Cara Menghapus Virus Smartphone Android Tanpa Aplikasi Antivirus

Cara Menghapus Virus Smartphone Android Tanpa Aplikasi Antivirus, Mudah dan Berhasil !

Diposting pada

Cara menghapus virus smartphone Android adalah informasi penting, khususnya bagi para pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan virus tersebut dapat mengganggu kinerja smartphone, dan berdampak pada aktivitas pemiliknya. Cara kerja virus smartphone, tentu tidak jauh berbeda dengan virus yang ada pada komputer.

Dilansir dari wikipedia.org, virus ini adalah program yang memiliki kemampuan untuk menyalin atau menggandakan dirinya sendiri, kemudian setelah itu menyisipkan salinannya tersebut ke dalam dokumen atau program lain.

Cara kerja virus ini, juga dapat dianalogikan seperti halnya virus biologi. Dimana dalam proses penyebarannya, ia menyisipkan dirinya sendiri pada sel makhluk hidup yang diserangnya.

Meskipun terkadang tidak menyebabkan gangguan, cara menghapus smartphone Android sangat perlu diketahui. Sebab tak jarang virus ini biasanya dapat merusak data pada dokumen, dan membuat para pengguna smartphone merasa terganggu.

Baca Juga : 4 Cara Flash HP Android semua Merk dan Tipe Paling Ampuh

Cara menghapus virus pada smartphone Android tanpa antivirus, yang sering menjadi andalan biasanya dengan melakukan factory reset. Namun hal ini, biasanya akan menyebabkan resiko hilangnya semua data, yang ada di smartphone tersebut.

Perlu cara lain, sehingga saat melakukan hal itu, hanya virus tersebut yang terhapus. Memasang anti virus adalah salah satu pilihan bijak untuk melindungi smartphone. Namun tidak sedikit yang menganggap tidak perlu, sebab mereka berpendapat anti virus hanya menghambat kinerja smartphone.

Cara Menghapus Virus Smartphone Tanpa Aplikasi

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kita sangat perlu cara menghapus virus smartphone Android tanpa aplikasi, sehingga dapat digunakan siapapun. Dilansir dari jalantikus.com, adapun langkah-langkah dari cara tersebut, adalah sebagai berikut :

Masuk ke Safe Mode

Safe mode berasal dari bahasa inggris, jadi jika diterjemahkan artinya adalah mode aman. Menurut Wikipedia, safe mode merupakan mode diagnostik dari sebuah sistem operasi komputer. Mode ini juga memungkinkan perangkat lunak untuk tetap masuk pada mode operasi.

Hadirnya safe mode ini adalah untuk memperbaiki masalah yang ada pada sebuah sistem operasi, dimana masalah tersebut tidak dapat teratasi saat sistem berada dalam mode normal. Sehingga tak salah, salah satu cara menghapus virus smartphone Android adalah dengan masuk pada mode ini.

Hal ini tentu saja, karena dengan masuk pada mode ini, maka smartphone Android akan dapat beroprasi dengan lebih ringan, sebab ia hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. Jadi dalam mode aman ini, semua aplikasi yang sobat instal akan hilang untuk sementara.

Cara menghapus virus smartphone Android

Berada dalam safe mode membuat sobat semakin leluasa berpindah, dari sistem aplikasi satu ke yang lainnya. Selain berpindah aplikasi tanpa kendala, di mode ini, sobat juga bisa membersihkan berbagai file tidak pentingz misalnya cache hingga virus pada Android.

Beberapa merk smartphone menentukan cara yang berbeda untuk masuk ke mode ini. Cara masuk ke mode safe mode yang paling umum, biasanya menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting berlangsung.

Untuk langkah ini, silahkan sobat non aktifkan smartphone. Setelah itu hidupkan, dan saat proses aktif kembali itu tekanlah tombol volume dan power secara bersamaan.

Mengecek Aplikasi pada Safe Mode

Cara menghapus virus smartphone Android

Saat dalam safe mode, sobat juga bisa melakukan cara menghapus virus smartphone Android lainnya, yaitu dengan cara mengecek setiap aplikasi yang terinstal.

Untuk melakukannya, silahkan sobat masuk ke menu Settings – Apps, kemudian pilihlah tab Downloaded.

Seperti dibahas sebelumnya, dalam mode safe mode semua daftar aplikasi pihak ketiga akan dihilangkan sementara. Namun ketika virus sudah berada dalam sistem, maka ia akan terlihat seperti aplikasi pihak ketiga, dan tetap dapat menjalankan sistem. Ciri smartphone sobat terkena virus, maka saat berada di mode ini, akan muncuo aplikasi asing yang sebelumnya tidak pernah diinstal sama sekali.

Segera Hapus Aplikasi Asing yang Mencurigakan

Saat sobat menemukan aplikasi asing tersebut, segeralah untuk menghapusnya. Adapun caranya, silahkan klik aplikasi tersebut kemudian pilihlah Uninstall. Dalam beberapa kasus, terkadang aplikasi tersebut tetap tidak dapat dihapus. Hal ini disebabkan aplikasi asing tersebut, telah memberikan akses administrator.

Segera Hapus Administrator Aplikasi Mencurigakan

Jika sobat menemukan aplikasi asing yang tidak dapat dihapus, khususnya dalam keadaan smartphone berada di safe mode. Maka berarti ia telah berhasil memberikan akses administrator untuk dirinya sendiri, sehingga sulit untuk di uninstall.

Solusinya tentu dengan menghapus aksesnya tersebut. Caranya silahkan sobat keluar dari Application Settings, kemudian beralihlah masuk pada menu Settings, lalu pilih security, kemudian klik device administrator. Segeralah hilangkan akses administator untuk aplikasi tersebut.

Jika sudah, silahkan sobat kembali lagi pada Application Settings, kemudian periksa aplikasi asing tersebut. Jika prosedurnya benar, biasanya setelah ini aplikasi tersebut akan dapat diuninstall.

Silahkan Keluar dari Safe Mode

Cara menghapus virus smartphone Android
image via jalantikus.com

Jika sudah melakukan semua proses tersebut, silahkan sobat keluar dari safe mode. Adapun cara yang paling praktis untuk keluar dari mode aman ini, adalah dengan melakukan restart smartphone.

Mudah bukan cara menghapus virus smartphone Android tanpa aplikasi ini ? Dengan cara ini, tanpa aplikasi anti virus pun sobat dapat menghapus virus yang bisa menghambat kinerja smartphone. Untuk berjaga-jaga, setelah ini jangan lupa lakukan back up data dari data aplikasi yang menurut sobat penting.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.