang baru saja menggunakan AC Split. Sebab pada jenis AC ini memang menyediakan remote, berbeda dengan AC Windows yang memang hanya mengandalkan tombol yang ada dalam unit AC-nya saja.

Baca Juga : 10 Cara Memilih AC Berkualitas yang Sesuai Kebutuhan

Tentu bagi pengguna Windows remote AC split adalah sesuatu hal yang baru, sehingga cara menggunakan remote AC ini sangat penting untuk diketahui. Sebab tanpa penjelasan yang rinci, maka bukan hal yang aneh jika anda akan sedikit bingung dalam hal penggunaannya.Dalam tulisan kali ini, kita juga akan membahas fungsi tombol remote AC tersebut.

Penjelasan Lengkap Fungsi Tombol Remote AC

Cara Menggunakan Remote AC dengan Mudah

Dengan mengetahui fungsi tombol remote AC ini, maka tentu sobat akan sangat mudah untuk menggunakannya. Untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan remote AC beserta fungsi-fungsinya, mari langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Display

Tidak seperti halnya remote TV yang tidak dilengkapi display, untuk remote AC memang senantiasa dilengkapi dengan display. Adapun fungsi display pada remote AC ini, adalah untuk menunjukan berbagai menu pengaturan yang ada pada AC anda.

Melalui display ini maka anda akan dapat melihat mode apa yang sedang digunakan, atau yang lebih umum anda juga bisa melihat suhu melalui display tersebut. Selama AC beroprasi, maka selam itu pula display AC akan menyala, sebaliknya jika AC mati, maka display remote tersebut pun akan ikut mati. Dengan hadirnya display ini, tentu pengguna akan sangat terbantu  dalam hal menentukan berbagai pengaturan AC.

2. Power ON/OFF

Fungsi tombol remote AC ini tentu anda sudah memahaminya, yakni untuk menghidup dan mematikan AC itu sendiri. Memang AC split berbeda dengan AC Window, dimana untuk AC ini mayoritas tidak dilengkapi tombol power pada unitnya seperti halnya AC Windows. Oleh karena itu, untuk menghidup dan mematikan AC, memang hanya bisa dilakukan melalui remote. Walau memang untuk versi lawasnya, AC Split juga menggunakan tombol yng terhubung pada unitnya.

Namun dengan hadirnya remote tentu ini akan menjadi sangat praktis, sehingga untuk menghidup dan mematikannya kita tidak harus menyentuh unitnya. Lebih dari itu, meskipun diletakan di tampat yang sangat tinggi, hal ini pun akhirnya bisa menjadi sangat memungkinkan.

Cara menggunakan remote AC untuk menghidupkan atau mematikan AC tentu sangat mudah. Anda tinggal menekan tombol ON untuk menghidupkan AC, dan tekan tombol OFF untuk mematikannya. Jangan lupa saat menekannya, remote diarahkan ke unit AC-nya ya.

3. Temperatur

Tak jarang saat berada di ruangan ber-AC, seseorang masih tidak merasakan udara yang sejuk, sebaliknya justru udara di dalam ruangan terasa pengap dan panas. Hal ini tentu saja bukan karena AC tersebut rusak, namun dikarenakan suhu AC tersebut yang diatur terlalu tinggi. Semakin tinggi nilai suhu yang tertera pada remote, maka hawa dingin yang dipancarkan AC akan semakin kecil. Jadi jika anda masih merasa suhu udara di dalam ruangan masih panas, solusi yang paling tepat adalah turunkan suhu AC tersebut.

Cara mengatur suhu menggunakan remote AC juga sangat mudah. Untuk menaikan suhu AC maka anda tinggal menekan tombol tanah ke bawah, sebaliknya untuk mengecilkan suhu anda tinggal menekan tombol tanda panah ke atas.

4. Timer

Cara Menggunakan Remote AC dengan Mudah

Jika anda ingin bisa menghemat penggunaan daya listrik, dan membuat AC senantiasa prima dan awet, maka menggunakan tombol timer adalah salah satu solusi yang paling tepat.

Baca Juga : 8 Cara Merawat AC Agar Awet Tahan Lama, dan Tidak Mudah Rusak

Dengan menggunakan tombol timer, maka kita bisa mengatur kapan AC akan hidup dan kapan akan mati. Sehingga dengan demikian, AC benar-benar hanya akan digunakan saat dibutuhkan saja. Lebih dari itu, hal ini juga dapat mencegah AC terus-terusan menyala meskipun tidak diperlukan, yang dikarenakan anda lupa mematikannya. Sebab dengan tombol ini, maka anda akan dapat mengatur dengan mudah kapan AC akan mati. Misalnya anda menyetel 5 jam, maka setelah 5 jam beroprasi AC tersebut akan mati dengan sendirinya.

5. Swing

Tombol swing adalah tombol yang ada pada AC, yang digunakan untuk mengatur arah udara yang berhembus darI ac sesuai dengan yang anda atur. Tujuan utama penggunaan tombol swing ini, adalah untuk dapat menyebarkan udara dingin AC secara merata ke berbagai penjuru ruangan.

Dengan menekan tombol swing, maka anda akan bisa mengatur untuk menyalurkan udara ke kanan dan kekiri, ataupun ke bawah dan ke atas secara bergantian.

6. Mode

Cara Menggunakan Remote AC dengan Mudah

Untuk AC Split yang sudah sangat mutakhir, mayoritas telah dilengkapi dengan berbagai mode pengoprasian. Melalui remote berbagai mode yang dimilikinyatersebut dapat diatur dengan mudah Setiap mode tentu memiliki pengaruh yang berbeda terhadap kinerja AC. Adapaun beberapa mode yang terdapat pada AC tersebut, adalah sebagai berikut.

Cool Mode

Cool Mode adalah mod dalam AC yang dapat membuat suhu ruangan menjadi sangat dingin. Dengan mode ini, ruangan yang terlalu luas ataupun terlalu penuh sesak maka dapat bisa segera diatasi.

Fan Mode

Fan Mode adalah mode yang digunakan untuk menghasilkan udara yang tidak sedingin dari suhu yang dihasilkan Cool Mode. Dalam hal menyalakan fan indoor maka tanpa menyalakan outdoor unit.

 Dry Mode

Dry Mode adalah mode yang ada pada AC Split, yang sangat berperan dalam hal mengurangi kelemababan udara yang ada dalam ruangan. Untuk mengurangi kelembaban tersebut, maka ketika Dry Mode ini diaktifkan, maka suhu udara yang dihasilkan pendingin ruangan tersebut akan berubah menjadi tidak terlalu besar.

Auto Mode

Auto Mode adalah mode yang digunakan untuk mengatur kinerja fan secara otomatis. Mode ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi suhu ruangan yang ada dalam ruangan. Ketika sugu ruangan panas, maka saat diaktifkan Auto Mode ini, akan berkerja lebih keras agar suhu ruangan bisa segera sejuk,  sebaliknya jika suhu sudah dingin maka kinerja AC akan dikurangi, atau bahkan hingga mati secara otomatis untuk beberapa saat.

Untuk mengoperasikan AC dan mengatur kerja fan secara otomatis. Ketika menyalakan Auto Mode, AC akan mendeteksi suhu di ruangan Anda. Jika suhu ruangan panas, AC akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin, saat suhu udara dalam ruangan mulai dingin AC akan mengurangi kinerjanya atau mati otomatis selama beberapa saat.

Demikian cara menggunakan remote AC yang dapat kami jelaskan, jika ada berbagai hal yang ingin didiskusikan, mari kita bahas bersama di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *